BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Apa yang Dimaksud Sukuk Tabungan?

Bareksa25 Januari 2019
Tags:
Apa yang Dimaksud Sukuk Tabungan?
Ilustrasi investor syariah wanita berhijab duduk berpikir di depan tumpukan buku laporan

Dalam waktu dekat ini akan segera hadir produk investasi sukuk yang berbasis syariah dan bebas riba di Bareksa

Bareksa.com - Sebagai masyarakat awam, kita sudah akrab dengan istilah "tabungan", yakni simpanan uang untuk dipakai di masa depan. Lantas, apakah Sukuk Tabungan itu juga sejenis dengan tabungan?

Jawabannya bisa ya dan bisa juga tidak, karena Sukuk Tabungan adalah salah satu bentuk investasi yang menawarkan keuntungan. Akan tetapi, Sukuk Tabungan memang memiliki sifat yang mirip dengan tabungan yang selama ini kita kenal.

Secara bahasa, sukuk juga dikenal sebagai obligasi syariah. Sukuk merupakan cerminan kepemilikan aset berwujud yang disewakan atau akan disewakan dan bukan berupa surat utang. Sukuk Tabungan termasuk salah satu jenis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Promo Terbaru di Bareksa

Sukuk Tabungan adalah produk investasi berbasis syariah dengan jangka waktu (masa tunggu) dua tahun yang menawarkan imbalan kepada investornya, yakni masyarakat Indonesia. Sukuk Tabungan diterbitkan oleh pemerintah sebagai bentuk penyertaan terhadap aset negara dan bisa dibeli dengan modal mulai dari Rp1 juta.

Pada sukuk, imbal hasil yang diberikan adalah berupa uang sewa (ujrah) dengan persentase tertentu sesuai dengan prinsip syariah Islam yang tidak mengandung unsur riba. Imbal hasil sukuk ini juga akan dibayarkan secara rutin pada periode tertentu dan nilai pokok pinjaman akan dibayarkan pada saat jatuh tempo.

Sukuk Tabungan ditawarkan khusus kepada investor ritel (individu), sehingga masyarakat bisa ikut serta dalam pembiayaan anggaran negara. Uang hasil penerbitan sukuk ini akan digunakan oleh pemerintah untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur, pendidikan dan berbagai kegiatan yang telah direncanakan dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN).

Apa saja keuntungan yang diperoleh investor dari pembelian Sukuk Tabungan?

1. Pokok dan imbalan dijamin oleh Undang-Undang
Undang-Undang UU No. 19 Tahun 2008 dan UU tentang APBN menjamin pembayaran pokok dan imbalan sukuk, sebagai salah satu bentuk surat berharga negara. Oleh sebab itu, investor tidak perlu khawatir uangnya hilang atau nilai investasinya berkurang.

2. Tingkat imbalan kompetitif
Imbalan sukuk biasanya lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Dengan jangka waktu simpanan 2 tahun, tentunya investor bisa merasakan keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung di bank.

3. Imbalan mengambang dengan batas minimal (floating with floor)
Penghitungan imbalan mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate, dengan jaminan imbalan minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo. Artinya, ada kemungkinan imbalan bisa naik bila acuan naik tetapi tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal.

4. Imbalan dibayar tiap bulan
Pembayaran imbalan akan langsung ditransfer ke rekening investor setiap bulan.

5. Early redemption tanpa dikenakan biaya
Meski Sukuk Tabungan tidak bisa diperdagangkan, instrumen ini bisa dicairkan lebih awal tanpa dikenakan biaya (redemption cost ) oleh pemerintah. Namun, jumlah yang bisa dicairkan awal maksimal hanya separuh investasi awal dengan sisa saldo Rp1 juta.

6. Kemudahan akses transaksi
Transaksi pembelian sukuk dan pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) dilakukan melalui sistem elektronik (online) karena sukuk tabungan merupakan jenis SBN khusus ritel yang ditawarkan secara online (e-SBN).

7. Mendukung pembangunan nasional
Dengan membeli Sukuk Tabungan investor berkesempatan mendukung pembiayaan pembangunan nasional karena uang yang dikumpulkan akan digunakan untuk pendidikan dan membangun proyek infrastruktur negara.

8. Sesuai prinsip syariah
Bagi investor yang memegang prinsip-prinsip Islami, investasi Sukuk Tabungan bisa menjadi pilihan karena bebas dari unsur riba (bunga), maysir (judi) dan gharar (ketidakpastian). Segala informasi tentang struktur, keuntungan, dan tanggal jatuh tempo sukuk dapat dibaca dalam memorandum informasi yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan.

Di mana kita bisa memesan dan membeli Sukuk Tabungan?

Sukuk Tabungan kini bisa dipesan secara online melalui sejumlah mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya adalah Bareksa. Dengan pendaftaran dan pemesanan online, produk investasi ini bisa diakses kapanpun dan di manapun selama masa penawarannya.

Kapan kita bisa membeli Sukuk Tabungan?

Sukuk Tabungan adalah jenis SBSN yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Maksudnya, investor hanya bisa memesan pada masa penawaran langsung di mitra distribusi dan menunggu pencairannya hingga jatuh tempo. Kecuali, investor memilih untuk mengambil fasilitas pencairan awal (early redemption) setelah setahun berinvestasi.

Sebelumnya, telah terbit Sukuk Tabungan seri ST-002 yang ditawarkan secara online dan bisa dipesan melalui Bareksa. Dalam waktu dekat ini, akan ada seri sukuk ritel yang juga bisa dibeli oleh masyarakat di Bareksa.


* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa adalah salah satu mitra distribusi (midis) untuk penjualan surat utang negara ritel yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan. Transaksi online di Bareksa mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran yang akan segera diumumkan. Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan sukuk tabungan seri selanjutnya.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki agar bisa memesan produk Sukuk atau SBN di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di Sukuk dan produk SBN lainnya? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli Sukuk dan produk SBN lainnya? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

Ayo pesan sekarang, jangan ketinggalan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua