BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Jangan Takut Gagal Berangkat, Ikuti Program Reksadana Umroh Bareksa

Bareksa24 Agustus 2018
Tags:
Jangan Takut Gagal Berangkat, Ikuti Program Reksadana Umroh Bareksa
Ilustrasi umat muslim Islam jamaah syariah sedang melaksanakan ibadah haji umroh di depan Kabah di Masjidil Haram di tanah suci Makkah, Arab Saudi.

Uang tabungan disimpan di reksadana pasar uang syariah, yang halal, resmi dan diawasi oleh OJK

Bareksa.com – Bagi kaum Muslim, melakukan perjalanan ke Tanah Suci merupakan impian karena bisa menapak tilas perjalanan Nabi Ibrahim AS, mengunjungi Masjid Quba di Madinah hingga berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. Namun, masih banyak yang belum bisa melakukannya karena masalah biaya.

Sebagaimana kita ketahui biaya umroh bukanlah nilai yang sedikit, untuk itu kita juga harus memilih agen perjalanan umroh yang terpercaya agar uang kita tidak dibawa kabur oleh oknum travel seperti kejadian First Travel baru-baru ini.

Jangan Takut Tidak Berangkat

Promo Terbaru di Bareksa

Belajar dari sejumlah kasus perjalanan umroh yang gagal berangkat, calon jamaah harus pintar memilih biro perjalanan dan skema pembayaran yang aman. Jangan sampai kita salah memilih agen perjalanan atau produk tabungan untuk niat baik kita.

Kini Bareksa memiliki solusi bagi umat Muslim yang ingin mengumpulkan uang demi beribadah umroh, melalui Program Tabungan Umroh. Dengan menabung secara rutin di reksadana yang tersedia di Bareksa, kita bisa pergi ke Tanah Suci untuk beribadah.

Caranya dengan menabungkan uang kita reksadana syariah Bahana Likuid Syariah sebagai instrumen investasinya. Jadi, uang yang kita tabungkan untuk umroh tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bahana Likuid Syariah.

Bareksa sebagai agen penjual reksadana tidak pernah memegang langsung uang nasabah yang ditabungkan ke dalam produk reksadana syariah ini karena langsung ditransfer ke rekening reksadana di bank kustodian yang ditunjuk. Agen travel yang bekerja sama dalam program ini, yaitu Al-Qadri, juga tidak memegang uang nasabah selama masa tabungan.

Setelah masa tabungan selesai, yang bergantung pada pilihan nasabah mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan, nasabah pula yang mengambil keputusan untuk menggunakan uang tersebut sebagai dana membeli paket perjalanan umroh atau mencairkannya langsung ke rekening nasabah sendiri.

Mengenai keamanan tabungan di produk reksadana ini, terdapat otoritas keuangan yang mengawasinya yaitu Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, tidak perlu takut disalahgunakan baik oleh agen penjual atau manajer investasi yang mengelolanya.

Sebagai informasi, Bahana Likuid Syariah merupakan reksadana pasar uang syariah yang dikelola oleh PT Bahana TCW Investment Management. Reksadana ini telah memberikan imbal hasil cenderung stabil 5,27 persen dalam setahun terakhir (per 23 Agustus 2018)

Imbal hasil ini ada karena reksadana Bahana Likuid Syariah menempatkan asetnya pada instrumen pasar uang syariah, surat berharga syariah dan/atau deposito syariah, yang memiliki risiko fluktuasi pasar rendah dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti saham.

Halal dan Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001 (dokumen lengkap klik tautan ini).

MUI menegaskan pengelolaan reksadana syariah itu sesuai dengan syariat Islam. (Baca juga Reksa Dana Syariah Halal Menurut Fatwa MUI, Ini Alasannya)

Keunggulan lain dari program tabungan umroh Bareksa adalah lebih fleksibel karena Anda dapat memilih berapa lama periode tabungan per bulan sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Dengan mengikuti Program Tabungan Umroh di Bareksa.com, secara tidak langsung Anda sekaligus ikut belajar berinvestasi di produk reksadana syariah, produk investasi resmi yang diatur dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengelolaan dana secara transparan karena dana tabungan Anda diinvestasikan ke reksadana syariah, dan dapat dilihat pertumbuhannya secara transparan melalui platform ini. Di akhir periode tabungan, nilai pokok tabungan akan digunakan untuk pembayaran perjalanan umroh, sementara imbal hasil atas investasi di reksadana syariah akan 100 persen dikembalikan kepada Anda.

Skema Menabung Reksadana

Salah satu paket umroh yang dapat dicicil hingga 12 bulan di tabungan reksadana Bareksa adalah paket Barokah, dengan biaya sebesar Rp22,9 juta*.

Cara menabungnya pun sangat mudah. Kita hanya memerlukan deposit di muka sebesar 10 persen atau Rp2,29 juta yang langsung masuk ke dalam produk reksadana Bahana Likuid Syariah. selanjutnya mencicil Rp1,717 juta setiap bulannya selama satu tahun.

Mari kita lihat simulasinya menggunakan data historis yang ada di Bareksa. Seandainya mulai setahun yang lalu kita sudah menabung di reksadana pasar uang Bahana Likuid Syariah sebesar deposit awal tersebut. Kemudian, setiap bulan kita mencicil sebesar Rp1,717 juta sehingga uang pokok yang kita kumpulkan sebesar Rp22,9 juta.

Illustration

Illustration

Berdasarkan hasil simulasi, setelah setahun, uang yang kita kumpulkan tersebut dapat mencapai Rp23,58 juta atau telah memberikan imbal hasil Rp665.272 (disimulasikan periode 1 tahun terakhir 23 Agustus 2017 - 2018). Tabungan ini kini sudah cukup untuk membeli paket Umroh Barokah senilai Rp22,9 juta*.

Paket Umroh (Madinah - Mekkah) ini terdiri dari tiket pesawat pulang-pergi, bus AC, hotel bintang 4 (kombinasi), serta pemandu profesional berbahasa Indonesia.

Fasilitas-fasilitas lainnya terdiri dari air mineral, VISA, dan hotel satu kamar berempat. Namun, apabila kamar hotel ingin dipakai berdua (double bed), maka akan dikenakan biaya tambahan.

Bareksa bekerja sama dengan Travel Agent bernama Al-Qadri, yang telah memiliki izin resmi dari otoritas terkait dengan tujuan memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin merencanakan perjalanan umroh ini.

Tunggu apa lagi? Yuk rencanakan perjalanan umroh Anda melalui Program Tabungan Umroh Bareksa.

Informasi selengkapnya klik tautan ini.

(hm)

***

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

*Biaya yang ditampilkan di sini adalah asumsi atau perkiraan, harga paket dapat berubah mengikuti tanggal keberangkatan di masa mendatang

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua