BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Emas Bisa Jadi Pilihan Investasi yang 'Aman' untuk Masa Depan

21 April 2016
Tags:
Emas Bisa Jadi Pilihan Investasi yang 'Aman' untuk Masa Depan
Pelayan toko memeriksa perhiasan emas yang dijual di Kediri, Jawa Timur, Senin (14/7) - ( ANTARA FOTO/Rudi Mulya)

Pertumbuhan aset yang cenderung stabil, membuat emas popular sebagai alternatif investasi jangka panjang

Bareksa.com - Sejak dulu hingga sekarang, emas merupakan instrumen investasi yang sangat populer di masyarakat. Banyak masyarakat memilih emas sebagai investasi karena dianggap aman dan menguntungkan. Pertumbuhan aset emas cenderung stabil dari masa ke masa, bahkan kenaikannya bisa melebihi nilai inflasi di suatu negara.

Emas merupakan investasi aset yang riil karena secara fisik memiliki wujud dan nyata bentuknya. Emas juga mudah diperjualbelikan dengan cepat (likuid). Apabila membutuhkan uang yang sifatnya segera (urgent), kita dapat langsung menjual emas di toko perhiasan dan pada saat itu juga kita sudah bisa menerima uangnya.

Pada umumnya, sebagian besar masyarakat berinvestasi pada emas yang berjenis perhiasan (jewelry) dan batangan (bar). Meski sama sama emas, tapi ada perbedaan di antara keduanya.

Promo Terbaru di Bareksa

Selain untuk berinvestasi, emas berjenis perhiasan dapat dijadikan sebagai aksesoris untuk mempercantik diri kaum hawa. Namun, emas jenis ini biasanya lebih mahal dibanding emas batangan karena ada biaya pembuatan perhiasan emas tersebut.

Jika proses pembuatan emas semakin rumit maka harganya akan semakin mahal. Pada saat ingin menjual emas perhiasan ini, biasanya toko emas membelinya dengan harga yang lebih murah karena dipotong biaya pembuatan perhiasan tersebut. Efeknya itu dapat mengurangi nilai keuntungan yang kita peroleh dari berinvestasi perhiasan emas.

Emas batangan memiliki tingkat keuntungan dan jaminan yang lebih tinggi. Sebab emas jenis ini memiliki sertifikat keaslian dan informasi terkait emas seperti berat, ukuran dan tingkat kadar emasnya.

Kita dapat membeli logam mulia emas batangan ini di kantor Pegadaian resmi atau di PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. Ukuran emas batangan yang tersedia dari berbagai ukuran seperti 1 gram, 5 gram, 10 gram dan bahkan hingga 1.000 gram (1 kg) dengan kadar emas 999,9 persen. Semakin besar ukuran emas batangan, maka harga emas per gramnya akan lebih murah.

Lantaran tidak ada ongkos dalam pembuatannya, emas batangan banyak dipilih oleh investor untuk berinvestasi.

Dalam berinvestasi emas ini, ada hal yang perlu diketahui, yakni meski secara jangka panjang pertumbuhan emas cenderung meningkat, tapi dalam jangka pendek nilai emas ini dapat naik turun.

Hal tersebut dikarenakan emas merupakan salah satu komoditas yang diperdagangkan secara global dengan menggunakan dolar. Pergerakan dolar terhadap rupiah juga akan mempengaruhi harga emas di dalam negeri. Apabila dolar menguat terhadap rupiah maka harga emas akan cenderung meningkat dan begitu sebaliknya pada saat dolar melemah terhadap rupiah maka harga emas akan cenderung turun.

Selain pergerakan dolar, harga emas juga terbentuk sesuai dengan permintaan atau penawaran di pasar komoditas logam mulia ini. Jika permintaan terhadap emas tinggi, maka harga emas akan cenderung naik.

Harga jual (harga investor membeli emas) emas Antam hari ini (Kamis, 21 April 2016) sebesar Rp527 ribu/gram dan harga beli (harga investor menjual emas) emas antam sebesar Rp522 ribu/gram. Sejak awal tahun hingga hari ini, harga emas Antam telah melonjak 10 persen ditopang kenaikan harga emas dunia.

Meningkatnya harga emas dalam tiga bulan pertama tahun ini terjadi akibat pelemahan dolar Amerika terhadap Euro setelah Bank Sentral Amerika, The Fed mulai menaikkan suku bunga acuan secara bertahap. Selain itu awal tahun lalu pasar modal China juga bergejolak.

Dua hal ini yang mengangkat harga emas karena berinvestasi pada emas menjadi salah satu alternatif pilihan investasi yang aman (save haven) pada saat ketidakpastian (volatilitas) tinggi terjadi di pasar keuangan.

Grafik: Pergerakan harga emas harian di PT. Aneka Tambang (Antam) Tbk dalam satu tahun terakhir

Illustration

Sumber: Antamgold.com

* * *

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua