BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Di tengah Tren Suku Bunga Rendah, ORI019 Bakal Laris Diserbu Investor

Abdul Malik25 Januari 2021
Tags:
Di tengah Tren Suku Bunga Rendah, ORI019 Bakal Laris Diserbu Investor
Ilustrasi investasi di Surat Berharga Negara (SBN). (Shutterstock)

Cocok untuk investor yang memiliki profil risiko rendah, dengan tujuan investasi di jangka pendek hingga menengah

Bareksa.com - Terhitung mulai hari ini, Senin (25/1/2021) pemerintah menawarkan Obligasu Negara Ritel (ORI) seri ORI019 dengan kupon 5,57 persen. Director & Chief Investment Officer Fixed Income Manulife Aset Manajement Indonesia, Ezra Nazula menyampaikan di tengah era suku bunga rendah, penurunan tingkat deposito perbankan dan likuiditas dalam negeri yang tinggi, kupon ORI019 masih menarik.

Meskipun kupon yang ditawarkan kali ini lebih rendah dibandingkan penawaran ORI18, Ezra menilai masih optimistis ORI19 masih akan dilirik. ORI018 yang ditawarkan pada September 2020, kuponnya 5,7 persen.

Menurut Ezra, ORI019 memberikan yield lebih tinggi dibanding dengan produk jangka pendek perbankan dan dengan nilai tambah stabilitas dan support dari pemerintah Indonesia. Selain itu, yield yang ditawarkan pada penawaran ORI019 juga masih relatif lebih tinggi dibandingkan Surat Utang Negara (SUN) dengan tenor yang sama atau dikisaran 5 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Sementara itu mengenai tren akhir-akhir ini di mana banyak investor lebih memilih masuk ke aset-aset berisiko, Ezra menyarankan investor untuk melakukan diversifikasi. Nah, ORI019 juga dinilai cocok untuk investor yang memiliki profil risiko lebih rendah, dengan tujuan investasi di jangka pendek hingga menengah dengan tenor yang ditawarkan tiga tahun.

"Volatilitas tentunya akan lebih rendah dari saham dan fitur kupon yang diterima setiap bulan juga akan memberi nilai tambah," kata Ezra.

Sementara itu Head of Investment Avrist Asset Management Farash Farich menilai produk ORI019 baik bagi investor yang memiliki kebutuhan investasi jangka menengah. Apalagi, saat ini tren inflasi cenderung rendah.

"Kupon yang ditawarkan ORI019 sangat bagus, sebelumnya (diprediksi) hanya 5 persen hingga 5,4 perseb," kata Farash.

Menurutnya adapun beberapa sentimen yang bakal mendukung permintaan ORI019 di antaranya kebanyakan instrumen pasar uang menawarkan imbal hasil yang lebih rendah. Kondisi tersebut seiring dengan inflasi yang rendah dan risiko kredit yang masih rendah.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri SBN ritel yang bisa dipesan online di sejumlah mitra distribusi Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua