Berita / SBN / Artikel

Obligasi Negara ORI018 Cocok Jadi Investasi untuk Pemula, Ini Alasannya

Hanum Kusuma Dewi • 30 Sep 2020

an image
Ilustrasi investor pria sedang tersenyum memikirkan hasil investasi

Minimal investasi di ORI018 hanya dari Rp1 juta saja

Bareksa.com - Pemerintah akan kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) untuk investor individu, jenisnya Obligasi Negara Ritel seri ORI018. Instrumen investasi ini cocok untuk pemula atau masyarakat awam yang baru mengenal investasi. 

ORI018 adalah surat utang negara dengan jangka waktu 3 tahun yang bisa diperdagangkan (tradable). ORI018 bisa dipesan pada masa penawaran 1-21 Oktober 2020 secara online di sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa. 

Philip Mulyana, penasihat keuangan independen, menjelaskan bahwa Obligasi Negara ORI018 memiliki beberapa karakter yang cocok untuk investor pemula. 

1. Modal Terjangkau

Minimal investasi di ORI018 hanya dari Rp1 juta saja, untuk membeli 1 unit. Tentu saja ini lebih rendah bila dibandingkan dengan deposito bank yang saldo minimalnya Rp10 juta. 

2. Likuid

Meskipun jangka waktu ORI018 sampai 3 tahun, investor bisa menjualnya di pasar sekunder setelah menerima kupon pertama 15 Desember 2020. Maka, ORI018 masuk dalam kriteria investasi yang mudah dicairkan (likuid). 

"ORI018 bisa dijadikan dana darurat karena sifatnya tradable," ujar Philip dalam bincang IG Live bersama DJPPR Kementerian Keuangan. 

3. Keuntungan Pasti

ORI018 menawarkan kupon sebesar 5,7 persen per tahun, yang dibayar secara bulanan. Tingkat kupon ini fixed alias tidak berubah meski suku bunga acuan bisa naik atau turun. 

4. Dijamin Negara

ORI018 adalah salah satu Surat Utang Negara yang dijamin oleh Undang-undang, sehingga baik pembayaran pokok maupun kuponnya sudah dianggarkan oleh negara. 

5. Serba Online

Pendaftaran dan pemesanan ORI018 bisa dilakukan sepenuhnya secara online, sehingga tidak perlu repot pergi dan mengantri di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti ini. Syarat pendaftaran hanya butuh e-KTP dan NPWP (opsional). 

6. Bantu Negara

Selain berinvestasi, kita bisa ikut membantu negara dengan membeli ORI018. Sebab, dana hasil penerbitan ORI018 ini akan digunakan pemerintah untuk membiayai anggaran, terutama program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi virus corona Covid-19. 

Di saat negara mengalami kesulitan penerimaan pajak dan belanja yang semakin besar, pembiayaan seperti surat berharga negara sangat dibutuhkan. Dana ini akan berguna untuk membantu masyarakat dan pembangunan jangka panjang. 

Tidak hanya itu. Philip menilai bahwa ORI018 bisa membantu masyarakat atau investor pemula untuk melakukan kebiasaan (habit) berinvestasi. "Investasi tidak hanya soal return (keuntungan). Dalam kondisi ini, menurut saya yang penting adalah membangun habit daripada melihat return," ujarnya. 

Karena itu, di saat ketidakpastian ini, ORI018 sebagai investasi yang aman dan memberikan kupon tetap bisa menjadi pilihan menarik. "Di saat kondisi ketidakpastian ini, ada yang menawarkan investasi pasti, kenapa tidak ambil?" kata Philip. 

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemesanan ORI018 di Bareksa hanya bisa dilakukan pada masa penawaran 1-21 Oktober 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.