BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Sering Pergi Naik Mobil? Begini Cara Hemat Bensinnya

Bareksa22 Maret 2017
Tags:
Sering Pergi Naik Mobil? Begini Cara Hemat Bensinnya
traffic jam in the road with cars on a highway, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_ginasanders'>ginasanders / 123RF Stock Photo</a>

Bagi Anda yang menggunakan mobil untuk bekerja setiap hari, tentu uang bensin ini harus selalu dianggarkan

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Illustration

Duitpintar.com - Sering mengendarai mobil pribadi karena lokasi kantor sulit dijangkau? Mengisi bensin mobil pun menjadi suatu kebutuhan pokok.

Promo Terbaru di Bareksa

Meski ada kendaraan umum atau motor yang lebih hemat, tetapi faktor kenyamanan pun menjadi pertimbangan untuk transportasi kita ke kantor. Apalagi, jika jarak tempat tinggal dan kantor cukup jauh dan harus menempuh jalan tol. Tentunya mengendarai mobil pribadi menjadi pilihan yang terbaik.

Bagi yang memang harus naik mobil pribadi, 6 hal ini bisa menjadi tips untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM).

1. Membuat jadwal perjalanan selama sepekan

Di hari Minggu, ada baiknya kita menyusun jadwal untuk bepergian pada pekan depan. Senin hingga Jumat mungkin kita hanya mengendarai mobil pergi ke dan pulang dari kantor. Namun, apabila ada rencana meeting di luar kantor, kita harus membuat jadwalnya juga.

Hal ini juga berlaku pula untuk weekend. Catat saja ke mana kita akan pergi saat akhir pekan. Perjalanan yang terjadwal dan terorganisir dengan baik membuat kita mengetahui, dalam sepekan berapa panjang kilometer (km) mobil akan dioperasikan.

2. Mengisi bensin sesuai dengan rencana perjalanan

Setelah membuat jadwal perjalanan dalam sepekan dan tercatat dengan baik, selanjutnya isi bensinmu di hari Senin pagi sesuai kebutuhan. Catat baik-baik, kita tidak perlu mengisi penuh jika memang tidak dibutuhkan.

Misalkan dalam sepekan kita hanya akan menempuh perjalanan 185 km dan itu cukup dengan 12 liter bensin. Lantas, buat apa kita mengisinya lebih kalau tidak dipakai?

Hal ini berguna agar kita lebih disiplin dalam menggunakan kendaraan. Ikuti jadwal perjalanan yang sudah dibuat dan isi bensin sesuai dengan kebutuhan itu. Dengan demikian, ketika kita diajak nongkrong atau meeting di luar kantor yang tidak ada dalam agenda sepekan, kita dapat memanfaatkan angkutan umum saja dan bensin pun menjadi lebih irit.

3. Berangkat pagi

Usahakan untuk berangkat lebih pagi untuk menghindari kemacetan. Jika memang jalanan masih sepi dan tidak perlu lewat tol, kita bisa lebih menghemat karena tidak perlu membayar tiket tol.

Memacu mobil dalam keadaan konstan 60 km per jam jauh lebih irit ketimbang pelan-pelan dan banyak menginjak rem. Mungkin yang menjadi tantangannya adalah mengharuskan kita harus bangun pagi. Akan tetapi, dengan bangun pagi seperti ini, justru akan membuat kita semakin sehat.

4. Memakai kartu kredit ketika membeli BBM

Tips yang ini bukan menyuruh kita mengutamakan utang, melainkan hanya memanfaatkan promosi berupa cash back atau diskon berupa uang kembali untuk pembelian BBM menggunakan kartu kredit.

Sebagai contoh, salah satu kartu kredit menawarkan bonus cash back hingga 5 persen untuk setiap pembelian BBM. Dengan adanya potongan harga, anggaran untuk beli bensin menjadi lebih hemat bukan?

5. Memantau aplikasi Google Maps atau Waze sebelum pulang kantor

Dua aplikasi ini wajib ada di handphone. Sebab, dengan ini kita bisa selalu memantau situasi kemacetan di jam pulang kantor.

Jika rute di peta masih berwarna merah, sebaiknya tunda keinginan untuk pulang kantor. Tunggu saja di kantor terlebih dahulu sambil menonton video secara online atau streaming. Alternatif kegiatan lain adalah bisa juga menyicil pekerjaan, agar beban kerja esok hari tidak terlalu berat.

Tidak ada salahnya pulang agak malam demi melalui jalanan yang lebih lancar. Karena jika macet-macetan di jalan, yang ada akan boros BBM.

6. Jika ada rencana mengunjungi klien di siang hari, sebaiknya jangan membawa mobil

Manfaatkan saja jasa ojek online atau angkutan umum jika kita berencana untuk menjumpai klien di siang hari dan harus kembali lagi ke kantor. Ada baiknya kita meninggalkan mobil di kantor saja.

Jika kita bolak-balik membawa mobil pribadi, tentunya akan rugi bensin dan belum lagi harus membayar parkir. Kecuali, jika kita mau langsung pulang, jadi terpaksalah harus membawa mobil ke tempat klien.

Pada dasarnya, tidak salah untuk membawa mobil setiap hari asalkan kita mengetahui trik menghemat bensinnya. Jadi, yuk ingat 6 tips ini sebelum memulai aktivitas Anda dengan menggunakan mobil pribadi.

Baca artikel lainnya, silakan klik tautan berikut ini: DuitPintar.com

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,44

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,81%
Up17,26%
Up44,73%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.323,46

Up0,67%
Up4,06%
Up0,03%
Up5,62%
Up18,63%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,18

Down- 0,54%
Up2,72%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,36%
Up46,76%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.044,67

Up0,52%
Up2,65%
Up0,02%
Up2,95%
Down- 1,71%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,08

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua