Ekspektasi Pasar Terhadap Kebijakan Bank Sentral AS Dongkrak Harga Emas Hari Ini

Bank Sentral AS dinilai tidak akan mampu lagi menaikkan suku bunga acuan lebih lanjut
Abdul Malik • 28 Oct 2022
cover

Ilustrasi investor memegang emas batangan logam mulia untuk investasi jangka panjang. (shutterstock)

Bareksa.com - Harga emas hari ini melesat ditopang ekspektasi pasar yang makin kuat terhadap kemungkinan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) melonggarkan suku bunga acuannya. Ekspektasi ini juga ikut meredam penguatan dolar AS dan imbal hasil Surat Utang Pemerintah AS.

Dilansir laman Treasury.id, harga emas Treasury hari ini Jumat (28/10/2022) berada di level Rp861.524 per gram, bergerak naik dari Rp858.000 per gram. Sepekan terakhir, harga emas naik 1,35%. Di pasar spot, harga emas naik 0,8 persen ke US$1.665,09 per ons, yang merupakan level tertinggi sejak 13 Oktober 2022. Harga emas berjangka juga naik 0,7% ke US$1.669,2 per ons.

“Setelah beberapa sesi terakhir, kami melihat imbal hasil (Surat Utang Pemerintah AS) turun, dolar AS turun. Hasilnya, kami melihat tawaran baru di pasar emas,” kata Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger.

Saat ini, mata uang Negara Paman Sam, memperpanjang kerugiannya ke level terendah lebih dari sebulan terhadap para pesaingnya. Penurunan indeks dolar AS ini menjadikan emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. Imbal hasil (yield) acuan Obligasi Pemerintah AS tenor 10 tahun juga ikut turun ke level terendah dalam sepekan.

Analis dari Exinity, Han Tan, mengatakan emas mencoba memanfaatkan pelemahan dolar AS. Pelaku pasar berekspektasi The Fed akan melonggarkan kebijakan moneter. “Kondisi ini membuat dolar AS melemah,” kata Han Tan.

Ekspektasi pelonggaran kebijakan The Fed semakin menguat setelah tersiar laporan ada “perpecahan” di kalangan pejabat The Fed terhadap kebijakan moneter setelah November 2022. Sebagian pimpinan menginginkan kebijakan moneter dilonggarkan, sebagian lainnya ingin tetap mempertahankan kebijakan moneter ketat.

Kenaikan harga emas juga didukung oleh data ekonomi yang menunjukkan kepercayaan konsumen AS merosot pada Oktober 2022, harga rumah yang turun pada Agustus 2022, dan tanda-tanda sikap agresif The Fed yang mendinginkan pasar tenaga kerja. Menurut data Departemen Perdagangan AS, penjualan rumah baru turun 10,9% dari 677 ribu unit ke 603 ribu unit.

Menurut Meger, ekonomi mungkin terlihat melambat, tetapi inflasi tidak turun sebanyak harapan The Fed. Akan tetapi, Bank Sentral AS dinilai tidak akan mampu lagi menaikkan suku bunga acuan lebih lanjut. “Itu adalah lingkungan yang sangat positif bagi emas,” kata dia.

Namun masih ada peluang The Fed akan menaikkan suku bunganya 75 basis poin pada November. Emas memang sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga The Fed karena bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. 

Fokus pasar selanjutnya adalah data pertumbuhan ekonomi AS dan inflasi. Dua data ini bisa menjadi penjelasan lebih lanjut arah kebijakan Fed. 

“Jika kenaikan suku bunga setengah poin pada Desember kemungkinan besar terjadi, emas bisa menembus di atas US$1.700,” kata Analis Senior OANDA, Edward Moya. 

Jika data perekonomian dan inflasi menunjukkan ekonomi di AS tetap memburuk, maka peluang Bank Sentral AS melonggarkan kebijakan moneternya makin besar. Harga emas bisa semakin naik. Apalagi mengingat emas merupakan instrumen yang tersohor sejak dahulu kala. 

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Dengan demikian, kamu bisa melakukan investasi emas dari dan kapan saja karena transaksi dilakukan secara online.

Bareksa Emas menyambut mitra terbaru, yaitu Treasury sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. Emas Treasury menawarkan harga ya​ng kompetitif, mudah dan aman. 

Treasury telah berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Smart Investor Bareksa bisa mulai berinvestasi emas digital Treasury mulai dari nominal Rp50.000. Harga emas Treasury lebih kompetitif, dengan update harga dua kali sehari. Selain itu, transaksi emas Treasury bisa mencapai hingga 10 kilogram per hari.

Agar Smart Investor makin semangat investasi emas logam mulia, Bareksa dan Treasury juga mengadakan Promo 10.10 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. 

Tersedia hadiah iPhone 11, Xiaomi TV 4 32 inch, dan 3 batang emas Treasury ukuran 0,5 gram untuk semua investor dan 100 voucher reksadana Rp50.000 untuk investor baru. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini :

Kode Promo : BIGTREASURE

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

  • Hadiah 1 iPhone 11, 1 Xiaomi TV 4 32 inch, dan 3 batang emas Treasury ukuran 0,5 gram 

  • Untuk investor setia dengan nominal pembelian terbesar

Kode Promo : FIRTSTREASURE

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

  • Hadiah voucher reksadana Rp50.000

  • Untuk 100 investor baru tercepat

 Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo 10.10 Bareksa Emas Treasury All Investor

1. Periode promo  10 - 31 Oktober 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo BIGTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 23 November 2022 melalui akun resmi media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Syarat dan Ketentuan Promo 10.10 Bareksa Emas Treasury New Investor

1. Periode promo  10 - 31 Oktober 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk TRANSAKSI PERTAMA Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo FIRSTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 23 November 2022 melalui akun media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo segera beli emas digital di Bareksa yang antiribet dan dapat fasilitas penitipan. Raih juga hadiahnya yang bikin makin cuan. 

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook.GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.