Berita / Kategori / Artikel

INFOGRAFIK: Inilah Solusi Agar UKM Online Tidak Lagi Susah Dapat Kredit

Pemerintah sedang merancang program KUR khusus untuk UKM online.
• 25 Apr 2016
cover

Infografik Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait penyaluran kredit untuk UKM online. (Bareksa.com)

Bareksa.com - Hingga akhir 2015, Bukalapak dan Tokopedia masing-masing tercatat memiliki lebih dari 500 ribu merchant, sementara Elevenia sekitar 26 ribu. Sebagian besar adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Besarnya minat UMKM di Indonesia untuk berjualan secara online ini diproyeksi akan mendorong kontribusi penjualan ritel online terhadap seluruh transaksi ritel melonjak menjadi 7,8 persen di tahun 2020, dibandingkan 0,6 persen di tahun 2015.

Sayangnya, pesatnya perkembangan bisnis online ini belum diiringi oleh kemudahan pendanaan. Model bisnis yang berbeda dengan UKM konvensional, saat ini cukup menyulitkan UKM online memperoleh pinjaman bank. Untuk itu, pemerintah tengah mempersiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk UKM yang berjualan online. Tujuannya adalah untuk memecahkan berbagai kendala yang selama ini dihadapi, antara lain persyaratan jaminan aset dan penilaian kredit yang cenderung tidak ramah bisnis online.

Dalam skema baru ini, mekanisme KUR akan disesuaikan sehingga dapat mengakomodasi model bisnis online. Langkah pertama adalah merevisi tata cara penilaian risiko, termasuk penilaian kredit yang sesuai dengan bisnis online, persyaratan dokumen dan ketentuan pinjaman. Kedua, optimalisasi penyaluran kredit dengan pemberian insentif kepada penyalur KUR UKM online dan meningkatkan inklusi keuangan. (kd)

Tags: