Pinjam Uang dengan Jaminan KTP dan KK di Bank, Bisa?

Ada sejumlah bank yang menawarkan produk pinjam uang dengan jaminan KTP dan KK saja.
Bareksa • 19 Aug 2015
cover

Ilustrasi Pinjaman dengan KTP dan KK - (Duitpintar.com)

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Duitpintar.com - Sepertinya ini menjadi pertanyaan bagi masyarakat yang berniat pinjam uang di bank, tapi hanya bermodal Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kira-kira begini pertanyaannya: “Dapatkah saya meminjam uang untuk modal usaha, tapi hanya punya kartu keluarga dan KTP?”

Pertanyaan itu terlontar dari kebanyakan orang yang terbentur dengan masalah persyaratan maupun jaminan. Bingung meyakinkan pihak lain kalau niat meminjam dana itu disertai hati yang jujur dan niat untuk mengembalikan.

Di sisi lain, orang Indonesia punya karakter mencari pinjaman yang praktis tanpa susah-susah melengkapi persyaratan. Situasi inilah yang sebenarnya membuat praktik rentenir atau lintah darat tumbuh subur.

Sebagian dari mereka tak peduli pinjaman dari rentenir jelas-jelas mencekik leher karena bunganya tinggi. Mereka hanya ingin dapat pinjaman cepat tanpa proses yang berbelit-belit. [Baca: Jangan keburu nafsu cairkan KTA]

Padahal kalau mau dicerna lebih jauh, tak sulit mengajukan pinjaman ke bank. Asal paham dulu aturan mainnya.

Di bawah ini ada beberapa produk pinjaman dari bank yang menyasar pengusaha usaha kecil menengah (UKM) dan cukup dengan modal KTP. Namun, ada beberapa persyaratan tambahan yang mesti diperhatikan.

1. Solusi Modal dari Bank Danamon

Ini produk pinjaman dari Danamon Simpan Pinjam. Sasarannya mereka yang punya usaha sendiri, terutama para pengecer atau retailer. Nilai pinjamannya maksimal Rp 50 juta.

Perlu diketahui, produk ini hadir setelah Danamon menggelar survei terhadap 1.000 pengusaha mikro di 8 kota besar di Indonesia. Survei itu mengungkapkan keluhan dari mereka terhadap rumitnya persyaratan dan proses mengajukan pinjaman.

Selain itu, keluhan lainnya adalah sulitnya meluangkan waktu ke bank karena harus menunggu kios atau tokonya. Bagi mereka waktu adalah uang.

Itulah kenapa Solusi Modal didesain sebagai produk pinjaman yang prosesnya simpel, mudah, dan cepat. Yang tak kalah penting, Danamon menerapkan sistem jemput bola di mana bank yang mendatangi tempat usaha mereka.

Itulah kenapa Danamon mengenalkan layanan Mobil DSP (Danamon Simpan Pinjam). Mobil DSP ialah suatu unit layanan perbankan keliling dalam bentuk kendaraan yang dilengkapi oleh produk dan layanan perbankan seperti pembukaan rekening dan pengajuan pinjaman.

Di sini letak kelebihannya di mana calon nasabah bisa mengundang bank datang ke tempat usahanya. Dengan cara ini masing-masing diuntungkan.

Pertama, dengan aktif mendatangi tempat usaha, secara langsung bank dapat mensurvei kelayakan calon peminjam. Bisa diukur dari kapasitas bisnis dan melihat langsung lokasi usahanya.

Jika oke, calon nasabah hanya diminta syarat KTP dan KK sebagai bagian dari prosedur.  Kedua, calon nasabah bisa berkonsultasi secara langsung dan leluasa dengan petugas bank.

Catatan: Walau dokumen persyaratan nampak mudah, tapi harus punya usaha yang sudah jalan terlebih dahulu.

2. Bebas dari BTPN

Produk pinjaman tanpa jaminan ini juga menyasar sektor usaha kecil. Plafon maksimalnya Rp50 juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 24 bulan.

Asyiknya, mengajukan pinjaman ini tak sekadar dapat uang tapi juga ilmu. Pasalnya, Bank BTPN menawarkan kesempatan nasabahnya mendapat pelatihan dalam mengelola bisnis agar makin berkembang. Pelatihan itu disebut Program Daya.

Kelebihan tambahan lainnya produk ini sudah disertai manfaat asuransi jiwa. Artinya, nasabah akan terbebaskan dari cicilan angsuran jika di tengah jalan masa kredit nasabah meninggal dunia.

