5 Keunggulan Investasi Emas Digital: Tak Perlu Brankas hingga Harga Kompetitif

Hanum Kusuma Dewi • 03 Feb 2023

an image
Ilustrasi investasi emas digital yang digambarkan dengan emas batangan dan tumpukan koin emas serta investor yang membawa payung. Investasi emas digital kini sudah memiliki payung hukum sebagai komoditi di bawah naungan Bappebti. (shutterstock)

Dengan investasi secara digital maka smart investor tidak perlu keluar rumah untuk membeli emas karena bisa melalui handphone

Bareksa.com - Gold is gold. Emas saat ini menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diburu karena dianggap menjadi salah satu aset lindung nilai. Terlebih, investasi emas saat ini bisa dilakukan di mana dan kapan saja dengan hadirnya emas digital seperti yang tersedia di Bareksa Emas

Perkembangan teknologi telah mendorong lahirnya kemudahan dalam berinvestasi termasuk investasi emas. Baik pembelian dan penjualan hingga penyimpanan emas, semua bisa dilakukan cukup dengan sentuhan jari melalui ponsel secara online

Iya, investasi emas digital menjadi terobosan sekaligus solusi bagi yang ingin berinvestasi tapi memiliki keterbatasan waktu dibandingkan investasi yang mengharuskan tatap muka. Tak heran kalau investasi emas digital semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan. 

Harga Emas Hari ini, Jumat (3/2/2023) : 

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot 

US$1.917,04 per troy ons

Emas Treasury

Rp950.632  per gram

Emas Pegadaian

Rp968.000 per gram

Emas Antam

Rp1.029.000 per gram

*Data emas spot per pukul 10.23WIB, Sumber : Logam Mulia, Bisnis, Bareksa

Melansir laman Treasury, berikut sejumlah kelebihan investasi emas secara digital yang sayang jika dilewatkan. 

1. Harga Kompetitif

Harga emas digital biasanya lebih murah daripada emas fisik. Jika untuk investasi emas fisik, minimal perlu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk bisa memilikinya maka tidak demikian dengan investasi emas digital.

Misalnya, kamu memerlukan uang sekitar Rp960 ribuan untuk membeli 1 gram emas batangan tapi tidak demikian jika investasi emas online. Contohnya, untuk investasi emas secara digital dalam fitur Bareksa Emas di Bareksa, Smart Investor bisa mulai berinvestasi emas mulai dari Rp50 ribu rupiah atau mulai membeli dari 0,1 gram saja. 

2. Kualitas emas tetap terjaga 

Keaslian dan kualitas emas digital tidak dapat diragukan. Sebab sebenarnya emas digital ini memiliki fisik yang menjadi aset dasarnya dan tersimpan aman dalam kustodian atau brankas khusus.

3. Tidak repot cari penyimpanan

Emas digital tidak memerlukan tempat penyimpanan khusus dan ada yang free biaya penyimpanan. Jika investasi emas secara fisik kita memerlukan brankas atau safe deposit box atau menitipkan di layanan penitipan di bank misalnya. Nah, jika tidak mau ribet menyimpan emas, kamu bisa memilih emas digital. 

4. Bisa dicetak menjadi emas batangan

Saldo emas digital bisa dicetak sehingga ada bentuk fisiknya yang bisa kamu pegang. 

5. Likuid

Kalau kamu butuh dana cepat, kamu bisa segera menjual saldo emas digital kamu di platformnya. Contohnya di Bareksa Emas, jual beli emas online bisa hingga maksimal 10 kilogram sehari dalam 1 transaksi. Berbeda dengan di toko emas, belum tentu tersedia emas sebesar itu atau toko emas yang bersedia membeli sebanyak itu. 


Mau Potensi Cuan dari Investasi Emas, Klik di Sini

Investasi Emas dengan Penyimpanan Aman

Emas sudah sejak lama menjadi aset untuk penyimpan kekayaan. Secara harfiah, orang kaya menumpuk logam mulia dalam bentuk emas batangan untuk menjadi aset kekayaan. 

Namun, menyimpan emas batangan di rumah memiliki banyak risiko. Karena bisa saja emas dicuri atau hilang karena bentuknya yang kecil. 

Solusinya, kini sudah ada fitur Bareksa Emas yang memungkinkan kamu menyimpan logam mulia emas sebagai aset investasi. Tidak perlu ragu membeli emas online di Bareksa karena investasi ini ada fisiknya yang tersimpan di mitra pengelola emas berizin.

Smart Investor yang merupakan investor pemula sekalipun bisa dengan mudah berinvestasi emas. Hanya dengan menggunakan smartphone, kamu bisa membelinya secara online seperti lewat fitur Bareksa Emas di Bareksa.​

Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas,  Bareksa bekerja sama dengan mitra pengelola emas berizin seperti Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. 

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan atau Otoritas Jasa Keuangan.

Berikut 6 keunggulan investasi emas online di Bareksa Emas. 

1. Praktis, 100 persen Online

Mulai dari pendaftaran, transaksi jual dan beli, hingga tarik fisik emas bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah.

2. Mulai dari Rp50.000

Bebas cemas memulai investasi dengan harga yang sangat terjangkau. Minimum pembelian emas di Bareksa hanya Rp50.000.

3. Pergerakan Harga Stabil

Smart investor tak perlu memantau setiap saat, sebab harga emas cenderung naik secara stabil dari tahun ke tahun. Investasi emas juga bisa menjadi pelindung aset kita (hedging) dari gerusan inflasi.

4. Pelengkap Aset Investasi

Daftar akun Bareksa sekali, sudah bisa beli emas, reksadana dan SBN dalam satu aplikasi. Dengan begitu, smart investor bisa meminimalisir risiko investasi dengan diversifikasi aset investasimu.

5. Tempat Penyimpanan Aman

Kesulitan menyimpan emas fisik? Takut hilang disimpan di lemari? Bareksa Emas menyimpan emasmu di Mitra Emas kami yaitu PT Pegadaian (Persero) dan PT Indogold Solusi Gadai

6. Terdaftar dan Diawasi Regulator

Tabungan emas smart investor di Bareksa Emas disimpan di tempat penyimpanan emas Indogold & Pegadaian yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-50/NB.1/2018. Sementara Treasury juga sudah resmi telah mendapat lisensi pedagang emas digital dan telah terdaftar di BAPPEBTI dengan nomor dengan nomor 001/BAPPEBTI/P-ED/12/2021.

Tertarik untuk investasi emas di Bareksa? Biar dapat cuan banyak dari investasi emas, untuk kamu investor emas pemula, sebaiknya memastikan bahwa instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko dan untuk jangka panjang.

Ayo lanjutkan perjalanan investasi emas dan raih financial freedom bersama Bareksa.

Investasi Emas Online Tanpa Ribet, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa? 

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin