Berita / SBN / Artikel

Ini Daftar Manfaat Investasi di SBN Ritel Bagi Investor dan Negara

ORI021 bisa dibeli pada 24 Januari - 17 Februari 2022 di Bareksa
Abdul Malik • 13 Jan 2022
cover

Ilustrasi dua perempuan investor sedang berbincang membicarakan investasinya di SBN Ritel termasuk SBR, ORI, ST dan SR serta reksadana. (Shutterstock)

Bareksa.com - Kamu sedang mencari produk investasi yang aman sekaligus memberi cuan menarik? Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jawabannya. Sebab semua jenis SBN Ritel merupakan instrumen investasi rendah risiko karena dijamin pemerintah.

Secara umum, SBN Ritel dibagi menjadi dua yaitu Surat Utang Negara (SUN) Ritel yang dikelola secara konvensional dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang menggunakan prinsip Syariah.

SUN Ritel terdiri dari dua jenis yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Savings Bond Ritel (SBR), sedangkan SBSN Ritel terdiri dari Sukuk Negara Rtel (SR) dan Sukuk Tabungan (ST).

Sumber: DJPPR Kementerian Keuangan

Menurut Kementerian Keuangan perbedaan utama antara keempat jenis SBN Ritel, antara lain ORI dengan SR, hanyalah pada prinsip pengelolaannya, yakni ORI jenis konvensional dan SR jenis syariah.

Sementara karakter lain ORI dan SR seperti tenor, kupon, perdagangan di pasar sekunder, potensi capital gain semuanya sama. Adapun perbedaan ORI dengan SBR dan ST terletak pada tenor, kupon (bunga), perdagangan di pasar sekunder dan potensi capital gain.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa diperoleh investor yang berinvestasi SBN Ritel maupun pemerintah yang menerbitkan SBN Ritel?

Keuntungan Bagi Investor

Manfaat yang bisa didapatkan investor jika berinvestasi di SBN Ritel antara lain :

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dijamin oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang tentang Surat Utang Negara dan dananya disediakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya. Sehingga, semua jenis SBN Ritel hampir tidak memiliki risiko gagal bayar.

Kedua, investor berpartisipasi dalam membangun negara dengan turut menyediakan dana untuk pembangunan nasional.

Ketiga, pajak yang ditanggung investor atas imbal hasil SBN Ritel lebih kecil dibandingkan pajak pada instrumen investasi lainnya. Sebagai gambaran pajak atas imbal hasil SBN Ritel hanya 10 persen, jauh di bawah pajak bunga deposito yang sebesar 20 persen.

Keempat, kupon yang diterima atas produk SBN Ritel lebih kompetitif dibandingkan instrumen investasi lainnya dan diterima setiap bulannya.

Kelima, SBN Ritel dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Keenam, berpotensi mendapatkan potential capital gain.

Keuntungan Bagi Negara

Adapun keuntungan yang diperoleh pemerintah dengan menerbitkan SBN Ritel antara lain memperluas basis penerimaan negara terutama dari dalam negeri. Selain itu, meningkatnya peran masyarakat dalam mendukung pembangunan nasional.

Ternyata, banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan investasi di SBN Ritel. Nah, kamu bisa membeli SBN Ritel termasuk ORI021 yang masa penawarananya akan berlangsung pada 24 Januari - 17 Februari 2022 di Bareksa.

Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Jadwal Lengkap Penerbitan SUN dan SBSN Ritel 2022

​(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel
seri berikutnya.