BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

TEKNIKAL HARI INI: Waspadai Koreksi Saham Astra dan Bank BCA

01 April 2015
Tags:
TEKNIKAL HARI INI: Waspadai Koreksi Saham Astra dan Bank BCA
Suasana lantai Bursa Efek Indonesia - (Bareksa.com/Adam Rizky Nugroho)

Harga saham cenderung turun apabila telah memasuki area overbought dan cenderung naik apabila memasuki area oversold

Bareksa.com - Saham ANTM, INCO, dan PGAS pada hari ini, Rabu 1 April 2015, secara teknikal berdasarkan indikator Relative Strenght Index (RSI) berada dalam area jenuh jual (oversold) sehingga berpotensi mengalami kenaikan. Sementara itu, saham ASII, BBCA, BBTN, dan LPKR patut diwaspadai karena mendekati area jenuh beli (overbought) dan harga sahamnya memiliki kecenderungan untuk terkoreksi.

RSI adalah indikator momentum yang membandingkan besaran kenaikan dan penurunan harga saham dalam rentang nilai 0 sampai 100. Harga saham cenderung turun apabila telah memasuki area overbought dan cenderung naik apabila telah memasuki area oversold. Suatu saham bisa dikatakan overbought bila mempunyai nilai RSI di atas 70 dan oversold jika berada di bawah 30.

RSI merupakan tolak ukur sederhana dalam melihat kurva teknikal yang dapat digunakan sebagai penyaring (screening) awal dalam memilih saham-saham yang bisa dicermati untuk melakukan pembelian dan juga yang perlu diwaspadai untuk melakukan penjualan. Namun RSI hanya menunjukan kecenderungan, bukan kepastian arah gerakan harga saham kedepan. Pasalnya masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi dari pergerakan harga saham.

Promo Terbaru di Bareksa

Aneka Tambang, Vale Indonesia, dan Perusahaan Gas Negara

Nilai indikator RSI PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) saat ini masih berada di area oversold yakni 25,81 dan berpotensi mengalami kenaikan harga. Beberapa hari yang lalu sahamnya mengalami teknikal rebound setelah mencapai harga terendahnya sejak bulan November tahun lalu.

Pergerakan saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) belum menyentuh area oversold RSI. Namun dengan nilai 36,82 saham INCO mempunyai potensi untuk berbalik arah dalam jangka waktu dekat.

Saham PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) masih berada di area oversold RSI dengan nilai 34.66. Minggu lalu PGAS mengalami teknikal rebound dan berpotensi melanjutkan kenaikan harga dalam waktu dekat meskipun pada perdagangan kemarin saham PGAS mengalami koreksi tipis.

Illustration

Illustration

Illustration
Sumber: Bareksa.com

Astra International, Bank BCA, Bank BTN, dan Lippo Karawaci

Saham PT Astra International Tbk (ASII) hari ini telah menembus batas atas RSI dengan nilai 72,61. Meskipun saat ini saham ASII sedang dalam bullish mode, namun perlu diwaspadai adanya koreksi harga saham dalam jangka waktu dekat.

Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) telah menyentuh area overbought dari RSI dengan nilai 70,38. Saham ini telah mengalami bullish mode sejak akhir Januari lalu, dan kemungkinan akan berbalik arah karena telah menyentuh batas atas dari RSI.

Seperti ASII, saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) kini telah menembus batas atas RSI dengan nilai 75,03. Harga saham BBTN terus mengalami kenaikan sejak pertengahan bulan Maret lalu. Perlu diwaspadai adanya kemungkinan untuk reversal dalam jangka waktu dekat.

Sejak pertengahan Maret lalu, pergerakan saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga terus berada dalam area overbought dari RSI. Meskipun dalam kondisi bullish mode, namun perlu diperhatikan adanya kemungkinan saham ini untuk berbalik arah.(al) (Bingung Dengan Istilah Teknikal? Ini Penjelasannya)

Illustration

Illustration

Illustration

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Disclaimer: Publikasi ini hanya berasal dari satu metode analisa teknikal dan tidak dimaksudkan untuk menjadi dasar keputusan investasi apapun. Investor harus menetapkan sendiri keputusan investasi sesuai dengan strategi dan tujuan investasi.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua