Berita / SBN / Artikel

Kabar Baik Nih Buat Pasukan SBN Ritel, Begini Rencana Penerbitan di 2023

Abdul Malik • 12 Oct 2022

an image
Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena telah berinvestasi di ORI022. (shutterstock)

Secara umum SBN Ritel dibagi menjadi dua yaitu Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)

Bareksa.com - Ada kabar baik nih buat para pejuang cuan yang menjadikan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel sebagai salah satu instrumen investasi pilihannya. Sebab instrumen investasi yang aman dan menguntungkan ini bisa terbit tahun depan, dengan jumlah seri seperti tahun ini.

Saat ini pemerintah sedang menawarkan SBN Ritel kelima yang diterbitkan tahun ini, yakni Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022. Setelah ORI022, pemerintah masih memiliki rencana untuk menerbitkan Sukuk Tabungan (ST) seri ST009.

Jadwal Penawaran seri SBN Ritel 2022 (Tentatif)

Seri SBN Ritel
Masa Penawaran (Tentatif)

Obligasi Negara Ritel ORI021

24 Januari - 17 Februari 2022

Sukuk Negara Ritel SR016

25 Februari - 17 Maret 2022

Savings Bond Ritel SBR011

25 Mei - 16 Juni 2022

Sukuk Negara Ritel SR017

19 Agustus - 14 September 2022

Obligasi Negara Ritel ORI022

26 September - 20 Oktober 2022

Sukuk Tabungan ST009

28 Oktober - 16 November 2022*

Sumber: DJPPR Kementerian Keuangan, rencananya akan diundur mulai November

Secara umum SBN Ritel dibagi menjadi dua yaitu Surat Utang Negara (SUN) yang dikelola secara konvensional dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang menggunakan prinsip Syariah. Jenis SUN Ritel ada dua, yaitu ORI dan Savings Bond Ritel (SBR), sedangkan SBSN Ritel terdiri dari Sukuk Ritel (SR) dan Sukuk Tabungan (ST).

Sumber: DJPPR Kementerian Keuangan

Antonius Dyan Nugrahanto Aji, Kepala Seksi Pendalaman Pasar dan Perluasan Berbasis Investor SUN Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mengatakan tiap tahun pemerintah menerbitkan 6 seri SBN Ritel, yang terdiri dari SBN Rotel jenis konvensional yakni Surat Utang Negara (SUN) Ritel 3 seri yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) 2 seri, Savings Bond Ritel (SBR) 1 seri, serta SBN Ritel jenis syariah atau SBSN yaitu Sukuk Tabungan (ST) 1 seri dan Sukuk Negara Ritel (SR) 2 seri.

Menurut dia, jadwal terakhir penerbitan SBN Ritel tahun ini yakni ST009 rencana awalnya pada akhir Oktober, kemudian diundur pada November 2022 yang merupakan instrumen SBN dengan kupon mengambang dengan batas minimal (floating with floor) dan fitur non tradable tenor 2 tahun.

"Ini pilihan instrumen investor Bareksa, silahkan mau yang tradable atau non tradable, 2 hingga 3 tahun. Masih ada ORI dengan fitur tradable dan kupon 5,95%, atau ada lagi ST009 untuk tenor 2 tahun," kata Antonius dalam acara Webinar Bareksa X DJPPR Kemenkeu "Strategi Investasi Melawan Inflasi", pada Kamis malam pekan lalu (6/10/2022).

Lalu bagaimana penerbitan SBN Ritel tahun depan? Apakah pemerintah akan kembali menerbitkan SBN Ritel? "Harapannya tahun depan tetap sama, ada 6 seri SBN Ritel, dan ada harapan bertambah kuota penjualan agar semakin banyak warga negara menikmati investasi di instrumen yang aman, nyaman dan menguntungkan yakni SBN ritel," kata Antonius.

Dengan menambah kuota, ia melanjutkan maka akan semakin besar kesempatan bagi investor, termasuk investor ritel baru untuk berinvestasi di SBN Ritel.

Tujuan Penerbitan SBN Ritel

Melansir sejumlah sumber, tujuan pemerintah menerbitkan SBN Ritel antara lain:

Pertama, salah satu sumber pembiayaan Anggaran pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Kedua
, alternatif investasi bagi investor ritel termasuk yang ingin melakukan diversifikasi portofolionya.
Ketiga
, memperluas basis investor di dalam negeri.
Keempat
, mendukung stabilitas pasar keuangan domestik.
Kelima
, mendukung terwujudnya masyarakat yang berorientasi pada investasi jangka menengah dan panjang.
Keenam
, mewujudkan cita-cita kemandirian dalam pembiayaan pembangunan.

Ayo semangat investasi sekaligus bantu negara dengan beli ORI022 dan  SBN Ritel seri lainnya di Bareksa!

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.