BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Beli Reksa Dana Online di Bareksa Sangat Mudah, Simak Tutorial Berikut Ini

29 Juli 2015
Tags:
Beli Reksa Dana Online di Bareksa Sangat Mudah, Simak Tutorial Berikut Ini
Daftar Reksa Dana di Bareksa.com (Bareksa/Alfin Tofler)

Anda dapat melakukan transaksi reksa dana dimana saja secara online

Bareksa.com - Bagaimana cara membeli reksa dana? Apakah sulit? Mungkin itulah pertanyaan yang terlintas di pikiran Anda ketika ingin memulai berinvestasi reksa dana. Reksa dana dapat dibeli melalui perusahaan manajer investasi yang mengelola reksa dana tersebut ataupun melalui agen penjual reksa dana. (Baca juga: Masih Bingung Dimana Beli Reksa Dana? Ini Daftar Agen Resmi dari OJK)

Makin banyaknya agen penjual reksa dana memudahkan masyarakat yang memiliki keinginan untuk berinvestasi reksa dana. Bahkan seiring dengan kemajuan teknologi, Anda dapat melakukan transaksi reksa dana secara online dari manapun, namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui hal ini.

Salah satu agen penjual reksa dana (APERD) yang menawarkan transaksi secara online adalah PT Buana Capital. Perusahaan sekuritas ini bekerja sama dengan Bareksa.com membuat suatu platform yang memudahkan investor untuk melakukan transaksi reksa dana, bahkan masyarakat dapat melakukan pembukaan rekening reksa dana secara online.

Promo Terbaru di Bareksa

Lalu bagaimana melakukan pembelian reksa dana pada platform Bareksa?

Untuk membeli reksa dana secara online, Anda harus membuka rekening reksa dana online terlebih dahulu. (Baca juga: Buka rekening Reksa Dana Tidaklah Sulit, Anda Juga Bisa Lakukan Dari Rumah)

Jika Anda telah membuka rekening online, maka Anda dapat meng-klik menu Reksa Dana Online pada halaman awal website Bareksa. Pada menu tersebut, akan tampak pilihan menu untuk membeli reksa dana.

Tahap awal untuk melakukan pembelian reksa dana adalah memilih reksa dana yang akan dibeli. Kemudian pastikan Anda telah membaca informasi lainnya mengenai reksa dana tersebut, seperti profil reksa dana, prospektus dan fund fact sheet. Investor diminta untuk membaca informasi tersebut karena dalam prospektus dijelaskan profil reksa dana, biaya yang diperlukan, ataupun keterangan lainnya terkait reksa dana tersebut.

Sementara fund fact sheet lebih menjelaskan mengenai alokasi portofolio reksa dana serta kinerja reksa dana tersebut selama beberapa periode tertentu. Dengan membaca informasi tersebut akan mempermudah investor untuk memahami return ataupun risiko dari investasi reksa dana yang dipilihnya. Setelah membaca informasi tersebut, lalu ceklis kolom persetujuan yang tersedia.

Tahap I Formulir Pembelian Reksa Dana Online

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Masukkan nilai pembelian yang diinginkan dan klik "selanjutnya". Jika ada biaya transaksi pembelian reksa dana, maka sistem secara otomatis akan menghitung biaya transaksi tersebut. Kemudian sistem akan menampilkan ringkasan instruksi pembelian yang telah dilakukan oleh investor.

Klik "kirim kode konfirmasi" yang tertera pada kolom konfirmasi order yang berada di bagian bawah halaman tersebut dan masukkan kembali kode konfirmasi pembelian yang dikirimkan ke nomor hp yang telah didaftarkan oleh investor, serta klik "konfirmasi".

Tampilan Konfirmasi Order yang Berada pada Bagian Bawah Ringkasan Instruksi Pembelian

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Setelah seluruh tahap pembelian selesai, akan tampil bukti instruksi pembelian reksa dana dan disertakan nomor rekening yang digunakan untuk mentransfer dana sejumlah total pembelian reksa dana tersebut.

Tampilan Bukti Instruksi Pembelian Reksa Dana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Apabila Anda telah melakukan pembayaran, investor harus mengkonfirmasi pembayaran tersebut. Anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran melalui email. Buka dan cek email yang telah didaftarkan sebagai kode akses transaksi reksa dana online.

Tampilan Email yang Berisi Tautan Konfirmasi Pembayaran

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Klik tautan konfirmasi pembayaran yang tersedia di bagian bawah email tersebut, maka akan tampil halaman sebagai berikut.

Tampilan Halaman Konfirmasi Pembayaran Reksa Dana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Klik tombol disamping logo bank tujuan transfer dan lampirkan bukti transfer pembayaran reksa dana. Isi data asal bank dan tanggal transfer pembayaran reksa dana tersebut, kemudian klik "konfirmasi". Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, reksa dana yang Anda beli akan diproses.

Jumlah reksa dana yang Anda beli akan dihitung berdasarkan nilai aktiva bersih (NAB) pada hari yang sama ketika Anda transaksi, jika Anda melakukan pembelian sebelum pukul 13.00 WIB. Jika setelah pukul 13.00 WIB, jumlah unit reksa dana yang Anda beli akan berdasarkan NAB keesokan harinya.

***

Anda tertarik berinvestasi reksa dana, produk investasi resmi yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan RI? Jika tertarik, silakan mendaftar menjadi nasabah marketplace reksa dana online terintegrasi Bareksa - Buana Capital dengan mengklik tautan ini.

Jika Anda ingin belajar dan mendalami investasi reksa dana, termasuk bagaimana menggunakan berbagai perangkat onlineuntuk mengukur, membandingkan, dan memonitor reksa dana dengan return terbaik, silakan mengikuti workshop Bareksa Fund Academy online maupun offline. Untuk mendaftar silakan klik tautan ini. GRATIS.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua