BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Ada Rahasia Apa di Balik Cicilan 0 Persen Kartu Kredit?

06 Februari 2016
Tags:
Ada Rahasia Apa di Balik Cicilan 0 Persen Kartu Kredit?
Ilustrasi cicilan 0% kartu kredit - (Duitpintar.com)

Mungkinkah ada maksud tersembunyi dari fasilitas cicilan 0 persen dari kartu kredit tersebut?

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Illustration

Duitpintar.com - Anda pasti sudah pernah mendengar pepatah "ada udang dibalik batu." Dan tentu saja Anda juga mengetahui artinya, yaitu ada maksud tersembunyi di balik suatu hal.

Promo Terbaru di Bareksa

Misalnya ada teman tiba-tiba tersenyum sendiri saat bertemu. Mungkin dia ingin meminjam sejumlah uang ke kita.

Nah, pepatah ini sering disematkan ke fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit. Fasilitas ini dibilang penuh jebakan dan membuat orang menyesal.

Padahal sebenarnya tidak ada apa-apa di balik cicilan 0 persen kartu kredit. Bank tidak akan berani menjebak karena ada polisi lembaga keuangan yang bernama Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kita bisa mengadu ke OJK jika ngerasa bank sewenang-wenang. Kalau ngelanggar hukum pidana, bank malah bisa dimejahijaukan.

Mungkin kita cuma kurang paham saja dengan aturan main fasilitas cicilan 0 persen kartu kredit. Tapi memang, bank gak selamanya ngasih penjelasan sejelas-jelasnya ke kita soal layanannya.

Di bawah ini adalah 4 hal di balik cicilan 0 persen kartu kredit yang disangka orang disembunyikan bank. Sebenarnya kelimanya memang aturan, jadi kita berhak mengetahuinya sebagai nasabah.

1. Limit Berkurang Sebesar Harga Barang

Misalnya limit kartu kredit Rp10 juta, lalu ingin beli handphone Samsung seharga Rp8 juta dengan fasilitas cicilan 0 persen. Otomatis limit kartu kredit saat transaksi berkurang Rp8 juta.

Jadi, limit tinggal Rp2 juta. Cicilan pada bulan-bulan berikutnya akan menambah limit sampai cicilan lunas.

Contohnya bulan depan nyicil Rp1 juta, berarti limit jadi Rp3 juta. Bulan depannya lagi Rp1 juta, artinya limit Rp4 juta. Dan seterusnya sampai cicilannya lunas dan balik ke Rp10 juta sesuai dengan limit awal.

2. Tidak ada Cashback/Point Rewards

Bank kemungkinan besar tidak akan memberikan bonus berupa cashback/point rewads dalam transaksi cicilan 0 persen kartu kredit. Soalnya bank udah menganggap cicilan 0 persen itu sebagai “bonus”.

3. Ada Biaya Administrasi

Entah kenapa biaya administrasi ini ada di mana-mana, dari membeli rumah sampai mengurus pemakaman. Tapi itulah aturannya. Dalam layanan cicilan 0 persen kartu kredit, ada juga biaya administrasi.

Biaya ini berkisar 3 persen dari total pembelian. Besar biaya tergantung pada masing-masing bank penerbit kartu kredit. Misalnya nih, kartu kredit Maybank gak ada biaya admin tapi tergantung jenis kartunya.

4. Tidak Bisa Menutup Kartu

Selama cicilan belum lunas, jangan harap bisa menutup kartu kredit itu. Tapi masalahnya, kalau ingin melunasi sebelum jatuh tempo ada biaya lagi.

Sama seperti poin nomor 3: “biaya administrasi”. Bank ngasih layanan cicilan 0 persen tentu bukan dalam rangka cari rugi. Jadi mereka pastinya ingin layanan itu selesai sesuai dengan perjanjian awal.

Keempat poin di atas sebenarnya udah menjadi rahasia umum. Kalau kita belum tahu, mungkin kita memang orang-orang khusus. Khusus harus diberitahu bahwa cicilan 0 persen tidak bisa diambil sembarangan karena ada aturannya.

Yang paling dikeluhkan orang adalah setelah memakai cicilan 0 persen lalu kartu kredit ditolak karena kelebihan limit. Tentu saja, kan limit dikurangi sebesar harga barang/jasa yang dibeli dengan cicilan itu.

Masih mending kartu ditolak, kalau dikenai surcharge alias biaya tambahan gara-gara overlimit, bisa membuat pusing kepala. Jadi pastikan ketahui dulu segala aturan yang berlaku sebelum pakai layanan dari perbankan, semenarik apa pun layanan itu.

***

Baca juga :

Dilarang Keras Menutup Kartu Kredit Sembarangan, Perhatikan 7 Poin Penting Ini!

Argumentasi Kuat untuk Memperbesar Limit Kartu Kredit Kesayangan

4 Strategi Pintar dan Ampuh untuk Komplain Pelayanan Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua