Untung Rugi Investasi Emas Perhiasan dan Logam Mulia

Emas dinilai banyak kalangan memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan jenis instrumen investasi lain
Abdul Malik • 08 Oct 2021
cover

Ilustrasi investasi emas logam mulia yang terbanyak dipilih sebagai instrumen investasi masa depan oleh investor. (Shutterstock)

Bareksa.com - Emas perhiasan maupun emas batangan atau kerap disebut logam mulia, menjadi salah satu instrumen investasi favorit masyarakat sebagai investor. Salah satu alasannya, emas dinilai banyak kalangan memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan jenis instrumen investasi lain.

Melansir laman resmi Sahabat Pegadaian, ada tiga alasan mengapa emas banyak dipilih sebagai simpanan atau instrumen investasi, yaitu:

Pertama, mudah diperoleh dan mudah diuangkan. Emas bisa diperoleh di toko emas ataupun lembaga keuangan terdekat. Selain itu, lokasi penjualannya juga mudah ditemukan.

Kedua, harga emas cenderung naik.

Ketiga, emas bisa digunakan sebagai jaminan. Alih-alih menjualnya, Anda bisa memilih untuk memanfaatkan emas sebagai jaminan dalam mengajukan pinjaman. Uang bisa diperoleh, emas pun tetap ada di tangan setelah ditebus kembali.

Pilih Emas Perhiasan atau Emas Batangan?

Sebaiknya memilih emas perhiasan atau dalam bentuk batangan atau logam mulia?. Kedua bentuk emas ini masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Emas Perhiasan

Berikut kelebihan yang bisa diperoleh investor jika memilih emas dalam bentuk perhiasan antara lain :

~ Sekaligus dipakai untuk mempercantik penampilan. 

Selain sebagai barang simpanan, emas perhiasan dapat pula digunakan untuk mempercantik penampilan.

~ Tersedia beragam pilihan di pasaran.

Perhiasan bisa ditemukan di pasaran dalam berbagai bentuk. Mulai dari cincin, kalung, hingga anting-anting.

Di sisi lain ada kekurangan investasi emas dalam bentuk perhiasan, antara lain:

~ Nilai jual yang rendah.

Perhiasan cenderung memiliki nilai jual yang lebih rendah. Sebaiknya investor juga mempertimbangkan nilai perhiasan dipengaruhi oleh biaya pembuatannya yang tak murah.

~ Butuh perawatan khusus.

Perhiasan juga perlu perawatan yang cermat. Kalau tidak, perhiasan bisa rusak atau terlihat kusam dan hal ini pun berdampak langsung pada nilai jual perhiasan.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Batangan

Sementara itu banyak kalangan berpendapat kalau emas batangan atau logam mulia, lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan emas perhiasan. Tapi tunggu dulu, ada baiknya Anda juga melihat sisi plus minus logam mulia.

Kelebihan emas batangan atau logam mulia berupa harga jual cenderung lebih tinggi. Dibandingkan dengan perhiasan, emas batangan memang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Alasannya, karena emas batangan tidak memerlukan biaya desain seperti yang dijumpai pada perhiasan.

Di sisi lain kekurangan investasi logam mulia antara lain Anda membutuhkan tempat penyimpanan khusus. Emas batangan kerap membutuhkan sarana penyimpanan khusus. Apalagi, kalau Anda memiliki emas dalam jumlah yang banyak.

Apakah emas perhiasan atau emas batangan yang Anda pilih sebagai salah satu instrumen investasi? Sesuaikan dengan kebutuhan ya agar investasimu meriah cuan di kemudian hari.

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.