BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Reksa Dana CIMB Yang Hasilkan Return 17% ini Sudah Bisa Dibeli Online di Bareksa

01 April 2015
Tags:
Reksa Dana CIMB Yang Hasilkan Return 17% ini Sudah Bisa Dibeli Online di Bareksa
Daftar Reksa Dana di Bareksa.com (Bareksa/Alfin Tofler)

Produk CIMB yang dijual di Bareksa.com terdiri dari reksa dana saham, campuran, indeks, dan pasar uang

Bareksa.com - Hari ini bertambah lagi produk reksa dana yang dijual Buana Capital melalui platform Bareksa.com. Kini enam produk reksa dana yang dikelola oleh PT CIMB Principal Asset Management dapat dibeli secara online melalui Bareksa.com.

Produk tersebut terdiri dari dua reksa dana saham yakni CIMB-Principal Equity Aggresive dan CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah, dua reksa dana campuran yakni CIMB-Principal Balance Strategic Plus dan CIMB-Principal Balance Growth Syariah, satu reksa dana indeks yaitu CIMB-Principal Index IDX 30, dan satu reksa dana pasar uang yaitu CIMB-Principal Cash Fund.

Lalu bagaimana kinerja keenam reksa dana milik CIMB Principal ini?

Promo Terbaru di Bareksa

Dalam satu tahun terakhir, produk reksa dana saham CIMB-Principal Equity Aggresive memiliki return yang cukup tinggi yakni 16,69 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan return IHSG selama setahun yaitu 15,74 persen dan return indeks reksa dana saham 12,18 persen.

Sementara itu, reksa dana CIMB Principal yang berbasis indeks yakni CIMB Principal Index IDX 30 menghasilkan return 21,69 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan return IHSG dan indeks reksa dana saham dalam satu tahun. Berdasarkan prospektus, portofolio reksa dana ini sekitar 80-100 persen dialokasikan pada saham yang terdaftar pada indeks IDX 30 yang berisi 30 saham terlikuid di BEI.

Sektor industri lain-lain, perbankan, konstruksi, dan telekomunikasi masih menjadi fokus pemilihan saham untuk menjadi isi portofolio reksa dana saham dan indeks CIMB. Saham sektor perbankan yang menjadi pilihan CIMB dalam portofolionya adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Reksa dana saham syariah milik CIMB yaitu CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah memiliki return 13,79 persen selama satu tahun. Meskipun return reksa dana tersebut lebih rendah dibandingkan IHSG, namun return tersebut masih lebih diatas return indeks reksa dana saham.

Pada reksa dana saham syariah, CIMB memfokuskan pada sektor konstruksi seperti PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRCA), sektor industri lain-lain seperti PT Astra International Tbk (ASII), dan sektor telekomunikasi seperti PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

Grafik: Perbandingan Kinerja Reksa Dana dengan IHSG dan Indeks Reksa Dana Selama 1 Tahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa dana campuran CIMB-Principal Balanced Strategic Plus memimpin kinerja reksa dana campuran milik CIMB dengan return 15,66 persen, lebih tinggi dibandingkan return indeks reksa dana campuran sebesar 9,31 persen.

Sedangkan return reksa dana campuran syariah CIMB-Principal Balanced Growth Syariah masih dibawah indeks reksa dana syariah selama setahun, yakni hanya 8,83 persen. Hal tersebut karena reksa dana ini baru ditawarkan pada Juni 2014.

Komposisi terbesar dalam portofolio reksa dana campuran CIMB pun juga terdapat saham sektor perbankan. Selain itu, juga terdapat surat utang negara (SUN) dalam komposisi efek terbesar dalam portofolio, yakni SUN seri FR0063, FR0064, dan FR0068.

Sama seperti komposisi pada reksa dana saham syariah, komposisi efek terbesar pada reksa dana campuran syariah terdapat saham sektor industri lain-lain, konstruksi, dan telekomunikasi. Namun pada reksa dana ini saham sektor konstruksi yang dipilih adalah PT Acset Indonusa Tbk (ACST).

Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) dan sukuk ritel SR006 juga terdapat dalam komposisi terbesar dalam porofolio reksa dana CIMB-Principal Balanced Growth Syariah.

Grafik: Perbandingan Kinerja Reksa Dana dengan Indeks Reksa Dana Selama 1 Tahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa dana pasar uang milik CIMB yang dapat dibeli melalui Bareksa.com adalah CIMB-Principal Cash Fund. Reksa dana yang telah diluncurkan sejak akhir tahun 2011 tersebut menghasilkan return 7,77 persen dalam satu tahun. Berdasarkan fund fact sheet bulan Februari, reksa dana ini mengalokasikan sekitar 88,86 persen pada instrumen pasar uang, 10,69 persen pada obligasi dan sisanya pada instrumen lainnya. (np)

***

Jika anda tertarik akan reksa dana dari CIMB, silakan daftar menjadi nasabah marketplace reksa dana online terintegrasi Bareksa - Buana Capital dengan mengklik tautan ini.

Atau Anda ingin belajar dan mendalami investasi reksa dana, termasuk bagaimana menggunakan berbagai perangkat online untuk mengukur, membandingkan, dan memonitor reksa dana dengan return terbaik, silakan mengikuti workshop Bareksa Fund Academy online maupun offline. Untuk mendaftar silakan klik tautan ini. GRATIS.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua