BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masa Penawaran SBR011 Mulai 25 Mei Hingga 16 Juni 2022, Ayo Serbu!

Bareksa24 Mei 2022
Tags:
Masa Penawaran SBR011 Mulai 25 Mei Hingga 16 Juni 2022, Ayo Serbu!
Ilustrasi perempuan investor yang bersiap memesan SBR011. (Shutterstock)

Nilai minimum pemesanan SBR011 dipatok Rp1 juta dan batas maksimal pembelian Rp2 miliar

Bareksa.com - Mulai Rabu 25 Mei 2022 pukul 09.00 WIB, masa penawaran Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011 dimulai. Investor bahkan pemula sekalipun bisa berinvestasi di SBR011. Masa penawaran SBR011 berlangsung hingga 16 Juni 2022 pukul 10.00 WIB. Nilai per unit sekaligus minimum pemesanan SBR011 senilai Rp1 juta, batas maksimal pembelian Rp2 miliar atau 2.000 unit per investor.

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Imbal Hasil Menarik

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menetapkan kupon SBR011 sebesar 5,5 persen per tahun dengan fitur floating with floor (mengambang dengan batas minimal). Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate yang saat ini di level 3,5 persen, maka selisih (spread) imbal hasilnya 2 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Besaran kupon 5,5 berlaku sebagai kupon minimal (floor rate) sampai dengan jatuh tempo. Artinya kupon SBR011 akan naik, jika suku bunga acuan BI naik, namun tidak bisa turun dari level 5,5 persen saat suku bunga acuan BI turun.

Keputusan pemerintah dalam menetapkan besaran kupon SBR011, secara umum didasarkan pada beberapa pertimbangan, di antaranya level suku bunga acuan BI saat penetapan kupon, imbal hasil obligasi acuan pemerintah yang berlaku di pasar untuk tenor yang sama, serta kondisi pasar global maupun domestik.

Besaran kupon SBR011 akan direview setiap 3 bulan sekali mempertimbangkan perubahan BI 7DRRR. Maka, tanggal berlakunya kupon baru setelah review adalah per 11 September, 11 Desember, 11 Maret dan 11 Juni tiap tahun.

Struktur SBR011

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Tarif Pajak

Daya tarik SBR011 lainnya ialah mengenai besaran pengenaan pajak penghasilan (PPh) atas kupon SBR011, yang tidak akan sebesar tarif PPh untuk kupon SBR010 ketika pertama kali ditawarkan yakni 15 persen.

SBR010 ditawarkan pada 21 Juni hingga 15 Juli 2021. Lalu sejak Agustus 2021, saat pemerintah menurunkan tarif pajak untuk bunga atau kupon obligasi bagi investor ritel menjadi hanya 10 persen, kebijakan tersebut juga untuk kepada SBR010 dan SBN seri lainnya yang masih berjalan dan selanjutnya, termasuk SBR011.

"Tarif bunga PPh obligasi yang lebih kompetitif juga diharapkan membuat SBN Ritel semakin menarik sebagai alternatif investasi bagi masyarakat," kata Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan kepada Bareksa, akhir pekan lalu.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

Baca juga SBR011 Segera Terbit, Ini Pengertian SBR dan Cara Daftarnya di Bareksa



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua