BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini Alasan ORI020 Cocok Buat Investor Pemula

Abdul Malik13 Oktober 2021
Tags:
Ini Alasan ORI020 Cocok Buat Investor Pemula
Ilustrasi sejumlah investor muda dan pemula dari kalangan generasi milenial yang berinvestasi di ORI020. (Shutterstock)

Keuntungannya antara lain dapat kupon tiap bulan sekaligus memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Bareksa.com - Kamu generasi milenial atau generasi Z dan merupakan investor pemula yang sedang mencari instrumen investasi aman sekaligus berikan cuan? Jika iya, Obligasi Negara Ritela (ORI) seri ORI020 cocok kamu pilih sebagai salah satu instrumen investasi.

Masa penawaran ORI020 dimulai sejak 4 Oktober 2021 hingga nanti 21 Oktober 2021. ORI020 merupakan salah satu Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis tradable, dengan jangka waktu tiga tahun atau akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2024.

Minimal investasi ORI020 ditetapkan pemerintah hanya Rp1 juta dan kelipatannya Rp1 juta, hingga Rp2 miliar.

Promo Terbaru di Bareksa

Dengan mulai berinvestasi hanya sebesar itu, kamu bisa mendapatkan imbal hasil atau kupon 4,95 persen. Selain mendapatkan cuan berupa imbal hasil, dengan berinvestasi di ORI020, kamu juga sekaligus membantu pemerintah membiayai pembangunan nasional yang diatur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

10 Keuntungan Investasi ORI020

Ingin tahu lebih lanjut mengenai keuntungan yang akan diperoleh jika membeli ORI020?

Melansir Memorandum Informasi ORI020 yang diterbitkan pemerintah melalui Kementerian Keuangan, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI020 :

Pertama, pembayaran Kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem Electronic Trading Platform (ETP).

Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di Pasar Sekunder dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Ayo segera investasi di ORI020 sebelum kehabisan kuota pemesanannya.

(Martina Priyanti/AM)

​​​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI020 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua