BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Mulai Menjulang, Potensi Investasi Logam Mulia Raih Cuan

Hanum Kusuma Dewi05 Oktober 2022
Tags:
Harga Emas Mulai Menjulang, Potensi Investasi Logam Mulia Raih Cuan
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Selama seminggu, harga emas menanjak 3,78 persen

Bareksa.com -Harga emas melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini Rabu (5/10/2022), karena melemahnya dolar AS dan imbal hasil surat utang pemerintah AS yang bertenor 10 tahun. Ditambah lagi, investor berharap Federal Reserve mengadopsi pendekatan yang kurang agresif terhadap kenaikan suku bunga acuannya.

Berdasarkan data di website Treasury, harga emas 1 gram Treasury saat ini berada di Rp870.070 dan menyentuh level tertinggi di Rp872.262. Selama seminggu, harga emas menanjak 3,78 persen.

Di pasar spot, harga emas naik 1,57 persen ke US$1.725,87 per ons. Harga ini menjadi level tertinggi sejak 13 September 2022. Emas berjangka AS pun ikut merangkak naik ke US$1.734,8 per ons.

Promo Terbaru di Bareksa

Peningkatan harga emas ini seiring dengan menurunnya imbal hasil (yield) surat utang pemerintah, sehingga membuat minat investor kepada emas meningkat. Saat ini, yield obligasi pemerintah AS yang bertenor 10 tahun turun dari level 4 persen ke 3,6 persen. Lalu, penurunan dolar AS akan membuat instrumen itu menjadi lebih murah bagi pembeli dengan mata uang asing.

Dikutip dari Treasury, Ahli Strategi Pasar RJO Futures, Bob Haberkorn, menilai penguatan harga emas disebabkan oleh pasar yang berekspektasi The Fed akan melonggarkan kebijakan suku bunganya. Lalu, ke depannya, data ketenagakerjaan AS yang akan dirilis pada Jumat ini bisa memberikan lebih banyak kejelasan tentang kebijakan pengetatan suku bunga Fed.

“Kalau data ketenagakerjaan lebih lemah daripada perkiraan, emas akan ngebut,” kata Haberkorn. Namun, kalau yang keluar ternyata lebih kuat daripada ekspektasi pasar, pasar menduga The Fed tetap akan melanjutkan pengetatan suku bunganya.

Analis di Kitco Metals, Jim Wyckoff, menambahkan, pada September 2022, jumlah pekerjaan di sektor non pertanian utama, diperkirakan naik 275 ribu, turun dari Agustus 2022 yang naik 315 ribu. Wyckoff menilai selera pasar terhadap emas meningkat sejak awal pekan ini setelah data indeks manajer pembelian lebih lemah. Data ini menjadi awal pasar berekspektasi The Fed akan melonggarkan kebijakan suku bunga acuannya.

Sekadar informasi, saat ini, emas mencatatkan persentase kenaikan terbesar sejak Maret pada Senin (3/10/2022). Namun, pergerakannya dibayangi oleh kenaikan suku bunga AS. Suku bunga acuan yang tinggi bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

“Emas belum keluar dari masalah, tapi setidaknya kita melihat rebound yang sangat kuat. Langkah pertama (harga emas naik) didorong oleh short covering,” kata Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen.

Menguatnya harga emas juga berpengaruh terhadap harga logam-logam lainnya. Di pasar spot, harga emas melesat 1,4 persen ke US$21,03 per ons, terbaik sejak 2008. Kemudian, platinum meroket 3,17 persen ke US$931,06 per ons dan paladium 4,4 persen ke US$2.317,76 per ons.

Dari global, bank pemasok emas mengurangi pengiriman logam mulia ke India menjelang festival besar. Mereka ingin fokus ke pasar China, Turki, dan lainnya yang menawarkan premi yang lebih baik. Hal ini disampaikan oleh beberapa sumber kepada Reuters.

Bank Sentral Australia telah menaikkan suku bunga acuannya sebesar 0,25 persen setelah kenaikan suku bunga terakhirnya sebesar 0,5 persen. Lalu, zona Euro juga melapor indeks harga produsen pada Agustus 2022 melonjak 44,3 persen secara year on year karena harga biaya energi yang meroket. Jika tidak termasuk energi, indeks harga produsen tetap saja naik, tetapi angkanya 14,4 persen.

Dengan harga emas batangan yang semakin naik, investor yang memiliki investasi emas bisa merasakan cuan. Namun, sebaiknya investasi logam mulia ini dilakukan untuk jangka panjang.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Dengan demikian, kamu bisa melakukan investasi emas dari dan kapan saja karena transaksi dilakukan secara online.

Bareksa Emas menyambut mitra terbaru, yaitu Treasury sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Emas Treasury menawarkan harga yang kompetitif, mudah dan aman. Treasury telah berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Smart Investor Bareksa bisa mulai berinvestasi Emas Treasury mulai dari nominal Rp50.000. Harga Emas Treasury lebih kompetitif, dengan update harga dua kali sehari. Selain itu, transaksi emas Treasury bisa mencapai hingga 10 kilogram per hari.

Promo Emas

Agar Smart Investor makin semangat investasi emas logam mulia, Bareksa dan Treasury juga menawarkan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury berhadiah Emas Treasury senilai Rp50.000 untuk 500 orang pemenang.

Caranya mudah, investor hanya perlu membeli Emas Treasury senilai minimal Rp500.000 dengan kode promo NEWTREASURE. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury

1. Periode promo 21 September - 21 Oktober 2022
2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo NEWTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 10 November 2022 melalui akun resmi media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo berburu emas Treasury di Bareksa Emas, dapatkan cuan berlipat!

(hm)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua