BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Principal AM Tambah Jumlah Yayasan di Reksadana Philanthropy Social Impact

25 November 2019
Tags:
Principal AM Tambah Jumlah Yayasan di Reksadana Philanthropy Social Impact
Chief Executive Officer PT Principal Asset Management Agung Budiono berbincang dengan wartawan di Jakarta, Rabu (30/10/2019). (Issa A/Bareksa)

Saat ini yayasan penerima dari imbal hasil fund tersebut sudah bertambah menjadi 7 yayasan

Bareksa.com - PT Principal Asset Management (Principal) semakin serius menggarap produk reksadana yang membantu pencapaian target Sustainable Development Goals (SDG) di Indonesia. Bentuk komitmen Principal adalah dengan diluncurkannya Principal Philanthropy Social Impact Bond Fund pada pertengahan tahun ini.

Menurut Chief Executive Officer Principal Agung Budiono, sejak diluncurkan, Principal Philanthropy Social Impact Bond Fund mendapat tanggapan positif dari para nasabah dan regulator. Saat ini yayasan penerima dari imbal hasil fund tersebut sudah bertambah menjadi 7 yayasan, dan berkontribusi dalam pencapaian SDGs.

"Salah satunya adalah Save the Children, organisasi internasional yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan anak-anak melalui pendidikan yang lebih baik, peningkatan kesehatan, dan peluang ekonomi," ujar Agung di Jakarta, Senin, 25 November 2019.

Promo Terbaru di Bareksa

Agung menyatakan guna memastikan sosialisasi dan partisipasi retail market untuk fund ini, Principal merasa perlu bekerja sama dengan perusahaan sekuritas Indo Premier, sebagai channel distribusi.

“Kerja sama ini adalah bentuk komitmen kedua perusahaan untuk memberi kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam impact investing,” kata Agung.

Nasabah modern, utamanya kaum milenial, kata Agus, ialah customer yang lebih smart, dan memiliki perhatian lebih dalam hal impact dan sustainability, dan sangat perhatian terhadap tanggung jawab sosial.

“Kami memilih Save the Children sebagai salah satu penerima donasi dari imbal hasil, dikarenakan buat kami inilah organisasi pertama penerima donasi yang peduli kepada anak-anak,” tandasnya.

Saatnya kaum milenial berinvestasi sambil berdonasi dengan Principal Philanthropy Social Impact Bond Fund, karena semuanya sudah dilakukan secara online dan Straight Through Processing (STP).

Saat ini Principal memiliki dana kelolaan Rp10 trilliun (per Oktober 2019), dan telah lebih dari 20 tahun dipercaya mengelola dana nasabah. Principal Philanthropy Social Impact Bond Fund (PPSIBF) ialah produk reksadana pendapatan tetap yang memiliki tujuan untuk menciptakan dampak sosial yang positif melalui dukungan ke berbagai proyek kemanusiaan.

Pengembalian investasi reksadana ini akan didonasikan ke yayasan sosial terpilih yang memiliki misi untuk mewujudkan SDGs yang telah ditetapkan oleh PBB. Saat ini 7 Yayasan yang dipilih sebagai penerima donasi yaitu Save the Children, doctorSHARE, TORAJAMELO, Difa Sukses Mandiri, Rachel House, Roslin Orphanage, dan Habitat for Humanity.

Reksadana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Selain itu, reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Sementara reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang minimal 80 persen dana kelolaannya diinvestasikan ke instrumen obligasi dan pasar uang. Reksadana jenis ini cocok untuk Anda yang memiliki profil risiko rendah-moderat serta cocok untuk tujuan jangka waktu menengah antara 1 hingga 3 tahun.

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua