Berita / SBN / Artikel

SBN Perdana di 2022 Segera Terbit, Begini Pandangan MI Soal ORI021

Dengan sejumlah daya tarik yang dimiliki, maka akan banyak investor memesan ORI021
Bareksa • 19 Jan 2022
cover

Ilustrasi manajer investasi yang sedang mengatur portofolio investasinya di saham, obligasi, SBN, hingga pasar uang agar reksadana yang dia kelola membukukan kinerja optimal. (Shutterstock)

Bareksa.com - Masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 rencananya dimulai pada Senin, 24 Januari 2022 hingga 17 Februari, atau masa penawaran ORI021 akan berlangsung selama 25 hari.

Bagaimana pandangan Manajer Investasi (MI) menanggapi penerbitan ORI021?

ORI021 merupakan SBN Ritel perdana di 2022. Head of Investment Avrist Asset Management, Ika Pratiwi Rahayu mengatakan SBN Ritel termasuk ORI021, tetap menarik terutama bila dibandingkan dengan deposito.

"Di mana saat ini bunga deposito lebih rendah dari kupon SBN Ritel ditambah dengan pajak bunga deposito yang 20 persen lebih besar dari pajak kupon SBN Ritel yang hanya 10 persen," kata Ika kepada Bareksa, Rabu (19/1/2022).

Menurut Ika, dengan sejumlah daya tarik yang dimiliki, maka akan banyak investor yang memesan ORI021. Hanya saja, ia memperkirakan, besaran pemesanan ORI021, bisa saja tidak sebesar SBN Ritel seri-seri sebelumnya.

"Melihat tren pemesanan yang terus menurun, permintaan ORI020 berada di Rp15 triliun, lebih rendah dari ORI019 di Rp26 triliun dan permintaan SR015 di Rp27 triliun. Maka, diperkirakan permintaan ORI021 di kisaran Rp10 triliun hingga Rp15 triliun," papar Ika.

Tujuan Penerbitan ORI

ORI021 dapat dijadikan sebagai alternatif investasi bagi investor karena aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. Lalu, apa tujuan penerbitan ORI bagi pemerintah?

Ada lima tujuan penerbitan ORI yaitu :

1. Memperluas basis investor di dalam negeri.
2. Sebagai alternatif instrumen investasi bagi investor ritel.
3. Mendukung stabilitas pasar keuangan domestik.
4. Mendukung terwujudnya masyarakat yang berorientasi pada investasi jangka menengah dan panjang.
5. Mewujudkan cita-cita kemandirian dalam pembiayaan pembangunan (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/APBN).

Pada tahun lalu yakni sejak pandemi Covid-19, mendorong pemerintah mempertegas lagi tujuan penerbitan ORI khususnya untuk sisi pembiayaan APBN.

Penerbitan ORI sepanjang 2021, digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan APBN tahun 2021 dan perubahannya (jika ada), termasuk pembiayaan untuk upaya Pemulihan Ekonomi Nasional akibat dampak dari pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Berminat investasi di ORI021? Kamu bisa memesan ORI021 lewat Bareksa ya.

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.