BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Ingin Buat Pesta Meriah dengan Budget Murah? Simak 4 Tips Ini

Bareksa23 Maret 2017
Tags:
Ingin Buat Pesta Meriah dengan Budget Murah? Simak 4 Tips Ini
Group of ecstatic friends with cocktails looking at camera at party, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_pressmaster'>pressmaster / 123RF Stock Photo</a>

Berbagi kebahagiaan dengan orang-orang tersayang dengan menggelar pesta tentu sah-sah saja dilakukan

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Illustration

Duitpintar.com - Berbagi kebahagiaan bersama orang-orang tersayang pasti selalu menyenangkan. Salah satunya dengan menggelar pesta atau syukuran. Bukan berniat untuk hura-hura atau pemborosan, tetapi lebih untuk menunjukkan rasa syukur masih bisa menikmati momen spesial dalam hidup.

Promo Terbaru di Bareksa

Syukuran kelahiran anak, lulus dari perguruan tinggi hingga ulang tahun merupakan contoh momen yang ingin kita rayakan dengan pesta. Tentunya ini sah-sah saja dilakukan, tapi jangan sampai kita lupa diri hingga menghabiskan uang. Sebab, pesta perayaan ini masih bisa tetap berkesan dan meriah tanpa mengocek kantong lebih dalam.

Jika masih ragu, mari simak terlebih dahulu 5 hal yang bisa disiapkan supaya pesta yang kita adakan tidak “membunuh” saldo di rekening.

1. Menentukan anggaran (budget) dan disiplin menjalankannya

Momen spesial, pastinya harus dirayakan seistimewa mungkin. Akan tetapi bukan berarti memaksakan untuk membuat pesta yang di luar kemampuan finansial kita. Lebih baik, ditentukan terlebih dahulu sejak jauh-jauh hari, seberapa besar budget yang sanggup dikeluarkan untuk pesta kita nanti.

Jika tanpa perencanaan keuangan, sudah pasti akan membuat kita over budget. Membuat perayaan tidak selalu identik dengan mahal dan serba "wah". Sebab, hal paling penting adalah bagaimana momen itu bisa terkenang bukan kemewahannya.

Bila kita sudah menetapkan anggaran pesta Rp 5 juta misalnya. Baiknya kita disiplin mengikuti. Jangan di tengah jalan berubah pikiran dan menambah jadi Rp 10 juta. Pastinya kita tidak akan mau demi punya pesta yang “wah”, lalu memaksakan berutang sana-sini.

Ingat, yang namanya utang itu harus dilunasi alias dibayar kembali, bukan rezeki nomplok atau hadiah kuis yang menjadi hak milik. Setelah pesta sehari yang “wah” berakhir, jangan sampai di kemudian hari malah dibebani dengan tumpukan utang yang menanti untuk dilunasi.

2. Tidak usah gengsi, batasi undangan jika memang budget-nya terbatas

Tak jarang orang membuat pesta demi gengsi alias harga diri. Contohnya dengan mengundang banyak tamu untuk pamer di media sosial. Sebaiknya, pemikiran seperti ini dikurangi karena jika realitanya kemampuan finansial hanya sanggup untuk 30 orang, kita undang saja sesuai kemampuan.

Pilih mana, tetap memaksakan diri untuk membuat pesta yang ramai tamunya tetapi justru malu karena makanannya kurang atau tamu sesuai budget tapi makanan berlimpah dan semua senang? Tidak masalah budget terbatas yang terpenting pestanya tetap meriah

Tidak perlu pula merasa tidak enak dan berpikir, “Si A (teman) akan iri karena tidak diundang". Ingat, itu adalah pesta kita. Jadi kita berhak untuk selektif mengundang siapa saja yang kita nantikan kehadirannya.

3. Memaksimalkan potensi diri untuk mengatur semua sendiri

Salah satu cara ampuh untuk menghemat pengeluaran saat ingin membuat pesta adalah jangan memaksakan diri menggunakan jasa EO (event organizer). Punya budget pas-pasan, baiknya cukup, membuat pesta semampunya saja. Dengan jasa EO ini artinya sama dengan kita harus menyediakan budget lebih untuk jasa ini.

Strateginya adalah dengan melakukan semua sendiri dengan meminta bala bantuan kepada sanak saudara atau teman-teman terdekat. Pastinya mereka dengan senang hati akan membantu kita untuk membuat acara yang meriah ini.

Tidak perlu pusing mencari ide-ide kreatif atau tema tertentu. Kita juga bisa mencontoh tutorial atau ide-ide pesta lewat Youtube. Hal ini memang akan menyita waktu dan tenaga saat merencanakan dan menyiapkan pesta sendiri. Akan tetapi, ada kepuasan dan kebahagiaan saat melihat semua hasil karya kita bisa dinikmati bersama tamu-tamu yang datang nanti.

4. Memanfaatkan kartu kredit

Punya kartu kredit? Ini ternyata bisa kita manfaatkan untuk persiapan pesta, mulai dari membeli kue, perlengkapan pesta, dan beragam camilan di toko online atau supermarket yang bekerjasama dengan kartu kredit yang kita miliki.

Kemudian, uang tunai kita dapat digunakan untuk hal-hal lain yang tidak bisa pakai kartu. Selain itu kita jadi bisa mengoptimalkan kartu kredit.

Bikin pesta atau perayaan sah-sah saja. Tapi ingat, jangan sampai memaksakan diri untuk membuat pesta yang tidak sesuai dengan isi kantong. Yang penting dari sebuah perayaan itu adalah kebersamaan, dan perasaan bahagia dikelilingi orang-orang yang punya makna khusus dalam hidup kita.

Sebuah pesta yang sukses dan meriah itu bukan dinilai dari seberapa megah dan nominal yang dikeluarkan, melainkan seberapa bahagia orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Baca artikel lainnya, silakan klik tautan berikut ini: DuitPintar.com

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua