BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Takut Kelebihan Bagasi Saat Pelesiran? Simak Tipsnya di Sini

Bareksa07 Maret 2017
Tags:
Takut Kelebihan Bagasi Saat Pelesiran? Simak Tipsnya di Sini
ravel concept with old suitcase on wooden planks full of beach accessories. Placed on mole with sandy beach on background, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_jagcz'>jagcz / 123RF Stock Photo</a>

Terkadang oleh-oleh yang terlalu banyak bisa membuat kita terkena denda karena kelebihan bagasi pesawat

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Illustration

Duitpintar.com - Menunggu antrean check-in tiket pesawat memang membosankan, akan tapi membayar biaya kelebihan bagasi pesawat jelas akan lebih menyebalkan. Ibarat sudah menunggu lama, kita dikenakan denda pula.

Promo Terbaru di Bareksa

Walaupun biaya kelebihan bagasi pesawat tersebut tidak mahal, tetap saja akan menambah pengeluaran dalam perjalanan kita. Pasti kita pun tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Besar atau tidaknya biaya kelebihan bagasi ini juga akan bergantung dengan jarak perjalanan. Oleh karena itu, agar terhindar dari biaya ini, ada baiknya kita mencoba lakukan 7 hal ini.

1. Memakai koper yang ringan

Jangan tergoda merek atau desain koper yang keren. Ketika kita pergi ke mal untuk membeli koper, pilihlah koper yang ringan. Kalau menemukan koper dengan merek favorit tapi berat walaupun dalam keadaan kosong, sebaiknya jangan dibeli.

2. Membawa tas jinjing besar

Meski tidak bisa diseret atau didorong karena tidak ada rodanya, tas jinjing ini jauh lebih ringan daripada koper. Selain itu, ini juga bisa menjadi solusi untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat. Kita dapat menyimpan barang-barang yang ringan di dalam tas jinjing tersebut.

3. Menggunakan pakaian dengan banyak saku

Dengan menggunakan rompi atau jaket yang banyak saku, kita bisa menyimpan kamera, paspor, kacamata, atau gadget. Rompi jauh lebih efisien ketimbang membawa tas selempang kecil.

4. Membeli tiket dengan kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai

Kenapa begitu? Sebab membeli tiket dengan kartu kredit ini terdapat keuntungan ketika berpergian dengan pesawat. Kartu kredit travel biasanya menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan.

Misalnya, jika kita sering naik maskapai Garuda Indonesia, pilih saja kartu kredit Garuda Citi saja. Dengan memakai kartu kredit tersebut, kita bisa mendapat ekstra bagasi 20 kg dan layanan prioritas. Serta, ada diskon 5 persen juga untuk setiap pembelian tiket di kantor resmi atau website Garuda.

5. Membawa pakaian sesuai dengan musim di tempat yang dituju

Ada baiknya sebelum berangkat, kita sudah tahu musim di negara atau kota yang dituju. Jadi, tidak perlu repot membawa baju dengan banyak pilihan.

Misalnya saja apabila kita pergi untuk berwisata ke pantai, maka jangan bawa baju atau jaket tebal untuk cuaca dingin. Begitupun sebaliknya, kalau pergi ke tempat dingin, tidak usah bawa gaun musim panas atau celana pendek.

6. Usahakan membawa perlengkapan mandi dalam bentuk sachet

Kalau memang hanya bepergian 3 atau 4 hari, sebaiknya kita bawa saja shampo dalam kemasan sachet. Membawa shampo atau sabun dalam kemasan botol justru lebih berat dan kurang praktis.

Lagi pula, apabila kita menginap di hotel, pihak hotel juga selalu menyediakan perlengkapan mandi. Kecuali, kita berencana menginap di rumah saudara atau kawan.

7. Kirim oleh-oleh dengan pos

Sehabis pulang pelesiran, seringkali kita pulang dengan membawa buah tangan atau oleh-oleh khas dari tempat yang dikunjungi. Namun, daripada memberatkan kuota bagasi saat naik pesawat, ada baiknya oleh-oleh ini kita kirimkan saja dengan pos atau jasa pengiriman lain. Dengan begitu, kita tidak perlu repot membawa kardus oleh ke bandara. Membawa barang terlalu banyak juga terkadang membuat kita tidak nyaman.

Namun sebelum mengirim oleh-oleh, pastikan terlebih dahulu kita sudah memperhitungkan biaya kirimnya, serta perhatikan juga kapan oleh-oleh itu sampai di kota kita.

***

Itulah beberapa cara untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat. Cara ini pada intinya, membuat perjalanan kita lebih nyaman karena tidak direpotkan barang-barang yang seharusnya tidak perlu dibawa. Mulai sekarang, bawalah barang seperlunya dan coba tekan biaya perjalanan kita dengan menemukan referensi kartu kredit travel terbaik.

Baca artikel lainnya, silakan klik tautan berikut ini: DuitPintar.com

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua