Beli ORI016 di Bareksa Bisa Bayar di Tokopedia dan Bukalapak, Ini Caranya

Bareksa • 22 Oct 2019

an image
Ilustrasi investor wanita melihat laptop sambil tersenyum bahagia senang gembira karena hasil investasi reksadana saham obligasi surat utang negara

Investor harus segera membayar dalam jangka waktu 3 jam setelah pemesanan.

Bareksa.com - Saat ini, pemerintah sedang menawarkan instrumen surat utang yang khusus untuk investor ritel berjenis Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI016, tidak hanya untuk pembiayaan anggaran tetapi juga menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam investasi yang mendukung negara. Masa penawaran produk investasi yang dijamin negara ini pada 2-24 Oktober 2019.

Kementerian Keuangan menetapkan tingkat kupon (bunga) atau imbal hasil ORI016 sebesar 6,8 persen per tahun (fixed rate) hingga jatuh tempo tiga tahun lagi (15 Oktober 2022). Seri terbaru ini adalah yang pertama dijual secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa.

Karena dijual secara online, pembayaran ORI016 pun sangat mudah bisa melalui ATM, internet banking atau teller bank, plus melalui Tokopedia atau Bukalapak. Melalui kedua  e-commerce besar ini, tersedia metode pembayaran lebih luas termasuk virtual account dan pembayaran digital lain seperti OVO.

Kalau kita ingin melalui Tokopedia atau Bukalapak, caranya, waktu pesan di sbn.bareksa.com kita bisa pilih metode manapun: ATM, internet banking atau teller. Yang terpenting, kalau sudah memesan secara online, segera catat atau salin (copy) kode billing yang kita dapatkan.

Lalu, kita harus segera membayar dalam jangka waktu 3 jam setelah pemesanan. Misal kita memesan pada pukul 9.00 WIB, pembayaran harus dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB di hari yang sama.

Berikut langkah-langkah pembayaran melalui e-commerce Tokopedia dan Bukalapak.

CARA BAYAR ORI016 DI TOKOPEDIA

1. Menu Top-Up & Tagihan

Setelah login ke aplikasi/situs Tokopedia, cari menu Top-Up & Tagihan.

2. Penerimaan Negara

Kemudian di menu Bayar, cari ikon Penerimaan Negara

3. Bayar PNBP

Di bagian produk penerimaan negara, pilih Bayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan masukkan kode billing. Setelah itu, klik Bayar.

4. Konfirmasi Tagihan

Halaman berikutnya akan muncul jumlah tagihan sesuai dengan pesanan yang kita buat. Contoh di sini, pesanan senilai Rp10 juta dan kita bisa klik Lanjut.

5. Pilih Metode Bayar

Dari sini kita bisa memilih metode pembayaran yang tersedia, mulai dari OVO, kartu debit, atau transfer melalui virtual account (VA). Kemudian, ikuti petunjuk untuk pembayaran sesuai metode yang kita pilih.

Setelah itu jangan lupa capture halaman yang menampilkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) untuk di-upload sebagai bukti pembayaran di Bareksa.

Dari sini, silakan kembali ke halaman web sbn.bareksa.com untuk upload bukti pembayaran Anda, berupa foto atau screen capture di menu Transaksi.

 

CARA BAYAR ORI016 DI BUKALAPAK

1. Menu Lainnya

Setelah login ke aplikasi/situs Bukalapak, cari Menu Lainnya.

2. Penerimaan Negara

Di bagian menu Sosial & Masyarakat, pilih menu Penerimaan Negara.

3. Masukkan Kode Billing

Masukkan kode billing lalu klik Lanjut.

4. Konfirmasi Pesanan

Halaman ini akan menampilkan detail pesanan ORI016 dan nilainya. Bila sesuai dengan yang sudah dipesan, klik Bayar Sekarang.

5. Pilih Metode Pembayaran

Terdapat berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih, mulai dari DANA, transfer bank, transfer virtual account dengan berbagai bank yang bisa dipilih, kartu debit, One Klik, BCA Klikpay, dan CIMB Clicks. Lalu Klik Bayar.

Setelah itu, ikuti petunjuk berdasarkan metode yang dipilih untuk melakukan pembayaran. Kemudian, jangan lupa capture halaman yang menampilkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) untuk di-upload sebagai bukti pembayaran di Bareksa.

Dari sini, silakan kembali ke halaman web sbn.bareksa.com untuk upload bukti pembayaran Anda, berupa foto atau screen capture di menu Transaksi.

Ingat, pembayaran ORI016 menggunakan metode apapun harus dilakukan dalam waktu 3 jam setelah order agar pesanan tidak hangus.

Mengapa ada batas waktu pembayaran?

ORI016 ini ini adalah jenis e-SBN yang mengusung sifat transaksi online: cepat, mudah, dan efisien. Layaknya kita berbelanja secara online, baik itu membeli tiket, membeli barang melalui e-commerce, ataupun membayar apapun secara online pasti ada batasan waktunya.

Begitu kita membayar, pasti kita langsung mendapatkan bukti transaksi dan kepemilikan ORI016 yang bisa dilihat di menu Transaksi dan Portofolio di sbn.bareksa.com. Namun, bila kita tidak membayar dalam jangka waktu 3 jam tersebut, pemesanan kita bisa dialihkan kepada investor lain yang juga ingin memiliki ORI016 sebagai investasi.

Namun, tidak perlu khawatir pesanan kita bisa dialihkan kepada orang lain sebelum jangka waktu 3 jam tersebut. Sebab, transaksi pemesanan ORI016 ini sifatnya akan diproses sesuai dengan urutan pesanan yang masuk, alias first come first serve.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi dari mana saja dan kapan saja.

Ayo segera pesan sekarang sebelum kehabisan!