BeritaArrow iconBareksa InsightArrow iconArtikel

Bareksa Insight: Harga Obligasi Negara Lesu? Ini Rekomendasi Investasi Solusinya!

Hanum Kusuma Dewi28 Agustus 2023
Tags:
Bareksa Insight: Harga Obligasi Negara Lesu? Ini Rekomendasi Investasi Solusinya!
Ilustrasi harga obligasi negara yang dapat naik dan turun sesuai dengan permintaan pasar dan kondisi ekonomi. (Shutterstock)

Reksadana berbasis obligasi korporasi dan Sukuk Ritel SR019 bisa menjadi pilihan investor

Bareksa.com - Tim Analis Bareksa melihat sejumlah hal menjadi penggerak pasar dalam sepekan terakhir dan rekomendasi produk untuk pilihan investor, sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan masing-masing:

1. Pekan lalu, yield SBN acuan 10 tahun mengalami lonjakan tajam ke level 6,7% dari 6,4% di pekan sebelumnya. Kenaikan diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti: defisit neraca berjalan Indonesia sebesar US$1,9 miliar di kuartal II dari sebelumnya surplus US$3 miliar di kuartal I dan kenaikan yield 10 tahun obligasi negara AS ke 4,3%, tertinggi sejak 2007.

Baca juga Bareksa Insight : Yield Surat Utang AS Rekor, Amankan Investasi di Reksadana Obligasi Korporasi

Promo Terbaru di Bareksa

2. Jika melihat grafik berikut, yield SBN acuan 10 tahun sepanjang 2023 sempat menyentuh level tertinggi di sekitar 7%. Jika dibandingkan dari level saat ini sekitar 6,6-6,7% maka masih ada potensi naik lagi secara teknikal. Selain itu, Tim Analis Bareksa juga menilai harga obligasi negara diproyeksikan bakal berfluktuasi tinggi.

Grafik Yield Obligasi Negara Tenor 10 Tahun

Illustration

Sumber: CNBC Indonesia, data per 22 Agustus 2023

3. Namun, investor tidak perlu khawatir karena di tengah penurunan tersebut, masih ada beberapa reksa dana obligasi korporasi yang punya potensi menarik serta imbal hasil stabil seperti Capital Fixed Income Fund, Trimegah Fixed Income Plan, dan STAR Stable Income Fund.

Beli Capital Fixed Income Fund

Beli Trimegah Fixed Income Plan

Tabel Kinerja Reksadana Berbasis Obligasi Korporasi

Reksadana Obligasi Korporasi

Return (Pertumbuhan)

1 Bulan

3 Bulan

YTD

1 Tahun

Capital Fixed Income Fund

0,57%

1,47%

5,07%

6,10%

Trimegah Fixed Income Plan

0,45%

1,53%

4,18%

6,17%

STAR Stable Income Fund

0,49%

1,58%

4,96%

7,21%

Sumber: Tim Analis Bareksa, data per 22 Agustus 2023

Seperti terlihat dalam tabel, reksa dana obligasi korporasi masih sanggup mencatatkan kinerja positif dalam 1 bulan dan 3 bulan terakhir di saat harga SBN terkoreksi.

Beli STAR Stable Income Fund

4. Selain itu, investor dapat menantikan penerbitan SR019 yang akan mulai ditawarkan Pemerintah pada tanggal 1-20 September 2023. Jika yield acuan masih tinggi seperti saat ini, maka ada potensi kupon SR019 juga bisa lebih tinggi dibandingkan seri SBN Ritel periode sebelumnya.

Baca juga Bareksa Insight : Begini Prediksi Imbal Hasil SBN Ritel SR019

Daftar untuk Beli SBN Ritel di Sini

(Sigma Kinasih/Ariyanto Dipo Sucahyo/Christian Halim/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Ingin investasi sekaligus membantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua