BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Mantap! Baru 1 Hari Ditawarkan, Pemesanan ORI021 Tembus Rp2 Triliun

Bareksa25 Januari 2022
Tags:
Mantap! Baru 1 Hari Ditawarkan, Pemesanan ORI021 Tembus Rp2 Triliun
Ilustrasi perempuan investor generasi milenial yang mencari tahu terkait SBN Ritel, termasuk ORI dan bersiap investasi di ORI021. (Shutterstock)

Proses pemesanan ORI021 secara online dapat dilakukan melalui 4 tahap yaitu pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan konfimasi

Bareksa.com - Sesuai perkiraan sejumlah kalangan, minat investor atas Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 membludak. Hal ini terlihat dari besaran pemesanan ORI021 yang bethasil menembus Rp2 triliun di hari pertama masa penawaran pada Senin (24/1/2022). Kuota awal pemesanan ORI021 senilai Rp10 triliun. Karena itu kuota pemesanan hanya tersisa sekitar Rp8 triliun.

Besaran nilai pemesanan itu tergolong fantastis. Sebab banjirnya pesanan ORI021 terjadi di tengah pasar saham dan obligasi nasional sedang tertekan akibat potensi pengetatan kebijakan moneter Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang diprediksi menaikkan suku bunga acuannya dalam waktu dekat.

Besarnya animo investor didukung oleh sejumlah keunggulan ORI021. Antara lain ORI021 menawarkan kupon 4,9 persen, jauh lebih meraik dari deposito. Kupon atau imbal hasil ORI021 hanya dikenai pajak 10 persen, lebih rendah atau hanya setengahnya dari pajak bunga deposito 20 persen. Serta investasi di ORI021 hampir 100 persen aman dan tanpa risiko, sebab baik pokok maupun kuponnya dijamin oleh negara melalui Undang-Undang.

Promo Terbaru di Bareksa

Pemerintah resmi menawarkan ORI021 secara online (e-SBN) mulai 24 Januari 2022 hingga 17 Februari 2022, atau dalam 25 hari masa penawaran.

Tertarik investasi ORI021 juga? Simak pokok-pokok ketentuan dan persyaratan ORI021 berikut ini :

Penerbit

Pemerintah Republik Indonesia

Seri

ORI021

Masa Penawaran

24 Januari - 17 Februari 2022

Bentuk

Tanpa Warkat, dapat diperdagangkan

Tanggal Penetapan

21 Februari 2022

Setelmen

23 Februari 2022

Jatuh Tempo

15 Februari 2025 (3 tahun)

Nilai Nominal per Unit

Rp1 Juta

Minimum Pemesanan

Rp1 Juta

Maksimal Pemesanan

Rp2 Miliar

Kustodian

Sub Registry

Mitra Distribusi

Bank Umum, Perusahaan Efek, Perusahaan Efek Khusus (APERD Fintech), dan Perusahaan Fintech (Peer-to-Peer Lending)

Jenis Kupon

Fixed rate (tetap)

Tingkat Kupon

4,9 persen per tahun

Minimum Holding Period

1 kali pembayaran kupon (mulai dapat diperdagangkan

di pasar sekunder tanggal 15 April 2022)

Tanggal Kupon Pertama

15 April 2022

Tanggal Pembayaran Kupon

Setiap tanggal 15

Agen Pembayar Kupon dan Pokok

Bank Indonesia

Sumber : Kemenkeu

Anda bisa memesan ​ORI021 di Bareksa. Khusus untuk pembelian ORI021 melalui Bareksa, ada promo menarik dengan hadiah senilai total Rp100 juta dengan memasukkan kode promo.

Artikel soal promo ORI021 selengkapnya baca di sini.

Cara Beli ORI021 di Bareksa

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ORI021 pada masa penawaran dibuka nanti.

Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan ORI021pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.

Investasi Sekarang

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI021 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua