Mirae Asset Prediksi Harga Emas akan Terus Naik Ditopang 2 Faktor, Ini Prospek Cuannya

Bareksa • 08 Feb 2023

an image
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Bank-bank sentral di dunia menambah pasokan 1.136 ton emas atau senilai sekitar US$70 miliar sepanjang 2022

Bareksa.com - Hariyanto Wijaya, Head of Investment Research Strategist Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi harga emas akan terus menguat, utamanya didukung oleh dua faktor. Yakni, pertama emas akan bernasib baik saat terjadi resesi ringan atau pra resesi. Kedua, indeks dolar Amerika Serikat (AS) yang menurun, maka emas akan jadi aset lindung nilai pilihan. 

“Dari sisi permintaan emas, bank sentral negara-negara di dunia terus memborong emas sebagai cadangan mereka untuk memastikan ketahanan ekonominya,” ungkap Hariyanto dalam laporan hariannya berjudul “Indonesia Strategy - February 2023: Among commodities, only gold glitters” (8/2/2023). 

Menurut Hariyanto, jumlah pasokan yang semakin berkurang dan permintaan emas yang semakin meningkat, seharusnya mendukung harga emas untuk terus menguat.

Harga Emas Hari ini, Rabu (8/2/2023) : 

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot 

US$1.872,77 per troy ons

Emas Treasury

Rp944.963  per gram

Emas Pegadaian

Rp954.000 per gram

Emas Antam

Rp1.028.000 per gram

*Data emas spot per pukul 10.08 WIB, Sumber : Logam Mulia, Bareksa

Dilansir Reuters (31/1/2023), bank-bank sentral di dunia menambah pasokan 1.136 ton emasatau senilai sekitar US$70 miliar ke dalam cadangan mereka sepanjang 2022. Dewan Emas Dunia (WGC) menyatakan angka pembelian ini merupakan terbesar sejak 1967. 

Bank sentral terus memborong emas karena dinilai sebagai aset yang bisa mempertahankan nilainya di masa-masa sulit, seperti kondisi resesi. Serta tidak seperti mata uang dan obligasi, emas tidak bergantung pada penerbit atau pemerintah mana pun. Emas juga memungkinkan bank sentral untuk melakukan diversifikasi dari aset seperti Obligasi Pemerintah dan dolar AS. 

"Ini merupakan kelanjutan dari sebuah tren," kata analis World Gold Council Krishan Gopaul.

Harga emas yang diprediksi akan terus naik, maka membuat prospek logam mulia bisa semakin kinclong ke depannya. Karena itu, bagi Smart Investor yang ingin berinvestasi emas jangan sampai ketinggalan untuk meraih cuan ya.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas,  Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. 

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Tertarik untuk investasi emas di Bareksa? Biar dapat cuan banyak dari investasi emas, untuk Kamu investor emas pemula, sebaiknya memastikan bahwa instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko dan untuk jangka panjang.

Ayo lanjutkan perjalanan investasi emas dan raih financial freedom bersama Bareksa.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa? 

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin