Kinerja United Tractors Semester I Moncer, Ini Reksadana Berportofolio Saham UNTR

Pada perdagangan Rabu, saham UNTR ditutup melesat 3,26% ke level Rp33.950
Abdul Malik • 04 Aug 2022
cover

Ilustrasi penjualan alat berat Komatsu milik PT United Tractors Tbk (UNTR) melesat sehingga mendongkrak harga saham perseroan dan kinerja saham dengan portofolio UNTR. (Shutterstock)

Bareksa.com - Harga saham PT United Tractors Tbk (UNTR), masih melanjutkan tren positif pasca rilis kinerja keuangan semester I 2022. Pada perdagangan Rabu (3/8/2022), saham UNTR ditutup melesat 3,26% ke level Rp33.950 per saham.

Di sisi lain, saham emiten agen penjual alat berat merek Komatsu tersebut juga menjadi buruan investor asing yang tercermin dari catatan aksi beli bersih (net buy) yang mencapai Rp86,75 miliar. Saham UNTR jadi saham dengan nilai net buy terbesar ketiga di bursa pasa perdagangan kemarin.

Sebagai informasi, anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) ini membukukan laba bersih Rp10,4 triliun sepanjang periode enam bulan pertama di 2022. Jumlah ini melesat 129% dari laba bersih periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp4,5 triliun.

Mengutip laporan keuangan di laman Bursa Efek Indonesia, Kamis (28/7), kenaikan laba bersih UNTR sejalan dengan kenaikan pendapatan. Sampai dengan semester pertama tahun 2022, pendapatan bersih konsolidasian UNTR mencapai Rp60,4 triliun atau meroket 62% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021.

Masing-masing unit usaha yaitu mesin konstruksi, kontraktor penambangan, pertambangan batu bara, pertambangan emas, dan industri konstruksi secara berturut-turut memberikan kontribusi 29%, 33%, 31%, 6% dan 1% terhadap total pendapatan bersih konsolidasian UNTR.

Reksadana dengan Portofolio Saham UNTR

Melihat adanya sentimen positif terhadap saham UNTR, maka menarik untuk mengetahui kira-kira produk reksadana apa saja yang memiliki saham ini dalam portofolionya? 

Berikut beberapa reksadana di Bareksa yang tercatat menjadikan saham UNTR sebagai underlying asset dalam portofolionya.

Sumber: Bareksa

Berdasarkan penelusuran Bareksa dari fund fact sheet yang ada, setidaknya terdapat 37 produk reksadana yang tercatat memiliki saham UNTR dalam portofolionya. Jenis reksadana tersebut pun beragam mulai dari reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana indeks & ETF atau index fund.

Beberapa produk reksadana tersebut diantaranya Avrist Ada Saham Blue Safir, BNI AM Indeks IDX30, Cipta Syariah Balance, Manulife Syariah Sektoral Amanah Kelas A, Principal Indo Domestic Equity Fund, Reksa Dana Allianz Alpha Sector Rotation, Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund Kelas A, Simas Danamas Saham, Bahana Dana Prima, BNP Paribas Ekuitas, Maybank Dana Ekuitas, Mandiri Investa Aktif, hingga Schroder Syariah Balanced Fund

Dengan banyaknya saham UNTR menjadi underlying asset dari portofolio reksadana, menandakan saham ini dinilai memiliki fundamental dan prospek yang menarik di mata para manajer investasi pengelola dana.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.