Sentimen Pemilu 1 Putaran dan Kelanjutan IKN Dongkrak Saham BUMN Melesat hingga 25%

Abdul Malik • 15 Feb 2024

an image
Progres pembangunan IKN Nusantara. (Shutterstock)

Beberapa saham BUMN seperti PPRE bahkan terbang hingga 25%, kemudian PTPP ditutup meroket 24,44%, serta ADHI dan WTON masing-masing melonjak 20,55% dan 20,59%

Bareksa.com - Akibat sentimen pemilihan umum (Pemilu) satu putaran dan kelanjutan pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara mendorong mayoritas saham badan usaha milik negara (BUMN) melesat hari ini, Kamis (15/2). Kenaikan itu dipimpin saham PTPP dan ADHI yang sempat menyentuh auto rejection atas (ARA). 

Saham lain yang terkait dengan pembangunan IKN seperti KRAS juga naik di atas 10% pada sesi I perdagangan hari ini. IDXBUMN20 mencatatkan kenaikan lebih dari 3% hingga perdagangan sesi kedua hari ini. Kenaikan itu berlanjut hingga ke sesi II. 

Melesatnya saham-saham BUMN didorong sentimen unggulnya pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, yakni pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di versi hitung cepat (quick count) Pemilu 2024 oleh mayoritas lembaga survei. Dengan perolehan suara jauh di atas 50%, maka Pemilu berpotensi dilaksanakan dalam 1 putaran. 

Beli Saham di Sini

Jika nantinya hasil perhitungan real count oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengonfirmasi hasil quick count, maka Prabowo - Gibran akan resmi jadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode berikutnya. Hari puncak Pemilu 2024 atau hari pemungutan suara pada Rabu (14/2) kemarin. 

Prabowo - Gibran sebelumnya berjanji akan melanjutkan program-program Presiden Joko Widodo, di antaranya pembangunan IKN. Sentimen potensi kemenangan paslon nomor urut 2 itu di Pemilu, maka bisa jadi angin segar bagi kinerja BUMN karya, termasuk harga sahamnya. Indeks saham IDX BUMN20 ditutup naik 2,16% menjadi 446,9 pada Kamis sore (15/2). 

Adapun pada penutupan Kamis (15/2), beberapa saham BUMN seperti PPRE bahkan terbang hingga 25%, kemudian PTPP ditutup meroket 24,44%, serta ADHI dan WTON masing-masing melonjak 20,55% dan 20,59%. 

Beli Saham di Sini

Kinerja Saham BUMN pada Kamis (15/2)

Emiten dan Kode Saham

Harga penutupan

Perubahan

PP (Persero) Tbk (PTPP)

560

24,44%

Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI)

352

20,55%

Wijaya Karya Beton Tbk (WTON)

123

20,59%

Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE)

88

15,79%

PP Presisi Tbk (PPRE)

100

25%

Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP)

54

8%

Krakatau Steel Tbk (KRAS)

157

12,95%

Sumber : BEI

Beli Saham di Sini

(Ariyanto Dipo Sucahyo/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.