BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

BRI dan Kominfo Berikan 1 Juta Domain Gratis Bagi UMKM

Bareksa02 November 2016
Tags:
BRI dan Kominfo Berikan 1 Juta Domain Gratis Bagi UMKM
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan program Palapa Ring di kantor Gubernur Sulut, Manado, Sulawesi Utara, 26 Agustus 2016 (Antara Foto/Adwit B. Pramono)

Domain gratis ini berlaku selama satu tahun dengan sasaran UMKM yang memiliki potensi penjualan online

Bareksa.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menyatakan dukungannya kepada pemerintah Indonesia dalam upaya menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Kali ini, bank spesialis kredit mikro ini mendukung Program 1 Juta Domain Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dukungan BRI tersebut pun terealisasi melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) Kominfo bertajuk Pengembangan UMKM Melalui Platform Digital, Rabu, 2 November 2016.

Dihadiri oleh Menkominfo Rudiantara dan Direktur Utama BRI Asmawi Syam, penandatanganan MoU ini bertujuan untuk mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia agar segera go online. “Sebagai bank yang fokus pada segmen UMKM, BRI mendukung program 1 Juta Domain gratis untuk UMKM yang diinisiasi oleh Kemkominfo dalam rangka peningkatan transaksi e-commerce di Indonesia,” tutur Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso.

Promo Terbaru di Bareksa

Program 1 Juta Domain Indonesia Go Online merupakan pemberian nama domain Indonesia secara gratis selama satu tahun dengan sasaran UMKM yang memiliki potensi penjualan online. Setelah mendaftar untuk mendapatkan domain gratis, para pelaku usaha UMKM akan diberikan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website.

“Program ini sangat menguntungkan bagi nasabah UMKM BRI, karena dengan memiliki website maka penjual tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, memiliki jangkauan lebih luas dan manajemen usaha yang lebih efektif sehingga akan meningkatkan daya saing serta skill digital entrepreneur untuk menghadapi bukan hanya persaingan di pasar domestik, tetapi juga di masa mendatang akan menjangkau pasar internasional,” urai Hari.

Sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan program ini, BRI telah melakukan sosialisasi internal di 12 Kantor Wilayah yang meliputi 10 provinsi di Indonesia dan terus akan melakukan sosialisasi di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Selain sosialisasi internal, BRI bersama Kemkominfo telah memberikan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website kepada nasabah BRI di Yogyakarta, Bekasi, Cianjur, Cirebon, Bandung, Banjar, Tasikmalaya dan Sukabumi.

“Di samping Program 1 Juta Domain Gratis, Bank BRI telah berkontribusi untuk pengembangan digitalisasi UMKM, di antaranya dengan peluncuran aplikasi e-UMKM dan e-Pasar,” kata Hari.

Aplikasi e-UMKM berupa iklan baris (directory) pada web BRI yang menampilkan informasi dan kategori produk UMKM yang menjadi nasabah BRI. Web tersebut berisi mitra UMKM binaan Bank BRI.

Sedangkan e-Pasar BRI yang terdapat pada Teras BRI Digital adalah marketplace/pasar online yang memberikan fasilitas dan layanan berupa update informasi mengenai harga dan stok komoditas di pasar baik tingkat lokal, regional dan nasional yang diperuntukkan bagi pedagang pasar maupun pembeli yang menjadi nasabah BRI.

Tak hanya itu, dengan e-Pasar BRI nasabah juga dapat melakukan transaksi jual beli secara online dan bahkan memajang produk UMKM-nya secara virtual menggunakan teknologi video mapping.

“Dengan percepatan digitalisasi UMKM, BRI yakin mampu mengembangkan dan memperbesar potensi UMKM Indonesia, dikarenakan pada saat ini apabila potensi UMKM hanya dijalankan dengan cara konvensional maka akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk berkembang,” pungkas Hari. (hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.770,88

Up0,60%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,21%
Up44,78%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,39

Up0,21%
Up3,42%
Up0,02%
Up5,59%
Up18,30%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,76

Down- 0,87%
Up2,76%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,27%
Up46,70%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,68

Up0,01%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,07%
Down- 2,20%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,51

Up0,52%
Up3,55%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua