Harga Emas Hari Ini Mulai Naik, Waktunya Borong?

Kembali berkilaunya logam mulia didorong oleh indeks dolar AS yang melemah dan kenaikan harga minyak mentah
Abdul Malik • 23 Nov 2022
cover

Ilustrasi harga emas mulai naik didorong pelemahan indeks dolar AS. (Shutterstock)

Bareksa.com -​Harga emas mulai bangkit pada perdagangan Selasa waktu Amerika Serikat (AS). Kembali berkilaunya logam mulia didorong oleh indeks dolar AS yang melemah dan kenaikan harga minyak mentah. Dilansir Kitco News (22/11/2022), melemahnya imbal hasil acuan Obligasi Pemerintah Negara Paman Sam (US Treasury) membatasi minat investor untuk menjual logam mulia. Harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Desember naik US$2,2 jadi US$1.741,8 per troy ounce. 

Sentimen utama pasar pada Rabu waktu AS, atau Rabu malam WIB ialah terkait rilis risalah hasil rapat Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) yang terakhir. Risalah akan berisi petunjuk baru tentang jalur dan waktu kebijakan moneter The Fed di masa depan. Harga minyak mentah Nymex menguat dan diperdagangkan sekitar US$81,50 per barel. Sedangkan imbal hasil benchmark Treasury AS 10 tahun saat ini di level 3,773%.

Menurut Kitco News, secara teknikal, untuk skenario bullish level resistance harga emas berjangka berikutnya ialah di level US$1.791,8. Sedangkan untuk skenario bearish, sasaran harga emas jangka pendek berikutnya ialah di level US$1.675 per troy ounce. Level resistensi pertama terlihat di level tertinggi pekan ini di US$1.755 dan kemudian di US$1.770. 

Adapun harga emas di dalam negeri, yakni harga beli emas Pegadaian di fitur Bareksa Emas hari ini, Rabu (23/11/2022) sedikit naik jadi Rp916.000 per gram, dibandingkan Selasa Rp914.000 per gram. Namun, harga beli emas Treasury di fitur Bareksa Emas hari ini, Rabu masih melemah di Rp907.356 per gram, dari Selasa Rp910.013 per gram. 

Berdasarkan survei mingguan Kitco Metals, sentimen pasar tidak memberikan arah yang jelas untuk harga emas dalam waktu dekat. Pekan kemarin, logam kuning mempertahankan sebagian besar kenaikannya bulan ini di US$1.750 per ounce. Harga emas punya sedikit kecenderungan untuk bullish.

Menurut beberapa analis, setelah reli hampir 11% dalam 3 pekan bulan ini, harga emas diprediksi naik ke US$1.800. Emas juga akan mengalami konsolidasi yang sehat. Dalam survei mingguan Kitco, dari 20 analis Wall Street, ada 40% responden yang menyerukan harga emas naik minggu ini, 35% bearish dan 25% netral. Kemudian, dari 495 suara di jajak pendapat online Main Street, ada 45% responden yang memperkirakan harga emas naik minggu ini, 36% turun, dan 20% lainnya netral.

Promo Investasi Emas

Saat ini Bareksa dan Treasury sedang menggelar promo investasi emas bertajuk Promo 11.11 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. Tersedia hadiah 200 voucher reksadana senilai Rp50.000 untuk investor baru dan 200 voucher reksadana untuk investor pembeli tercepat. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini : 

Kode Promo : 1STREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor transaksi pertama

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

Kode Promo : FASTREASURE

  • Hadiah 200 voucher reksadana @ Rp50.000

  • Untuk investor tercepat

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp750.000

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini

Syarat dan Ketentuan Promo FundFest 11.11 Emas Treasury Bareksa

1. Periode promo  1 - 30 November 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo FASTREASURE atau 1STREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Nasabah dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 21 Desember 2022 melalui media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang, jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Tertarik meraih dobel cuan dari investasi emas logam mulia sekaligus hadiah promonya? Segera cuss investasi logam mulia di Bareksa Emas.  

(AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin