Daftar 5 Reksadana Pendapatan Tetap Juara Dana Kelolaan Agustus 2021

Abdul Malik • 16 Sep 2021

an image
Ilustrasi investasi reksadana pendapatan tetap. (Shutterstock)

Danamas Stabil menempati posisi pertama, sementara Sucorinvest Stable Fund tumbuh tertinggi

Bareksa.com - Reksadana pendapatan tetap sepanjang tahun berjalan/YtD kembali tumbuh positif pada bulan lalu baik dari dana kelolaan atau asset under management (AUM) maupun unit penyertaan.

Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report August 2021, yang mengolah data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan secara year to date atau sepanjang tahun berjalan/YtD, dana kelolaan reksadana pendapatan tetap tumbuh 8 persen. Secara tahunan/YoY dan bulanan/MoM, dana kelolaan reksadana pendapatan tetap pada Juli 2021 masing-masing tumbuh 25 persen dan 1 persen.

Dana kelolaan reksadana pendapatan tetap pada Agustus 2021, tercatat Rp151,5 triliun. Sebelumnya pada Juli dan Juni 2021, masing-masing tercatat Rp150,1 triliun dan Rp145,69 triliun.

Pertumbuhan dana kelolaan reksadana pendapatan tetap pada bulan lalu, selaras dengan tumbuhnya jumlah unit penyertaan. Pada bulan lalu, unit penyertaan reksadana pendapatan tetap tercatat naik 10 persen.

Secara tahunan/YoY dan bulanan/MoM, unit penyertaan reksadana pendapatan tetap pada Agustus 2021 masing-masing tumbuh 20 persen dan 1 persen.

Unit penyertaan reksadana pendapatan tetap bulan lalu 91,43 miliar unit. Sebelumnya pada Juli dan Juni 2021 masing-masing tumbuh jadi 90,9 miliar unit dan 88,4 miliar unit.

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report August 2021

Reksadana pendapatan tetap adalah suatu portofolio investasi yang berisi surat utang (obligasi) dan produk pasar uang. Portofolio reksadana pendapatan tetap harus terdiri dari surat utang minimal 80 persen dari portofolionya dan sisanya adalah produk pasar uang.

Top 5 Produk Reksadana Pendapatan Tetap dengan Kelolaan Terbesar

Apa saja produk reksadana pendapatan tetap yang membukukan kelolaan terbesar pada Agustus 2021? Berikut posisi 5 besar reksadana pendapatan tetap berdasarkan dana kelolaan pada Agustus 2021 :

1. Danamas Stabil

Danamas Stabil yang diterbitkan Sinarmas Asset Management menempati posisi pertama produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan terbesar pada bulan lalu, yakni Rp9,17 triliun. Kelolaan Danamas Stabil tumbuh 12 persen secara YtD.

2. Manulife Pendapatan Bulanan II

Posisi kedua ditempati reksadana Manulife Pendapatan Bulanan II dengan kelolaan Rp8,68 triliun. Salah satu produk reksadana pendapatan tetap dari Manulife ini tumbuh 114 persen secara YtD.

3. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas B

Sementara itu Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas B berada di posisi ketiga dengan kelolaan Rp5,94 triliun. Kelolaan Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas B tumbuh 1 persen secara bulanan/MoM.

4. Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara

Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara ada di posisi ke-4 produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan terbesar, yaitu Rp4,22 triliun. Kelolaan Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara tumbuh secara YtD dan MoM, masing-masing 18 persen dan 5 persen.

5. Manulife Dana Tetap Utama

Manulife Dana Tetap Utama menempati posisi ke-5 produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan terbesar pada bulan lalu. Kelolaan Manulife Dana Tetap Utama tercatat Rp3,8 triliun, tumbuh 3 persen secara YtD dan 1 persen secara bulanan.

Di sisi lain secara tahun berjalan/YtD dan bulanan/MoM, produk reksadana pendapatan tetap yang kelolaannya tumbuh paling besar adalah Sucorinvest Stable Fund, yakni masing-masing 1.910 persen dan 27 persen. Kelolaan Sucorinvest Stable Fund pada bulan lalu tercatat Rp2,67 triliun.

Daftar 20 produk reksadana pendapatan tetap kelolaan terbesar Agustus 2021 :

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report August 2021

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report August 2021. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi marketing@bareksa.com (cc: data@bareksa.com).

(Martina Priyanti/Tim Data/AM)

​***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.