Ada 5 Jenis Emas di Pasaran, Mana yang Kamu Pilih Buat Investasi?

Investasi emas semakin diminati karena mudah dibeli secara online bahkan dengan nilai pembelian kecil
Abdul Malik • 24 Nov 2022
cover

Ilustrasi emas batangan dan emas perhiasan yang bisa menjadi alternatif investasi. (Shutterstock)

Bareksa.com - Waktu telah membuktikan emas jadi salah satu instrumen investasi yang paling digemari masyarakat. Salah satu alasannya, emas dianggap sebagai instrumen yang rendah risiko, makanya sering digunakan untuk mengembangkan harta, atau bahkan jadi aset safe haven

Dilansir Treasury.id (24/11/2022), alasan lain emas banyak disukai investor antara lain dipercaya kebal dan aman dari inflasi, serta harganya bisa naik setiap tahun. Tapi tahukah Kamu kalau ada 5 jenis emas yang biasanya dijumpai di pasar? Sebagian besar dari 5 jenis emas sering digunakan untuk instrumen investasi. Berikut lima jenis emas yang sering dijumpai tersebut :

1. Emas Perhiasan 

Emas perhiasan merupakan bentuk emas yang paling mudah dijumpai di pasaran. Selain di toko perhiasan juga banyak dijual di e-commerce

Emas perhiasan ini populer di kalangan masyarakat, termasuk kaum hawa. Biasanya emas perhiasan berbentuk cincin, anting-anting, kalung, dan gelang. Untuk mempercantik penampilan, biasanya perhiasan dipercantik dengan batu mulia seperti berlian. 

Banyak orang menjadikan emas perhiasan sebagai investasi karena harganya lebih terjangkau daripada emas batangan. Tapi, emas perhiasan kurang cocok dijadikan investasi. 

Emas perhiasan biasanya dicampur bahan lain agar mudah dibentuk. Perhiasan dengan kadar emas 18 karat lebih sering ditemukan. Ada tiga jenis perhiasan emas yang biasanya dijual, yaitu emas kuning, emas putih dan emas merah. 

a. Emas Kuning (Yellow Gold

Perhiasan yang terbuat dari 75% emas serta 25% tembaga dan seng. Harganya lebih murah daripada emas putih, tetapi punya nilai jual yang lebih tinggi jika digunakan untuk investasi. 

b. Emas Putih (White Gold

Perhiasan yang terbuat dari emas murni serta campuran perak dan paladium. Perhiasan ini dipoles dengan rhodium agar terlihat mengkilap. Harganya lebih mahal daripada emas kuning. 

c. Emas Merah (Rose Gold

Perhiasan ini merupakan campuran emas dan tembaga. Warna tembaga ini membuat emas terlihat kemerahan. Selain lebih murah daripada emas putih dan emas kuning, perhiasan ini lebih kuat dan tahan lama. 

2. Emas Batangan 

Kadar emas batangan ini biasanya 24 karat. Emas ini cocok dijadikan sebagai instrumen investasi. Beratnya pun bervariasi ada yang 1 gram, 5 gram, hingga 1.000 gram. Malah, ada pula emas yang berukuran mini, yaitu 0,1 gram, 0,25 gram dan 0,5 gram. Harganya pun menyesuaikan berat emas batangan. 

3. Emas Koin 

Emas koin atau koin emas ini juga sering digunakan untuk alat investasi. Harga koin emas juga naik setiap tahun. Koin emas ini terbuat dari emas murni. 

4. Emas Granule 

Jenis emas ini jarang ditemui di pasar. Emas granule berbentuk serbuk dan sering digunakan oleh para perajin emas. Dengan emas ini, perajin membuat perhiasan dengan kadar yang rendah dan harganya murah. 

5. Emas Digital 

Emas digital ini disimpan secara digital. Instrumen investasi ini kian digandrungi karena mudah dibeli secara online dan tidak perlu pusing untuk menyimpannya. 

Emas yang dijual merupakan emas murni 24 karat. Harganya pun lebih terjangkau daripada emas-emas lainnya. Bahkan, dengan uang recehan, kamu bisa langsung mengantongi emas. 

Promo Investasi Emas

Saat ini Bareksa dan Treasury sedang menggelar promo investasi emas bertajuk Promo 11.11 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. Tersedia hadiah 200 voucher reksadana senilai Rp50.000 untuk investor baru dan 200 voucher reksadana untuk investor pembeli tercepat. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini : 

Kode Promo : 1STREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor transaksi pertama

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

Kode Promo : FASTREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor tercepat

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp750.000

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini

Syarat dan Ketentuan Promo FundFest 11.11 Emas Treasury Bareksa

1. Periode promo  1 - 30 November 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo FASTREASURE atau 1STREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Nasabah dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 21 Desember 2022 melalui media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang, jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Tertarik meraih dobel cuan dari investasi emas logam mulia sekaligus hadiah promonya? Segera cuss investasi logam mulia di Bareksa Emas.  

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.