Bareksa Insight: Punya SBN dan Obligasi Korporasi, Reksadana Syailendra dan Trimegah Cuan 7% Setahun

Hanum Kusuma Dewi • 17 Apr 2023

an image
Ilustrasi investasi reksadana pendapatan tetap yang berisikan SBN dan obligasi korporasi, digambarkan dengan tumpukan koin dan latar belakang grafik naik. (Shutterstock)

Reksadana pendapatan tetap ini berpeluang meraih tambahan imbal hasil bila suku bunga acuan turun

Bareksa.com - Tim Analis Bareksa merekomendasikan reksadana pendapatan tetap yang memiliki investasi sekaligus di obligasi negara dan obligasi korporasi, yakni Syailendra Pendapatan Tetap Premium dan Trimegah Dana Tetap Syariah. Sebab, kedua reksadana ini berpeluang mendapatkan tambahan imbal hasil hingga 1% apabila terjadi penurunan suku bunga acuan sebesar 1%.

Per 12 April 2023, reksadana Syailendra Pendapatan Tetap Premium mencatatkan kinerja imbal hasil (return) hingga 7,81% dalam setahun. Dalam periode yang sama, reksadana Trimegah Dana Tetap Syariah mencatatkan imbal hasil 6,21% setahun. 

Beli Syailendra Pendapatan Tetap Premium

Menurut Tim Analis Bareksa, pergerakan nilai aktiva bersih (NAB) kedua produk ini cukup stabil berkat adanya obligasi korporasi dengan rata-rata peringkat single A dan durasi yang pendek. Makanya, fluktuasi portofolio reksadana lebih terjaga.

Alasan yang mendasari pemilihan produk reksadana ini adalah penguatan obligasi negara bakal terbatas dalam sebulan ke depan. Hal ini mengingat Bank Sentral AS kemungkinan besar akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,25% untuk terakhir kalinya di bulan Mei, meskipun inflasi AS turun menjadi 5% pada Maret lalu. 

Beli Trimegah Dana Tetap Syariah

Selain itu, Dana Moneter Internasional (IMF) juga kembali mengingatkan bahwa risiko tahun ini masih tinggi sehingga memangkas pertumbuhan ekonomi global sebesar 0,1% menjadi 2,8%. Hal tersebut dapat membuat investor global mengalihkan dananya ke negara berkembang yang memiliki fundamental baik seperti Indonesia, Brazil, dan China. Karena itu, terbuka peluang baik Rupiah maupun harga obligasi negara bakal ditutup menguat di penghujung tahun.

Sejumlah produk reksadana pendapatan tetap yang dapat dicermati pekan ini adalah sebagai berikut: 

Rekomendasi Reksadana Pendapatan Tetap

Sumber : Tim Analis Bareksa, per 12 April 2023

Perlu diingat, investasi mengandung risiko, sehingga Smart Investor perlu membekali diri dengan informasi soal potensi keuntungan dan risiko dari investasinya di pasar keuangan.

Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

(Ariyanto Dipo Sucahyo/hm)

* * * 

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.