BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Wanita Hobi Dandan Bisa Menguras Kantong? Simak Tips Belanja Kosmetik Ini

Bareksa21 Maret 2017
Tags:
Wanita Hobi Dandan Bisa Menguras Kantong? Simak Tips Belanja Kosmetik Ini
Make up artist applying face powder with a brush in a beauty store Selective focus, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_mindof'>mindof / 123RF Stock Photo</a>

Terkadang berbelanja kosmetik ini cukup menguras kantong kaum wanita, maka dengan tips berikut ini bisa diantisipasi

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Illustration

Duitpintar.com - Baju dan kosmetik mungkin menjadi hal yang sangat sering menghabiskan gaji bulanan seorang perempuan. Bahkan tak jarang gaji yang habis di pertengahan bulan karena berbelanja kosmetik secara berlebihan turut membuat kaum hawa ini menyesal tiada akhir.

Promo Terbaru di Bareksa

Biasanya, kualitas kosmetik nomor wahid bisa memberikan nilai percaya diri yang lebih tinggi tetapi pasti harganya relatif mahal. Jika harga kosmetik saja nyaris mencapai 40 persen dari penghasilan, apakah Anda yakin akan tetap membelinya?

Berikut adalah cara belanja kosmetik dengan hemat, aman, dan cerdas. Hal ini bisa kita terapkan agar kosmetik yang dibeli sebanding antara harga dan kualitas.

1. Mengutamakan kosmetik yang berlabel halal

Bila ingin berbelanja kosmetik dengan hemat, kita jangan sampai lupa memilih yang bersertifikasi halal, khususnya bagi wanita muslim. Dalam hal ini, pastikan memilih produk kecantikan dengan selalu mengutamakan label halal. Label tersebut berasal dari sertifikasi LPPOM MUI.

2. Terdapat kode BPOM yang legal

Kosmetik yang sehat dan aman harus mendapat legalitas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Depkes RI. Pastikan semua kosmetik yang kita beli terdapat label BPOM-nya.

Apabila kita merasa ragu dengan legalitas produk yang dibeli, cek saja pada situs resmi BPOM. Caranya dengan memasukkan kode registrasi produk itu dan nanti penjelasannya akan keluar pada bagian bawah halaman.

3. Jangan terbujuk rayuan iklan

Apabila kita sudah menemukan kosmetik yang cocok untuk kulit dan harganya terjangkau, buat apa mencoba yang lain. Jangan mudah terbujuk dengan rayuan iklan kosmetik.

Belum tentu kosmetik yang diiklankan itu lebih baik. Sebab, jika tidak cocok dan wajah kita menjadi jerawatan atau rusak, pastinya kita akan mengeluarkan biaya lagi untuk berobat ke dokter.

4. Rajin cek tulisan beauty blogger

Saat ini, terdapat banyak penulis blog kecantikan (beauty blogger) di Indonesia yang dapat memberikan kita informasi terkait produk kosmetik. Kita bisa mengecek ulasan produk yang mereka buat atau mengikuti akun media sosialnya untuk menilai apakah produk itu aman dan layak dicoba.

Sebagian besar merek kosmetik kerap memanfaatkan jasa beauty blogger untuk melakukan review terhadap produk baru. Biasanya, produk baru itu juga sering memberikan promo. Agar tidak ketinggalan produk kosmetik baru yang ciamik tersebut, kita harus rajin-rajin mengecek blog mereka.

5. Belanja kosmetik di toko online

Beli kosmetik di toko online juga dapat menjadi solusi berbelanja kosmetik dengan hemat. Kita bisa membandingkan harganya dengan yang dijual di mal dan biasanya lebih murah.

Ada juga vendor kosmetik yang memiliki toko fisik, tapi menyediakan toko online juga, seperti Sephora. Seringkali vendor seperti ini menyediakan diskon atau promo khusus untuk pembelian yang dilakukan melalui toko online saja.

Apabila membeli kosmetik secara online, sebaiknya pilih penjual yang terpercaya. Bahkan jika perlu kita bisa mengajak penjual untuk bertemu lalu membayar di tempat (COD/cash on delivery) dengan tetap memperhatikan setifikasinya di BPOM.

6. Menggunakan kartu kredit ketika berbelanja kosmetik di mal

Tetap ingin berbelanja kosmetik di mal walaupun harganya tidak murah? Ini bisa kita siasati dengan kartu kredit, kemudian berbelanjalah pada merchant partner kartu kredit.

Contoh promo yang diberikan kartu kredit di toko tertentu adalah diskon 10 persen dengan cicilan 0 persen selama 6 bulan. Lebih menguntungkan bukan? Variasi produknya juga beragam, jadi kita juga lebih leluasa memilih.

Jadi, sudah tahu cara membeli kosmetik dengan hemat dan aman? Tapi ingat, pastikan kosmetik yang Anda pakai aman di kulit dan ramah di kantong juga. Selamat berbelanja!

Baca artikel lainnya, silakan klik tautan berikut ini: DuitPintar.com

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,97

Up0,14%
Up3,53%
Up0,02%
Up5,80%
Up18,28%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,1

Up0,58%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,30%
Up17,22%
Up43,04%

STAR Stable Income Fund

1.917,09

Up0,55%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,32%
Up30,69%
Up60,37%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,73

Down- 0,48%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,37%
Up18,74%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,26

Down- 0,27%
Up1,73%
Up0,01%
Up2,63%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua