BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Lima Peristiwa Penting yang Dipantau Investor Pekan Ini

Bareksa26 Februari 2018
Tags:
Lima Peristiwa Penting yang Dipantau Investor Pekan Ini
Jerome H. Powell (kanan) bersumpah saat dilantik menjadi Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve System di depan Wakil Ketua Bidang Pengawasan Quarles. sumber: Federal Reserve

Pasar keuangan global akan berfokus pada Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada pekan depan

Bareksa.com - Sedikitnya ada lima peristiwa penting yang ditunggu dan diperhatikan oleh para investor. Di antaranya pasar keuangan global akan berfokus pada Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada pekan depan. Saat itu merupakan penampilan perdana Powell sebagai kepala Bank Sentral Amerika Serikat. Powell bersaksi mengenai kondisi ekonomi sebelum komite Kongres.

Kemudian investor juga menunggu laporan tentang pendapatan dan pengeluaran pribadi, yang mencakup data inflasi pengeluaran konsumsi pribadi di AS, akan menjadi puncak pada pekan ini.

Di Eropa, investor akan menunggu data inflasi bulanan untuk menilai seberapa cepat Bank Sentral Eropa akan mulai membatalkan program pembelian asetnya (quantitative easing).

Promo Terbaru di Bareksa

Para pelaku pasar juga akan berfokus pada sepasang laporan aktivitas di sektor manufaktur dan konstruksi Inggris untuk petunjuk lebih lanjut mengenai kesehatan ekonomi dan kemungkinan Bank of England menaikkan suku bunga tahun ini.

Di tempat lain, pelaku pasar akan melihat ke depan untuk data bulanan mengenai sektor manufaktur Cina di tengah sinyal baru-baru ini bahwa momentum negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tetap kuat.

Beberapa peristiwa yang kemungkinan besar akan mempengaruhi pasar pekan ini antara lain :

1. Kesaksian Ketua The Fed Jerome Powell

Ketua The Fed Jerome Powell akan menyampaikan kesaksian kebijakan moneter semi tahunan pertamanya mengenai kondisi ekonomi sebelum komite Senat dan DPR di Washington DC.

Powell dijadwalkan untuk bersaksi mengenai kondisi ekonomi sebelum Komite Perbankan Senat pada pukul 10.00 pagi pada hari Selasa waktu setempat. Pada hari Kamis, ia akan tampil di depan Komite Jasa Keuangan DPR juga pukul 10.00 pagi. Teks kesaksian akan dirilis 90 menit sebelum dia mulai berbicara.

Komentar Powell akan dipantau ketat sebagai informasi baru tentang pandangannya mengenai kenaikan inflasi baru-baru ini dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kenaikan tingkat suku bunga saat ini. Investor juga akan memantau komentar Powell, mengingat perkembangan terbaru volatilitas yang meningkat.

Perkembangan terakhir dari diskusi kebijakan Komite Pasar Terbuka The Fed (FOMC) yang diterbitkan pekan lalu mendorong spekulasi bahwa bank sentral AS akan menaikkan suku bunga dengan lebih cepat dari perkiraan saat ini.

Banyak ekonom telah meramalkan kenaikan empat kali pada tahun ini, atau lebih banyak dari yang diperkirakan The Fed saat ini. Sebab data inflasi AS yang lebih kuat dari perkiraan yaitu sebesar 2,1 persen pada bulan Januari.

The Fed dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan kebijakan berikutnya pada 20 dan 21 Maret, dengan 80 persen kemungkinan terjadinya kenaikan suku bunga pada pertemuan tersebut, seperti dikutip dari Investing.com's Fed Rate Monitor Tool.

2. Data Inflasi Pengeluaran Konsumsi Pribadi (Personal Consumption Expenditures/PCE) AS

Departemen Perdagangan AS akan mempublikasikan data pendapatan pribadi dan belanja konsumen untuk bulan Januari 2018, yang mencakup data inflasi pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), atau ukuran inflasi yang disukai Fed, pada hari Kamis pukul 08.30 waktu setempat.

Perkiraan konsensusnya adalah laporan tersebut akan menunjukkan bahwa indeks harga PCE inti naik 0,3 persen bulan lalu, setelah naik 0,2persen bulan sebelumnya. Secara tahunan, harga inti PCE diperkirakan naik 1,5 persen, tidak berubah dari bulan sebelumnya.

The Fed menggunakan PCE inti sebagai alat untuk membantu menentukan apakah akan menaikkan atau menurunkan suku bunga, dengan tujuan untuk menjaga inflasi di level 2 persen atau di bawahnya.

Kalender ekonomi pekan ini juga dilengkapi dengan perkiraan kedua pertumbuhan PDB untuk kuartal keempat pada hari Rabu, yang diharapkan dapat menunjukkan perbaikan dengan turun tipis dari 2,6 persen menjadi 2,5 persen.

