BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Cara Investasi Reksadana yang Mudah dengan Modal Kecil

Bareksa01 Agustus 2018
Tags:
Cara Investasi Reksadana yang Mudah dengan Modal Kecil
Stock Photo - Portrait teenager girl holding smart phone sending payment electronic bank transfer via smartphone app dollar banknotes flying, coming out of mobile phone isolated grey wall background. New technology, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_sifotography'>sifotography / 123RF Stock Photo</a>

Melalui aplikasi DOKU yang telah tersedia pada smartphone berbasis Android, kita dapat berinvestasi reksadana di manapun

Bareksa.com - Kebutuhan untuk masa depan seharusnya dipersiapkan sedini mungkin, agar kita bisa mencapai tujuan atau impian keuangan kita. Salah satu cara yang sudah populer adalah menabung, tetapi kita juga perlu mengetahui cara lain yang memberikan potensi hasil lebih besar, yaitu berinvestasi.

Bila kita mendengar kata investasi, kesan yang kita dapat seringkali adalah kegiatan yang rumit, sulit, dan membutuhkan modal besar. Padahal, kegiatan investasi itu kini bisa dilakukan dengan mudah, murah dan modal yang sedikit, terutama juga karena didukung oleh perkembangan teknologi.

Sebagai generasi yang sudah terbiasa menggunakan teknologi, kita sudah tidak asing lagi dengan smartphone. Nah, dengan menggunakan gadget ini saja kita sudah bisa memulai investasi. Salah satu aplikasi keuangan yang bisa digunakan untuk berinvestasi adalah DOKU, yang sudah terkenal sebagai aplikasi dompet digital.

Promo Terbaru di Bareksa

Melalui aplikasi DOKU yang telah tersedia pada smartphone berbasis Android, kita dapat berinvestasi reksadana di manapun dan kapanpun. Saat ini terdapat tiga reksadana pada aplikasi DOKU yang terdiri dari satu reksadana pendapatan tetap dan dua reksa dana pasar uang.

Tidak perlu keluar rumah untuk pergi ke bank, dengan saldo yang sudah kita miliki dalam dompet digital DOKU ini kita bisa membeli reksadana. Produk ini tersedia dalam menu "Investasi" pada aplikasi DOKU.

Jika kita baru pertama kali menggunakan fitur Investasi, maka kita perlu mendaftar lagi dengan mengisi formulir pembukaan rekening seperti yang tersedia dalam fitur tersebut. Tapi jika kita sudah pernah mendaftar, kita hanya perlu klik beli pada produk yang diinginkan.

Dalam layar halaman fitur investasi akan tertera dua produk reksa dana pasar uang yang tersedia pada aplikasi DOKU Wallet yaitu reksa dana Cipta Dana Cash yang dikelola oleh PT Ciptadana Asset Management dan reksa dana Bahana Likuid Syariah yang dikelola oleh PT Bahana TCW Investment Management.

Selain itu, tersedia juga reksadana pendapatan tetap Bahana Mes Syariah Fund yang juga dikelola oleh PT Bahana TCW Investment Management.

Lantas kenapa kita harus membeli reksadana di DOKU?

Reksadana adalah salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal atau investor, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, tetapi hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.Dana yang dikumpulkan ini akan dikelola oleh manajer investasi dalam sebuah portofolio.

Seandainya reksadana adalah sebuah masakan, manajer investasi ini adalah koki yang meracik masakan agar menjadi enak untuk dihidangkan. Sedangkan portofolio adalah keranjang belanja yang berisi bahan-bahan makanan untuk membuat masakan tersebut.

Bila kita ingin membeli produk reksadana ini melalui DOKU, kita tidak perlu transfer lagi ke rekening bank apalagi harus pergi ke kantor bank. Pembelian reksadana hanya perlu klik beli pada produk yang diinginkan.

Kemudian, jenis reksadana yang tersedia di DOKU adalah pasar uang dan pendapatan tetap dengan risiko yang rendah dan cocok bagi investor pemula.

Reksadana jenis pasar uang relatif jauh lebih aman dibandingkan dengan reksadana lainnya karena mayoritas dana ditempatkan pada deposito. Sementara itu, reksadana pendapatan tetap banyak ditempatkan pada obligasi atau surat utang. Jadi kita tidak perlu khawatir penurunan harga, saat kita akan mencairkan reksadana tersebut.

Selain itu, reksadana yang tersedia di DOKU ini bisa dibeli dengan modal yang terjangkau, cukup Rp100.000 saja. Potensi keuntungan pun jauh lebih besar ketimbang kita menyimpan uang di bank.

Sebagai gambaran, investasi reksadana Cipta Dana Cash telah memberikan keuntungan sebesar 5,85 persen dan Bahana Likuid Syariah telah memberikan keuntungan 5,33 persen dalam setahun terakhir (per 31 Juli 2018). Angka ini tentu jauh lebih besar ketimbang bunga tabungan. Kemudian, keuntungan reksadana adalah bebas pajak dan biaya administrasi bulanan, tidak seperti halnya menabung di bank.

Ayo mulai berinvestasi sekarang menggunakan aplikasi DOKU.

***

Belum punya akun DOKU?
- Cara Buka Akun Doku, klik tautan ini
- Daftar reksa dana Bareksa di Doku, klik tautan ini
- Beli reksa dana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,62

Up0,74%
Up4,00%
Up0,02%
Up6,36%
Up19,84%
-

Capital Fixed Income Fund

1.760,38

Up0,56%
Up3,43%
Up0,02%
Up7,02%
Up18,00%
Up42,94%

STAR Stable Income Fund

1.911,44

Up0,52%
Up2,88%
Up0,02%
Up6,21%
Up31,34%
Up59,99%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.761,74

Up0,50%
Up3,61%
Up0,02%
Up5,37%
Up20,01%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.039,31

Up0,45%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 0,64%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua