BeritaArrow iconBareksa BisnisArrow iconArtikel

Panduan Investasi Buat Juragan Bisnis dan Investor Institusi, Potensi Cuan hingga 7,1%

Abdul Malik11 Juli 2024
Tags:
Panduan Investasi Buat Juragan Bisnis dan Investor Institusi, Potensi Cuan hingga 7,1%
Ilustrasi eksekutif dari perusahaan investor institusi atau juragan bisnis yang gembira karena berhasil mencapai target imbal hasil investasinya tahun ini. (Shutterstock)

Reksadana pendapatan tetap berbasis obligasi korporasi bisa dipertimbangkan karena imbal hasil menarik dan kinerjanya stabil

Bareksa.com - Memasuki semester II, para juragan bisnis dan investor institusi biasanya tengah mengevaluasi kinerja investasinya sepanjang paruh pertama di 2024. Jika hasilnya kurang memuaskan, maka evaluasi seperti mengganti produk investasi akan dilakukan agar kinerja di semester II menggembirakan.

Beberapa investor institusi, seperti lembaga dana pensiun menetapkan target imbal hasil investasi (ROI) di kisaran 7% per tahun. Target itu disusun untuk memberikan hasil investasi yang stabil, agar bisa digunakan untuk kewajiban pembayaran manfaat pensiun yang jatuh tempo. Tidak berbeda, investor institusi lain, seperti organisasi, koperasi, yayasan, hingga perusahaan asuransi juga punya tujuan serupa. Adapun juragan bisnis perlu mengamankan keuntungan usahanya agar tak tergerus inflasi dengan cara investasi, dibanding hanya menyimpan di deposito.

Buat kamu para juragan bisnis dan investor institusi tidak perlu bingung mencari produk investasi yang cocok. Sebab di super app investasi Bareksa, tersedia fitur Bareksa Bisnis yang bisa dimanfaatkan sebagai panduan cuan dalam berinvestasi. Saat ini tersedia sekitar 262 produk reksadana, saham hingga emas di Bareksa. Bahkan, buat juragan bisnis bisa investasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel di pasar perdana di Bareksa.

Promo Terbaru di Bareksa

Daftar Bareksa Bisnis di Sini

Reksadana Obligasi Potensi Cuan hingga 7,1%

Ada kabar gembira buat juragan bisnis dan investor institusi yang sedang mencari produk investasi yang kinerjanya cukup stabil, namun imbal hasil menarik. Sebab Bareksa kedatangan dua reksadana pendatang baru yakni Mega Dana Pendapatan Tetap dan Insight Renewable Energy Fund. Dua produk itu menambah panjang daftar penghuni reksadana berbasis obligasi korporasi di Bareksa, yang kini jumlahnya menjadi 10 produk reksadana.

Menurut Tim Analis Bareksa, reksadana pendapatan tetap berbasis obligasi korporasi bisa dipertimbangkan oleh investor institusi dan juragan bisnis. Sebab tak hanya memberi cuan menarik, namun juga kinerjanya stabil di tengah gejolak pasar saat ini, akibat belum pastinya rencana pemangkasan suku bunga Amerika Serikat (AS).

Mega Dana Pendapatan Tetap dan Insight Renewable Energy Fund jadi penghuni baru di Bareksa sejak pekan lalu. Catatan kinerjanya cukup ciamik, di mana untuk periode 1 tahun berhasil menduduki top 5 return tertinggi untuk jenis reksadana pendapatan tetap di Bareksa.

Reksadana Obligasi Korporasi Pendatang Baru di Bareksa

Reksadana Obligasi Korporasi

Return YtD (%)

Return 1 Tahun (%)

Dana Kelolaan (AUM)

Insight Renewable Energy Fund

3,39

7,16

Rp488 miliar

Mega Dana Pendapatan Tetap

3,28

6,49

Rp25 miliar

Sumber: Bareksa, kinerja per 4 Juli 2024​

Beli Insight Renewable Energy Fund di Sini

Beli Mega Dana Pendapatan Tetap di Sini

Insight Renewable Energy Fund mencatat imbal hasil 7,16% setahun terakhir (per 4 Juli 2024), karena porsi obligasi korporasinya cukup agresif dibanding produk lain, yakni hampir 90%. Sementara sisanya di instrumen pasar uang.

Illustration

Sumber : Bareksa

Sedangkan reksadana Mega Dana Pendapatan Tetap memiliki dana kelolaan (AUM) lebih kecil dibandingkan produk dalam daftar top 5 lainnya. Namun hal ini justru jadi daya tarik tersendiri, sebab manajer investasi jadi punya keleluasan lebih dalam mengelola portofolionya. Ini justru jadi peluang bagi reksadana tersebut bisa mencatat kinerja lebih unggul, dibandingkan produk lain yang dana kelolaannya sangat besar.

Perlu dicatat, Tim Analis Bareksa menyeleksi ketat daftar reksadana pendatang baru di super app investasi Bareksa. Tidak hanya mempertimbangkan kinerja dan dana kelolaan, namun juga tata kelola yang baik (GCG) manajer investasinya.

Daftar Bareksa Bisnis di Sini

Investasi di Bareksa Bisnis

Super app investasi Bareksa kini menyediakan solusi investasi khusus usaha, untuk membantu berbagai jenis bisnis baik berupa UMKM atau institusi seperti yayasan, dana pensiun hingga korporasi besar dalam mengelola keuangan dan memaksimalkan keuntungan usaha, melalui investasi reksadana dengan memanfaatkan platform Bareksa Bisnis.

Semua jenis bisnis dapat membuka akun di layanan ini, baik yang sudah berbadan hukum berupa CV maupun PT, ataupun yang masih dimiliki perseorangan. Bagi yang sudah berbadan hukum, syaratnya harus mendaftarkan NPWP badan usaha mereka.

Pemilik bisnis atau institusi yang mendaftar menjadi investor di Bareksa akan mendapat pendampingan investasi oleh relationship manager yang berpengalaman dari Bareksa. Platform Bareksa Bisnis juga menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan, antara lain otorisasi berlapis sebagai mekanisme kontrol perusahaan, notifikasi pengingat hasil investasi, serta laporan investasi yang lengkap untuk memudahkan pengelolaan manajemen kas perusahaan.

Apa saja fitur di Bareksa Bisnis?

1. Multiple User Access
Beberapa stakeholder dapat masuk ke dalam akun institusi yang terdaftar.

2. Investment Report​​
Menyajikan laporan data investasi bagi para stakeholder.

3. Document Approval
Mendukung alur kerja institusi dalam bertransaksi.

4. Order Reminder​​
Sebagai pengingat untuk investasi secara rutin.

Daftar Bareksa Bisnis di Sini

Keuntungan Berinvestasi di Bareksa Bisnis

1. Terdaftar dan Diawasi OJK
Bareksa Bisnis
memiliki lisensi sebagai agen penjual reksadana (APERD) di website OJK.

2. Sistem yang Aman
Bareksa Bisnis
memiliki keamanan berlapis dengan tim support khusus jika terjadi kendala.

3. Lengkap & Mudah Diakses
Hanya dengan mengakses website tanpa perlu install aplikasi, dapatkan tampilan portfolio yang komprehensif.

4. Relationship Manager Berpengalaman
Dapatkan rekomendasi reksadana untuk perjalanan dan hasil investasi yang lebih optimal.

5. Gratis Biaya Transaksi
Investor Institusional tidak dibebankan biaya pembelian maupun penjualan. Kecuali produk reksadana dari manajer investasi Schroders dan Sinarmas.

Contoh Fitur Bareksa Bisnis

Illustration

Sumber : Bareksa

Ayo segera daftar di Bareksa Bisnis dan kelola dana kas lebih baik dengan investasi di Bareksa.

Daftar Bareksa Bisnis di Sini

(Sigma Kinasih/AM)

* * *

- Download super app investasi Bareksa di App Store
- Download super app investasi Bareksa di Google Play Store
- Daftar akun di Bareksa sebagai pelaku usaha di sini

DISCLAIMER​

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.338,94

Up0,58%
Up3,68%
Up0,04%
Up4,66%
Up18,55%
-

Capital Fixed Income Fund

1.794,02

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,96%
Up16,43%
Up40,17%

I-Hajj Syariah Fund

4.874,98

Up0,57%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,69%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,43

Up0,51%
Up3,59%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,24

Up0,28%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,24%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua