BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Punya Kartu Kredit Tapi Tidak Digunakan? Hadapi 7 Konsekuensi Ini

28 Juli 2015
Tags:
 Punya Kartu Kredit Tapi Tidak Digunakan? Hadapi 7 Konsekuensi Ini
Ilustrasi kartu kredit. (Duitpintar.com)

Bukannya memperoleh manfaat kita malah rugi karena memiliki kartu kredit

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Illustration

DuitPintar.com - Hati-hati jika memiliki kartu kredit tetapi tidak digunakan karena bisa mendatangkan konsekuensi yang memberatkan. Sekali kartu kredit sudah diaktifkan, dia akan terus hidup sampai ada keputusan penonaktifan dari pemegang kartu kredit atau pun bank.

Promo Terbaru di Bareksa

Berikut ini 7 hal yang wajib diperhatikan jika punya kartu kredit tapi tidak digunakan:

1. Annual fee

Seperti disebutkan sebelumnya, kartu kredit yang aktif tetap hidup walau tak digunakan. Hidup di sini artinya ada tagihan atas transaksi kartu kredit itu. Transaksi itu bukan hanya pembayaran pakai kartu kredit, tapi juga iuran tahunan atau annual fee.

Kita akan tetap dibebani iuran tahunan setiap kali tagihan dikirim per bulan. Mungkin kita bisa santai berleha-leha karena kartu kredit itu dijanjikan bebas iuran tahunan. Tapi ingat, biasanya fasilitas gratis iuran tahunan ini hanya berlaku satu tahun. Setelah satu tahun, datanglah biaya tambahan itu.

2. Utang Menumpuk

Ini berkaitan dengan iuran tahunan di atas. Jika dibebani iuran tahunan tapi kita lupa membayar karena tak pernah pakai kartu kredit itu, bisa gawat. Secara tak sadar, kita sedang menumpuk utang.

Utang ini akan terus berlipat jika kita terus-terusan lupa bahwa punya kartu kredit yang masih aktif dan dibebani iuran tahunan. Kalau hanya satu kartu kredit yang dilupakan mungkin masih kecil besaran utangnya. Tapi kalau dua atau tiga atau lima kartu otomatis akan menjadi lebih besar karena kita terbelit utang plus bunganya.

3. Susah Peroleh Pinjaman

Ini juga efek domino dari poin di atas. Kalau kita lupa membayar iuran tahunan, artinya kita dianggap berutang kepada bank. Kalau utang menumpuk, kita dimasukkan ke blacklist BI.

Blacklist BI adalah daftar nasabah bank yang kreditnya bermasalah. Sekali masuk ke dalam daftar ini dengan skor rendah alias kreditnya bermasalah, jangan harap bisa memperoleh pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain.

Dalam kasus ini, kita harus keluar dulu dari daftar tersebut sebelum bisa mendapatkan kredit baru, misalnya, membeli rumah lewat KPR.

4. Rawan Kecurian

Umumnya kalau punya barang tapi tak pernah dipakai kita cenderung lupa bahwa memiliki barang itu. Terus jika barang itu hilang kita pun tak tahu. Ini juga bisa terjadi kalau kita punya kartu kredit tapi tak pernah menggunakannya.

Tapi kartu kredit lebih berbahaya kalau hilang. Sebab, kalau sampai hilang dicuri, bisa-bisa keuangan kita dibobol pencuri yang menggunakan kartu kredit itu untuk bertransaksi.

5. Dinonaktifkan Bank

Meski ada bank yang membebankan iuran ke kartu kredit meski tak digunakan, ada pula bank yang langsung menonaktifkan kartu itu jika tak dipakai selama beberapa bulan. Itu artinya kita bebas dari utang bertumpuk, tapi kehilangan peluang mendapatkan manfaat dari kartu kredit itu.

Tapi bank biasanya akan memberitahukan soal rencana penonaktifan ini kepada nasabah. Surat pemberitahuan itu bisa jadi pengingat bagi kita bahwa punya kartu kredit tapi tidak digunakan.

6. Kehilangan manfaat
Yang paling utama tentu saja kehilangan manfaat kartu kredit yang kita miliki. Misalnya ada promo cicilan 0% untuk gadget terbaru dengan kartu kredit tersebut, sehingga kita bisa rugi jika tidak memanfaatkannya.

Belum lagi kalau ada manfaat yang bisa didapat saat bepergian ke luar negeri.

7. Dibombardir Program

Kalau punya kartu kredit aktif tapi dibiarkan tak beraktivitas, marketing bank akan menganggap kita sebagai nasabah yang kurang menguntungkan. Walhasil, kita akan dibombardir program-program dari bank tersebut agar lebih aktif terlibat bisnis dengan bank itu.

Dalam sehari bisa-bisa kita dihubungi belasan kali oleh bank yang menawari pinjaman ini-itu.

Biasanya orang membiarkan kartu kreditnya tak digunakan karena dipakai untuk berjaga-jaga saja jika suatu saat membutuhkan. Tapi, daripada berisiko terkena 7 konsekuensi di atas lebih baik digunakan agar manfaat kartu kredit lebih dirasakan secara maksimal.

***

Baca Juga:


“ Kartu Kredit Merugikan Karena Bikin Kita Berutang! ” Loh Kok Masih Ngeyel?

Hak dan Cara Kita untuk Menghindari Gangguan Telemarketing, Dijamin Kuat Secara Hukum

5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Terhadap Bunga Kartu Kredit

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua