BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

SR014 Ditawarkan Mulai 26 Februari, Ini 9 Keuntungan Investasi di Sukuk Ritel

Abdul Malik24 Februari 2021
Tags:
SR014 Ditawarkan Mulai 26 Februari, Ini 9 Keuntungan Investasi di Sukuk Ritel
Ilustrasi investor Muslimah yang berinvestasi di Sukuk Negara Ritel SR014. (Shutterstock)

SR014 bisa dibeli secara online di sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa

Bareksa.com - Setelah penawaran Obligasi Negara Ritel seri ORI019 ditutup, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan mulai menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) jenis Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR014.

SR014 adalah pernyataan kepemilikan aset negara yang ditawarkan kepada masyarakat. Kalau kita sebagai individu beli SR014, artinya kita membeli aset negara dan menyewakannya lagi untuk mendapatkan imbal hasil (kupon).

Kupon SR014 akan ditentukan pada 24 Februari 2021. Melihat seri-seri sebelumnya, imabalan SBN Ritel biasanya lebih besar daripada bunga deposito bank.

Promo Terbaru di Bareksa

SR014 memiliki jangka waktu 3 tahun, tetapi investor bisa menjualnya sebelum jatuh tempo di pasar sekunder.

Illustration

Aset yang menjadi dasar (underlying) dari SR014 adalah barang milik negara (BMN) dan Proyek/Kegiatan Kementerian/Lembaga pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021. Aset-aset dimaksud yang akan dibangun dengan dana SR014 dan memberikan bagi hasil kepada kita sebagai investor SR014.

SR014 bisa dibeli secara online di sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa. ​

Apa saja keuntungan berinvestasi di Sukuk Ritel?

Menilik dari publikasi Kementerian Keuangan mengenai manfaat investasi Sukuk Ritel seri sebelumnya, ada sembilan manfaat berinvestasi pada SR yakni:

Pertama, Pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal SR014 telah dijamin oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, sehingga SR012 hampir tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, Imbalan/kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Ketiga, Imbalan/kupon dibayar setiap bulan.

Keempat, Kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian melalui sistem elektronik.

Kelima, Dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek dan transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Keenam, Berpotensi memperoleh capital gain dalam hal Sukuk Negara Ritel Seri dimaksud dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder.

Ketujuh, Dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kedelapan, Berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kesembilan, Turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

SR014 adalah satu seri Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang bisa dipesan online di Bareksa selama masa penawaran.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SR014 saat penawaran dibuka.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua