Top 5 Reksadana Pasar Uang Terbesar Juni 2022, Kelolaan hingga Rp12,3 Triliun

Hanum Kusuma Dewi • 12 Jul 2022

an image
Ilustrasi top 5 manajer investasi dengan dana kelolaan terbesar reksadana di Indonesia.

Mandiri Investa Pasar Uang dan Sucorinvest Money Market Fund bertahan di posisi pertama dan kedua dana kelolaan terbesar

Bareksa.com - Reksadana pasar uang banyak direkomendasikan untuk dimiliki oleh investor pemula, maupun bagi yang sedang mencari instrumen investasi stabil dan risikonya rendah. Di antara banyaknya produk, reksadana pasar uang yang mana bisa dipilih?

Investor pemula reksadana, perlu diketahui bahwa besaran dana kelolaan bisa menjadi satu gambaran yang mencerminkan kepercayaan investor untuk menaruh dana mereka dalam produk reksadana tersebut.

Baca juga Ini Top 10 Reksadana Paling Laris Manis Diserbu Investor di Semester I 2022

Nah, menurut Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report June 2022 yang mengolah data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut top 5 produk reksadana pasar uang yang membukukan dana kelolaan terbesar per Juni 2022 :

1. Mandiri Investa Pasar Uang

Produk reksadana pasar uang terbesar dari segi dana kelolaan pada bulan lalu, masih ditempati Mandiri Investa Pasar Uang. Pada akhir Juni 2022, dana kelolaan salah satu produk dari Mandiri Manajemen Investasi (MMI) ini mencapai Rp12,27 triliun.

2. Sucorinvest Money Market Fund

Selanjutnya ada Sucorinvest Money Market Fund yang menempati posisi kedua. Dana kelolaan Sucorinvest Money Market Fund pada bulan lalu Rp10,81 triliun, tumbuh 41 persen sepanjang tahun berjalan.

3. Batavia Dana Kas Maxima

Reksadana pasar uang Batavia Dana Kas Maxima juga tercatat bertahan di posisi 3 dengan dana kelolaan Rp8,88 triliun.

4. Syailendra Dana Kas

Reksadana pasar uang Syailendra Dana Kas berhasil naik satu peringkat jadi menempati posisi ke-4 pada bulan lalu. Dana kelolaan Syailendra Dana Kas pada bulan lalu tercatat Rp5,22 triliun, tumbuh 46 persen sepanjang tahun berjalan/YTD.

5. Bahana Dana Likuid

Sementara Bahana Dana Likuid jadi menempati posisi ke-5 dengan kelolaan Rp5,18 triliun pada akhir bulan lalu.

Sebagai informasi, kelima reksadana pasar uang terbesar nasional dalam daftar Top 5 ini tersedia dan dapat dibeli di super app Bareksa. 

Baca juga Bareksa Insight: Tahan Banting, Reksadana Ini Cuan 31 Persen di Tengah Isu Global

Daftar 20 Reksadana Pasar Uang dengan Kelolaan Terbesar Juni 2022

Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report June 2022

Reksadana Pasar Uang adalah

Reksadana pasar uang adalah reksadana yang menempatkan portofolionya ke dalam instrumen pasar uang seperti deposito, surat berharga atau surat utang dengan jatuh tempo kurang dari setahun. Reksadana pasar uang cocok untuk investor dengan profil risiko rendah dan untuk investasi jangka pendek.

Data dalam artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report June 2022. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi marketing@bareksa.com (cc: data@bareksa.com).

Baca juga Investasi Pakai Robo Advisor Bareksa, Raih Reksadana Hingga Rp50 Ribu

(Martina Priyanti/Tim Data/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.