Laporan pertumbuhan sektor manufaktur ISM, kepercayaan konsumen CB, pesanan barang tahan lama, penjualan rumah baru, penjualan rumah yang tertunda dan penjualan mobil bulanan juga akan masuk dalam agenda.

3. Inflasi Eropa

Zona euro akan menerbitkan angka inflasi untuk bulan Februari pada hari Rabu. Jika hasilnya tetap kuat dapat mendorong Bank Sentral Eropa (ECB) satu langkah lagi untuk mengakhiri program stimulus massalnya.

Perkiraan konsensusnya adalah laporan tersebut akan menunjukkan bahwa harga konsumen naik 1,2 persen, sedikit melambat dari 1,3 persen di bulan Januari, tetap berada di bawah target Bank Sentral Eropa hanya di bawah 2 persen.

Angka inflasi inti, tanpa volatilitas energi dan harga pangan, terlihat bertahan stabil di level 1 persen, tidak berubah dari bulan sebelumnya.

Jerman, Prancis, Italia dan Spanyol akan menghasilkan laporan CPI mereka sendiri sepanjang minggu ini.

Selain data inflasi, Presiden ECB Mario Draghi akan memberikan kesaksian mengenai kebijakan moneter dan prospek inflasi sebelum Komite Urusan Ekonomi dan Moneter Eropa Parlemen, di Brussels pukul 14,00 pada hari Senin waktu setempat.

Bagaimana Draghi melihat tanda-tanda meningkatnya inflasi dan petunjuk tentang seberapa cepat bank sentral akan mulai keluar dari program pelonggaran kuantitatifnya yang besar akan menjadi penting.

Perkembangan pada pertemuan terakhir ECB yang dirilis minggu lalu mengungkapkan bahwa pejabat ECB menolak perubahan kebijakan bank tersebut, dengan alasan bahwa terlalu cepat untuk memberi sinyal normalisasi kebijakan yang memberi inflasi yang lemah.

Meski begitu, pelaku pasar tetap yakin bahwa kebijakan moneter longgar di kawasan ini akan segera berakhir lebih cepat.

Bank sentral memangkas pembelian obligasi bulanannya dari 60 miliar euro menjadi 30 miliar euro pada Oktober, namun memperpanjang program sampai akhir September 2018, dengan alasan tekanan harga yang diredam.

Adapun Pertemuan ECB selanjutnya akan terjadi pada 8 Maret mendatang.

4. PMI Inggris

Inggris akan mengumumkan kegiatan sektor manufaktur Februari pukul 09.30 pada hari Kamis waktu setempat, kemudian diikuti dengan sebuah laporan mengenai sektor konstruksi pada hari Jumat.

PMI manufaktur diperkirakan akan sedikit menurun jadi 55 dari 55,3 di bulan sebelumnya, sementara aktivitas konstruksi diperkirakan akan naik ke level 50,7 dari 50,2.

Selain itu, pidato pada hari Jumat oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May tentang hubungan Inggris-Brexit dengan Uni Eropa juga akan masuk dalam agenda, karena perkembangan Brexit tetap jadi fokus utama.

Sementara ekonomi Inggris tertinggal dari pemulihan global, ia bertahan lebih baik dari perkiraan suram yang dibuat pada saat pemungutan suara 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa.

Bank of England mempertahankan suku bunga stabil awal bulan ini, namun mengisyaratkan kemungkinan akan menaikkan suku bunga lebih cepat dan lebih dari yang diperkirakan beberapa bulan lalu karena berusaha untuk tetap bertahan terhadap inflasi.

5. PMI Manufaktur Cina

Federasi Logistik dan Pembelian Cina akan merilis data aktivitas sektor manufaktur Februari pada Rabu waktu setempat, di tengah ekspektasi kenaikan tipis menjadi 51,4 dari sebelumnya 51,3 pada Januari.

Indeks manufaktur Caixin, yang lebih berfokus pada perusahaan kecil dan menengah, dijadwalkan diumumkan pada hari Kamis. Berdasarkan survei diperkirakan akan turun 0,2 poin menjadi 51,3 dari sebelumnya 51,5.

Indeks manajer pembelian (PMI) dipandang sebagai indikator kondisi ekonomi yang baik dan bahkan disukai beberapa analis untuk produk domestik bruto, yang mungkin terpengaruh oleh penyesuaian musiman yang buruk dan rentan terhadap revisi.

Ketika angka PMI berada di atas 50 menandakan sinyal ekpansi, sementara ketika berada di bawah 50 mengindikasikan adanya kontraksi industri.

Perekonomian Cina tumbuh 6,8 persen pada kuartal keempat 2017 dari tahun sebelumnya, dibantu oleh rebound di sektor industri, pasar properti yang tangguh dan pertumbuhan ekspor yang kuat. (AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua