Jelang Imlek Harga Emas Turun Lagi, Ayo Beli Logam Mulia untuk Investasi

Smart investor bisa tenang karena mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Bappebti Kementerian Perdagangan
Abdul Malik • 18 Jan 2023
cover

Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena berbarengan dengan Imlek, investasinya di emas logam mulia meraih cuan. (Shutterstock)

Bareksa.com - Harga emas kembali turun pada hari ini, Rabu (18/1/2023) baik di pasar global maupun dalam negeri. Penurunan harga akibat penguatan dolar Amerika Serikat (AS). Namun harga emas diprediksi berpotensi naik, yang dalam jangka pendek didorong peningkatan permintaan emas fisik saat Tahun Baru China atau Imlek. 

Harga Emas Hari ini Selas (18/1/2022) : 

Emas​​

Harga Beli

Emas pasar spot 

US$1.913,49 per troy ounce

Emas Treasury

Rp964.345  per gram

Emas Pegadaian

Rp961.000 per gram

Emas Antam

Rp1.022.000 per gram

*Data emas spot per pukul 10.15 WIB, Sumber : logam mulia, Bisnis.com, Bareksa

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Harga emas di pasar spot seperti dilansir Kontan yang mengutip Reuters, sempat merosot 0,3% menjadi US$1.902,79 per troy ounce, pada 02.56 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 0,2% menjadi US$1.906 per troy ounce.

Penurunan harga emas dinilai akibat penguatan dolar AS, namun saat bersamaan ekspektasi pelambatan laju kenaikan suku bunga Federal Reserve membatasi kerugian emas. Sementara itu indeks dolar AS naik 0,3%. Dolar yang lebih kuat cenderung membuat emas lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang selain dolar AS. 

"Emas akan memantul di sekitar level US$1.900 per troy ounce dalam waktu dekat. Saya tidak berpikir kita akan melihat pergerakan besar dan akan terjebak pada zona netral," kata Edward Meir, analis logam di Marex. 

"fokus pasar akan tertuju pada data ekonomi. Jika narasi berlanjut bahwa inflasi mendingin dan suku bunga akan turun, maka itu akan menjadi bullish untuk emas," kata dia. 

Sejumlah sentimen pendorong emas terutama keyakinan permintaan emas masih tinggi, mendorong harga emas di pasar spot pada hari ini di mana per pukul 17.15 WIB seperti dilansir investing, emas di pasar spot dipatok US$1.913,49 per troy ounce. 

Melansir Medcom yang mengutip Xinhua, investor diimbau dengan hati-hati memantau permintaan emas menjelang Tahun Baru Imlek, yang seringkali bertepatan dengan peningkatan permintaan fisik. Analis pasar percaya investor emas juga memantau Forum Ekonomi Dunia untuk mencari informasi. Imlek akan jatuh pada hari Minggu, 22 Januari 2023.

Seiring harga emas di pasar dunia yang turun, harga emas di dalam negeri juga melemah. Harga emas Antam hari ini kembali turun menjadi Rp1.022.000 per gram, turun Rp20.000 per gram dibandingkan harga kemarin. Penurunan juga dicatatkan harga emas Pegadaian di Bareksa Emas yang dipatok Rp961.000 per gram, dari kemarin Rp965.00 per gram.

Sebaliknya untuk emas Treasury di Bareksa Emas justru naik di mana menjadi Rp964.345 per gram, dari kemarin hanya Rp961.778 per gram. 

Apakah saat ini waktu  tepat untuk menambah dan atau memulai investasi emas? Sejatinya waktu tepat untuk investasi emas adalah ketika Kamu memiliki dana untuk diinvestasikan, sebab investasi emas disarankan untuk jangka panjang.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Tersedia satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas,  Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. 

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. 

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Menyambut tahun baru 2023, Smart Investor tentu punya resolusi keuangan yang ingin dicapai. Sebelumnya, pengalaman investasi emas di tahun 2022 bisa menjadi pelajaran berharga untuk melanjutkan meraih financial freedom di masa depan. 

Bareksa hadir menemani perjalanan investasi Smart Investor, sekaligus memberikan promo yang membuat makin semangat. Untuk pembelian emas logam mulia di Bareksa, Smart Investor bisa meraih reksadana hingga Rp150.000 sesuai dengan level investor saat ini. 

Catat kode promonya sesuai level investasi berikut ini.

Rookie

  • Minimal pembelian emas Rp500.000
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp25.000 untuk 50 investor pembeli tercepat
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp25.000 untuk 50 investor pembeli terbesar
  • Kode promo: SGOLD25

Secure & Wealthy

  • Minimal pembelian emas Rp1 juta
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp75.000 untuk 50 investor pembeli tercepat
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp75.000 untuk 50 investor pembeli terbesar
  • Kode promo: SGOLD75

Rich & Freedom

  • Minimal pembelian Rp2,5 juta
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp150.000 untuk 25 investor pembeli tercepat
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp150.000 untuk 25 investor pembeli terbesar
  • Kode promo: SGOLD150

Kalau sudah catat kode promonya, simak syarat dan ketentuan promo berikut ini. 

Syarat dan Ketentuan Promo Cerita Investasi Emas 

1. Periode promo berlaku dari tanggal 11 Januari 2023 pukul 00.01 WIB - 31 Januari 2023 pukul 23.59 WIB
2. Promo berlaku untuk pembelian produk emas di Bareksa dengan metode pembayaran apa saja dan memasukkan kode promo yang dipilih sesuai dengan level investasi dari investor
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan nominal pembelian tercepat atau terbesar berhak mendapatkan hadiah5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Pengumuman pemenang pada tanggal 17 Februari 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut
7. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa
10. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi

Ayo lanjutkan perjalanan investasi emas dan raih financial freedom bersama Bareksa.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa? 

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.