BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

5 Hal Penting Bagi Investor Pekan Ini

Bareksa09 April 2018
Tags:
5 Hal Penting Bagi Investor Pekan Ini
Sejumlah karyawan dan pelaku usaha berada di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (16/3). IHSG pada perdagangan pekan ini ditutup melemah 16,95 poin atau 0,27 persen ke level 6.304,95. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Investor akan menantikan kelanjutan perang dagang antara AS dan China

Bareksa.com - Semua mata akan tertuju pada peningkatan retorika perdagangan dalam seminggu ke depan karena para investor mencoba mencari tahu apakah serangkaian tanggapan balasan antara Amerika Serikat (AS) dan China akan berakhir dalam negosiasi atau perang dagang habis-habisan antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut .

Sepekan mendatang juga akan ramai, ditandai dengan dimulainya musim laporan keuangan kuartal pertama 2018 di Wall Street, yang para analis harapkan akan mengalihkan fokus pasar dari perdagangan dan menempatkannya pada keuntungan perusahaan yang kuat.

Sementara itu, dari bank sentral AS, pelaku pasar akan fokus pada risalah pertemuan kebijakan terbaru The Fed, yang dapat memberikan petunjuk lebih lanjut tentang laju kenaikan suku bunga di masa depan tahun ini. Ada juga data inflasi AS yang penting dalam minggu mendatang.

Promo Terbaru di Bareksa

Di tempat lain, pelaku pasar juga akan melihat ke depan untuk angka perdagangan bulanan dari China, meskipun masih terlalu dini untuk melihat dampak dari ketegangan perdagangan yang terlihat dalam beberapa pekan terakhir.

Untuk lebih rincinya, berikut beberapa peristiwa penting yang kemungkinan besar akan mempengaruhi pasar pada pekan ini :

1. Perkembangan 'Perang Perdagangan' Menjadi Fokus

Meningkatnya retorika perdagangan akan membuat investor tetap waspada saat mereka menyaksikan perkembangan lebih lanjut di tengah perang perdagangan antara AS dan China.

Hubungan antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia itu berubah menjadi buruk pekan lalu setelah Presiden Donald Trump mengancam tarif tambahan US$100 miliar dalam barang-barang Tiongkok.

Sebagai tanggapan, Kementerian Perdagangan China mengatakan pada hari Jumat bahwa negaranya tidak akan ragu untuk melawan dengan "tanggapan besar."

Tiongkok telah menyerang balik rencana administrasi Trump untuk mengenakan tarif pada US$50 miliar barang-barang China, dengan cara yang sama yakni membalas pada impor yang menjadi kunci AS. Hal ini memicu kekhawatiran bahwa dua ekonomi terbesar dunia sedang bergerak menuju perang dagang yang dapat mengguncang ekonomi global.

Pelaku pasar akan fokus lebih banyak pada pidato Presiden China Xi Jinping pada hari Selasa, yang terus dipantau oleh para pelaku pasar terkait perselisihan perdagangan dengan AS.

2. Musim Laporan Keuangan Triwulan I Amerika Serikat (AS) Diterbitkan

Musim laporan keuangan kuartal pertama Wall Street dimulai minggu ini, dengan bank-bank AS utama seperti JPMorgan Chase (NYSE: JPM), Citigroup (NYSE: C) dan Wells Fargo (NYSE: WFC) semuanyaakan melaporkan pada hari Jumat. Sementara BlackRock (NYSE: BLK) akan melaporkan pada hari Kamis.

Pada kuartal pertama (Q1), pertumbuhan laba diperkirakan akan menjadi 18,4 persen menurut data Thomson Reuters, yang tertinggi dalam tujuh tahun, karena hasilnya kemungkinan telah didorong oleh pemotongan pajak oleh Presiden Donald Trump.

Musim laporan keuangan yang kuat akan membantu meredam volatilitas pasar dari ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung.

Sementara itu, bursa saham jatuh pada hari Jumat karena perdagangan dengan volatilitas cukup tinggi, dengan Dow kehilangan 2,3 persen, S&P 500 menurun 2,2 persen, sedangkan Nasdaq turun 2,3 persen.

3. Risalah Rapat FOMC Fed

The Fed akan merilis notulen rapat kebijakan terbaru pada hari Rabu pukul 2:00 siang waktu setempat

Bank Sentral AS telah menaikkan suku bunga seperti yang diharapkan secara luas setelah pertemuan pada 21 Maret dan memperkuat pada proyeksi untuk lebih dari dua kali kenaikan suku bunga tahun ini. Beberapa investor mengharapkan The Fed untuk memproyeksikan ada tiga kali kenaikan suku bunga tahun ini pada pertemuan itu.

Kepala Fed Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa The Fed kemungkinan akan perlu menaikkan suku bunga tahun ini untuk menjaga inflasi tetap terkendali. Dia menambahkan bahwa terlalu dini untuk mengetahui apakah masalah perdagangan akan berdampak pada ekonomi AS.

Komentar tersebut mengisyaratkan bahwa tingkat bunga akan terus meningkat tahun ini meskipun volatilitas pasar baru-baru ini disebabkan oleh perselisihan perdagangan.

Pelaku pasar saat ini menetapkan proyeksi sekitar 85 persen kemungkinan kenaikan suku bunga kedua pada bulan Juni, menurut Alat Pengukur Tarif Fed Investing.com. Sementara peluang kenaikan suku bunga ketiga pada bulan Desember terlihat sekitar 70 persen.

4. Data Inflasi AS

Departemen Perdagangan AS akan menerbitkan angka inflasi bulan Maret pada 8:30 pagi di Rabu waktu setempat.

Analis pasar memperkirakan harga konsumen akan membukukan hasil yang datar, atau melemah dari kenaikan 0,2 persen bulan Februari, sementara inflasi inti diperkirakan naik tipis 0,2 persen, sama dengan kenaikannya sebulan sebelumnya.

Kemudian secara tahunan, CPI inti diproyeksikan naik 2,1 persen, lebih cepat dari 1,8 persen yang tercatat pada bulan sebelumnya. Harga inti dilihat oleh Federal Reserve sebagai ukuran yang lebih baik dari tekanan inflasi jangka panjang karena mereka mengecualikan kategori makanan dan energi volatil.

Kenaikan inflasi akan menjadi katalisa untuk mendorong The Fed menuju kenaikan suku bunga pada kecepatan yang lebih cepat dari yang diperkirakan saat ini.

5. Angka Perdagangan China

China akan merilis angka perdagangan Maret pada Jumat pagi. Laporan ini diharapkan menunjukkan bahwa surplus perdagangan negara itu menyempit sedikit menjadi US$27,2 miliar bulan lalu dari surplus sekitar US$33,7 miliar pada Februari.

Ekspor diperkirakan naik 11,9 persen dari tahun sebelumnya, menyusul kenaikan 44,5 persen pada bulan sebelumnya, sementara impor diperkirakan naik 12,4 persen, setelah naik 6,3 persen pada Februari.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua