Berita / SBN / Artikel

Berapa Kupon ORI021 yang Menarik Buat Investor?

Investor ritel dinilai masih akan membutuhkan alternatif investasi selain deposito
Abdul Malik • 14 Jan 2022
cover

Ilustrasi keuntungan imbal hasil return kupon reksadana saham obligasi surat berharga negara sukuk yang dilambangkan dengan tanda persen di atas tangan investor

Bareksa.com - Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 akan ditawarkan pemerintah mulai 24 Januari hingga 17 Februari tahun ini. ORI021 jadi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang pertama diterbitkan pemerintah di 2022.

Fixed Income Portfolio Manager Sucorinvest Asset Management, Gama Yuki meyakini prospek ORI021 serta SBN Ritel lainnya pada tahun ini masih cukup baik.

Alasannya, investor ritel masih akan tetap membutuhkan alternatif investasi selain deposito, seiring pertumbuhan deposito yang masih cukup tinggi sehingga rate yang ditawarkan juga masih cukup rendah.

“Dengan pajak yang lebih rendah dari deposito seharusnya menjadi daya tarik tambahan untuk ORI021 dan SBN Ritel lainnya,” ujarnya dilansir Kontan pekan lalu.

Sejak tahun lalu, pajak kupon SBN telah diturunkan pemerintah dari sebelumnya 15 persen jadi 10 persen. Sedangkan pajak bunga deposito masih 20 persen.

Besaran Kupon ORI021

Meski begitu, Gama mengaku ragu mengenai potensi penjualan ORI021akan lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya. Sebab saat ini ekonomi sudah mulai berjalan kembali, serta dengan adanya kemungkinan kenaikan suku bunga juga jadi salah satu katalis negatif bagi pasar obligasi ke depan.

Karena itu, kata dia, guna menarik minat masyarakat berinvestasi di ORI021 di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga, dia menyarankan agar kupon ORI021 bisa lebih tinggi dari ORI020. Adapun kupon ORI020 yang ditetapkan pemerintah adalah 4,95 persen.

"Jadi seharusnya kupon untuk ORI021 bisa sekitar 5 persen agar masih cukup menarik bagi para investor," kata Gama. 

Gama yakin penawaran ORI021 akan tetap solid di mana penjualannya bisa mencapai kisaran Rp10 triliun hingga Rp15 triliun.

Pada penerbitan ORI sebelumnya yakni ORI020, pemerintah menetapkan mininum dan maksimum pemesanan ORI020 masing-masing Rp1 juta dan Rp2 miliar. 

Selain memberikan kupon tetap dan ada peluang capital gain, karakteristik ORI lainnya adalah berbentuk tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan antar investor domestik.

Tertarik investasi ORI021? Kamu bisa memesan ORI021 di Bareksa.

Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Jadwal Lengkap Penerbitan SUN dan SBSN Ritel 2022

​(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.