Cuma ada satu catatan yang harus digarisbawahi, BTPN hanya bersedia mencairkan pinjaman Bebas kepada nasabah yang sudah menjalankan usahanya minimal dua tahun.

Dengan begini, butuh lebih dari sekadar syarat KTP dan KK saja. Pasalnya, calon nasabah harus bisa menunjukkan usahanya sudah berjalan dua tahun. Selain itu, calon nasabah juga harus mendatangi kantor BTPN untuk mengurus pinjaman ini.

Perhatikan juga besaran biaya-biaya yang timbul jika kredit disetujui. Apa saja biaya itu?

– Biaya provisi sebesar 3% dari plafon kredit yang disetujui

– Adanya denda telat membayar angsuran minimal 4% perbulan.

– Biaya pelunasan dipercepat yang besarannya tiga kali dari angsuran bulanan

3. Skema Subsidi Resi Gudang (BJB SSRG)

Produk ini cocok bagi yang usahanya berhubungan dengan hasil bumi. Pasalnya, kredit yang dapat subsidi dari pemerintah ini mensyaratkan punya jaminan Resi Gudang sebagai tambahan di luar KTP dan KK.

Jaminan Resi Gudang diberikan bank adalah dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang yang diterbitkan pengelola gudang. Jadi, komoditas yang disimpan di gudang seperti hasil bumi dijadikan jaminan dari kredit ini.

Atas dasar itulah, plafon kredit yang disetujui maksimal 70 persen dari nilai Resi Gudang atau nilai komoditas yang disimpan di gudang. Meski begitu, Bank Jabar Banten (BJB) mematok besaran maksimal kredit hanya Rp75 juta dan jangka waktu kredit ini dibatasi hanya 6 bulan.

Kelebihannya dari produk kredit ini tidak dikenai biaya apapun alias tidak ada biaya administrasi, biaya provisi dan biaya komitmen.

Itulah beberapa produk pinjaman dari bank yang menyasar pengusaha UKM. Dari ketiga produk itu, hanya Solusi Modal yang paling simpel karena hanya modal KTP dan KK saja. Bahkan, calon nasabah didatangi petugas bank.

Sebelum bertemu petugas bank, ada baiknya Anda tahu faktor apa saja yang menyebabkan bank menolak pengajuan pinjaman. Faktor-faktor tersebut adalah:

• Baru sekadar niat punya usaha
• Usaha baru beroperasi kurang dari setahun
• Hasil usaha tak bisa menutupi cicilan kredit
• Punya utang yang lebih besar ketimbang pendapatan usaha
• Tak ada catatan keuangan
• Tak punya rekening di bank
• Punya tunggakan kredit konsumsi
• Identitas palsu

Jika ternyata gagal mendapat modal, apa yang harus dilakukan?

Kalau masih gagal? Jangan putus asa. Coba bujuk kerabat yang merupakan pegawai tetap di suatu perusahaan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Istilahnya, ‘pinjam nama’.

Sepanjang kerabat yang dipilih itu memenuhi syarat gaji dan tidak pernah ada sejarah kredit macet, niscaya KTA atau pinjam uang dengan jaminan KTP yang dimohon atas nama dia dapat dikabulkan.

Dana tersebut pun diberikan pada Anda. Nanti Anda akan mencicil tiap bulan ke dia untuk diteruskan ke bank.

Kalau ternyata susah untuk mencari keluarga yang mau dipinjam namanya, berarti mungkin Anda tidak meyakinkan dalam hal layak dipinjami. Kalau pun ada yang mau meminjami Anda, pastikan bukan lintah darat ya!

Dari situ, Anda pun dapat belajar kenapa bank-bank harus mempunyai prosedur dan syarat yang rumit. Istilahnya, orang terdekat saja belum tentu mau meminjamkan uang, apalagi bank yang tidak kenal dengan Anda?

Syarat-syarat dan ketentuan yang dimiliki bank untuk memberi pinjaman ke Anda itu bukan sembarangan. Bank juga harus yakin pinjaman itu akan dikembalikan.

***

Baca juga :

Saking Ingin KTA Cepat Cair dan Prosesnya Gampang, Jadi Kejebak Lintah Darat

Asuransi Kredit Tanpa Agunan Ada Supaya Anda Bisa Tenang Saat Pinjam Dana Ke Bank

Cara Membatalkan KTA Buat yang Sudah Terlanjur Mengajukan Aplikasi, Tapi Berubah Pikiran