POLICY FLASH: Pemerintah Siapkan Rp1,3 T untuk Pembebasan Lahan Ruas Tol

Bareksa • 13 Jan 2015

an image
Suasana ruas jalan tol JORR W2 segmen Ciledug-Ulujami, Jakarta Selatan, Selasa (22/7) - (ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna)

Pemerintah berencana memberikan subsidi harga premium jika harga minyak dunia kembali melonjak

Bareksa.com - Berikut isu kebijakan yang kami peroleh hari ini:

- Pemerintah akan mempercepat pembebasan lahan untuk ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang dengan mengalokasikan dana Rp1,3 triliun.

- Pemerintah berencana memberikan subsidi harga premium jika harga keekonomian mencapai lebih dari Rp9.500 per liter sebagai antisipasi kemungkinan melonjaknya harga minyak dunia.

- Pemerintah menargetkan ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) mencapai $36 miliar (Rp453,22 triliun) pada 2019 atau tumbuh tiga kali lipat dibanding estimasi tahun lalu $12,68 miliar.

- Pemerintah akan melonggarkan batas minimal kadar lima jenis bahan mineral agar bisa diekspor ke luar negeri, yaitu produk akhir bauksit (propan), konsentrat pasir besi, bentonit, dan tembaga telurit.

- Bank Indonesia tengah berkonsultasi dengan pemerintah untuk melihat kemungkinan adanya kebijakan tambahan terkait program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan, yang merupakan program subsidi pemerintah untuk penyaluran KPR tipe 21.

- Pemerintah akan segera mengeluarkan revisi ketentuan mengenai fasilitas pajak penghasilan (PPh) untuk penanaman modal di bidang usaha atau daerah tertentu (tax allowance) untuk mendapatkan kemudahan investasi. (np)