Saham-saham Ini Raih Cuan Tertinggi di 2021, Reksadana Mana Punya Asetnya?

Saham yang mencatatkan kenaikan harga tertinggi di 2021 kebanyakan berasal dari sektor perbankan digital dan teknologi
Abdul Malik • 10 Jan 2022
cover

Ilustrasi prospek cerah saham-saham sektor digital atau new economy, terdorong oleh pandemi Covid-19 yang mengubah perilaku masyarakat. Sehingga reksadana yang berinvestasi di sektor new economy juga ikut terdongkrak. (Shutterstock)

Bareksa.com - Di antara ratusan saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, ada sejumlah saham yang sukses meroket "to the moon" hingga ribuan persen pada 2021. Performa ini jauh melampaui kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang 2021 yang melesat
10,08 persen dengan berakhir di level 6.581,48.

Dilansir CNBC Indonesia, saham yang mencatatkan kenaikan harga tertinggi di 2021 kebanyakan berasal dari sektor perbankan digital dan teknologi. Saham-saham tersebut mencatatkan lonjakan antara 1.052 persen hingga 10.370 persen. Kenaikan yang fantastis.

Daftar Saham Paling Moncer 2021

Emiten

Kode saham

Harga Terakhir (Rp)

Return 2021 (%)

PT DCI Indonesia Tbk

DCII

43,975

10370.24

PT Berkah Beton Sedaya Tbk

BEBS

5,875

5775.00

PT Allo Bank Indonesia Tbk

BBHI

7,075

4239.50

PT Telefast Indonesia Tbk

TFAS

5,125

2747.22

PT Bank Aladin Syariah Tbk

BANK

2,290

2123.30

PT Damai Sejahtera Abadi Tbk

UFOE

1,625

1508.91

PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk

PANI

1,725

1387.07

PT Digital Mediatama Maxima Tbk

DMMX

2,720

1052.54

Sumber : Bursa Efek Indonesia (BEI), harga per 30 Desember 2021, CNBC Indonesia

Baca : Bareksa Raih Pendanaan Seri C dari Grab, Kukuhkan Sinergi Grab - Bareksa - OVO

Reksadana dengan Portofolio Saham Juara Cuan 2021

Lonjakan harga saham-saham juara cuan tersebut memang fantastis, kira-kira reksadana mana yang memiliki saham-saham tersebut dalam portofolionya?

Menurut fund fact sheet per November 2021, tercatat beberapa saham emiten teknologi dan bank digital juara cuan yang dikoleksi oleh reksadana. Saham tersebut ialah PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) dan PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI).

Saham DMMX tercatat dikoleksi oleh empat reksadana yang keempatnya merupakan kelolaan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). Yakni Manulife Dana Saham Kelas A, Manulife Dana Tumbuh Berimbang, Manulife Greater Indonesia Fund dan Manulife Saham Andalan.

Adapun saham BBHI jadi salah satu portofolio Mega Asset Maxima, reksadana kelolaan PT Mega Asset Management.

Sumber : Bareksa​

Baca juga : Investasi Reksadana di Bareksa dapat OVO Poin dan Voucher GrabFood

Sepanjang 2021, kelima reksadana tersebut mencatatkan kinerja positif. Imbalan tertinggi dicatatkan Manulife Saham Andalan dengan imbal hasil 25,58 persen dan Manulife Greater Indonesia Fund dengan return 21,24 persen.

Perlu diketahui, reksadana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Reksadana saham adalah reksadana yang mayoritas aset dalam portofolionya adalah instrumen aset saham atau efek ekuitas. Reksadana jenis ini berisiko berfluktuasi dalam jangka pendek tetapi berpotensi tumbuh dalam jangka panjang.

Maka dari itu, reksadana saham yang agresif disarankan untuk investor dengan profil risiko tinggi dan untuk investasi jangka panjang (>5 tahun). Demi kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

(Romainah/Abdul Malik)

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.