Berita / Kategori / Artikel

INFOGRAFIK - Deloitte: Mendorong UKM Online, Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 7%

Survei dilakukan terhadap 437 UKM pada tahun 2015. Ada lima area yang direkomendasikan digarap pemerintah.
• 25 Apr 2016
cover

Infografik Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait UKM online yang dapat berpotensi mendorong laju ekonomi menjadi 7%. (Bareksa.com)

Bareksa.com - Pengembangan teknologi digital dan Internet untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) diproyeksikan mampu memberikan tambahan 2 persen bagi pertumbuhan ekonomi nasional, demikian laporan studi Deloitte tahun 2015. Tambahan pertumbuhan ini akan membuat ekonomi Indonesia tumbuh 7 persen dari proyeksi saat ini yang hanya berkisar 5 persen.

Survei yang dilakukan Deloitte terhadap 437 UKM menunjukkan bahwa usaha kecil dan menengah yang sudah online berhasil memperoleh pendapatan 80 persen lebih tinggi dibandingkan UKM konvensional. Potensi membuka kesempatan kerja juga 1,5 kali lebih besar, seiring dengan meningkatnya permintaan atas produk mereka. Selain itu, peningkatan akses--baik berupa pasar baru di Indonesia maupun di luar negeri--membuat produk UKM online memiliki kemungkinan 17 kali lebih inovatif dibandingkan yang konvensional.

Agar potensi itu dapat diraih, Deloitte merekomendasikan agar pemerintah melakukan sejumlah langkah di lima area. Pertama, meningkatkan akses pitalebar (broadband)Kedua, pemerintah perlu membantu UKM bertransformasi menjadi bisnis digital. Ketiga, pemerintah perlu membantu memperluas akses pembiayaanKeempat, memperluas layanan e-government. Dan yang terakhir, kelima, peningkatan akses UKM terhadap sistem pembayaran elektronik untuk memudahkan transaksi e-commerce. (kd)

 

Tags: