Kurangi Kepemilkan Saham MNCN, BMTR Telah Kantongi Rp672,7 Miliar

BMTR tercatat telah mengurangi kepemilikannya di saham MNCN sebanyak 4,55 juta lot saham sejak Agustus 2016
Bareksa • 16 Nov 2017
cover

MNC Group CEO Hary Tanoesoedibjo di kantor editorial MNC di Jakarta. Hary sudah menjaring sepertiga penonton televisi di Indonesia lewat media miliknya. (Reuters/Beawiharta)

Bareksa.com- Perusahaan investasi di bidang media milik Grup MNC, PT Global Mediacom Tbk (BMTR), telah mengurangi kepemilikannya di PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). Meskipun demikian, Global Mediacom masih menjadi pemegang saham pengendali di pengelola stasiun televisi RCTI tersebut.

Terbaru, berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa, Global Mediacom kembali menjual saham MNCN sebanyak 769.000 lot dengan harga rata-rata senilai Rp1.505 per saham. Dari hasil penjualan tersebut diperopleh Rp115,755 miliar. Penjualan dilakukan pada 6 November 2017 dengan tujuan menjadi pemilikan strategis.

Penjualan yang dilakukan oleh Global Mediacom bukan yang pertama. Menurut penelusuran Bareksa, sejak Agustus 2016- September 2017, emiten yang dikendalikan taipan Hary Tanoesoedibjo itu tercatat telah mengurangi kepemilikannya di saham MNCN sebanyak 3,78 juta lot saham menjadi 58,1 persen dari sebelumnya 60,75 persen.

Pada periode 15 bulan tersebut, tercatat harga rata-rata saham MNCN tercatat Rp1.474 per saham. Dengan asumsi dijual pada harga rata-rata, berarti BMTR memperoleh Rp557 miliar. Maka, jika diakumulasikan hingga 6 November 2017, BMTR berhasil melepas 4,55 juta lot saham dengan perkiraan perolehan mencapai Rp672,7 miliar

Pada Agustus 2016, BMTR masih memiliki saham MNCN sebanyak 60,75 persen. Lalu, pada akhir bulan November 2016 BMTR telah mengurangi kepemilikannya di MNCN menjadi 59,3 persen.

Pada akhir Mei 2017, BMTR kembali melepas saham 2,88 juta lot saham sehingga tersisa 59,16 persen. Lalu pada bulan Agustus dan September tahun ini, BMTR kembali mengurangi saham MNCN sehingga tersisa 58,1 persen.

Dari sisi pergerakan saham, seiring berkurangnya kepemilikan saham BMTR, harga saham MNCN anjlok 16 persen ke level Rp1.440 dari sebelumnya Rp1.705

Grfaik: Pergerakan Harga Saham MNCN

Sumber; Bareksa.com

Sementara itu, transaksi saham MNCN di pasar reguler ataupun pasar negosiasi ini didominasi oleh broker MNC Sekuritas (EP), yang tercatat sebagai pembeli sekaligus penjual terbesar. MNC Sekuritas terafiliasi juga dengan Grup MNC.

MNCN adalah anak usaha BMTR yang bergerak dalam bidang perdagangan umum, pembangunan, perindustrian, pertanian, pengangkutan, percetakan, multimedia melalui perangkat satelit dan perangkat telekomunikasi lainnya, jasa dan investasi. Kegiatan usaha utama MNCN meliputi konten dan kepemilikan serta pengoperasian 4 TV Free-To-Air nasional (RCTI, MNCTV, GlobalTV dan SindoTV). (hm)

DISCLAIMER

Publikasi ini hanya menampilkan dinamika perdagangan saham dan tidak dimaksudkan untuk menjadi dasar keputusan investasi apapun. Investor harus menetapkan sendiri keputusan investasi sesuai dengan strategi dan tujuan investasi. Investasi melalui saham mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami kinerja keuangan saham tersebut.