BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Masyarakat Kembali Ditipu Investasi Bodong; Bagaimana Cara Dapat Investasi Aman?

03 Maret 2015
Tags:
Masyarakat Kembali Ditipu Investasi Bodong; Bagaimana Cara Dapat Investasi Aman?
Warga yang menjadi anggota investasi Jasa Keuangan PT. Cahaya Bintang Sentosa (CBS) melihat pengumuman penyegelan kantor tersebut oleh Satpol PP Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (4/2/2015) (Antara foto/Rudi Mulya).

Penipuan berkedok investasi biasanya menjanjikan return yang sangat tinggi dan juga resiko yang minim

Bareksa.com - Masih maraknya penipuan berkedok investasi membuat masyarakat masih ragu untuk berinvestasi. Ketidakpahaman masyarakat mengenai investasi justru kadang membuat mereka terjebak dalam investasi fiktif.

Seperti pada kasus penipuan investasi yang terjadi di Kota Kediri, Jawa Timur oleh PT Cahaya Bintang Sentosa (CBS) yang mengaku sebagai perusahaan jasa investasi dan berhasil menipu ribuan masyarakat sekitar hingga miliaran rupiah. Akhirnya PT CBS ditutup oleh pihak berwenang.

Penipuan berkedok investasi ini biasanya menjanjikan keuntungan (return) yang sangat tinggi dan nilainya tetap setiap tahunnya. Selain itu pelaku juga menyampaikan bahwa resiko investasi minim. Info mengenai investasi ini juga tersebar melalui mulut ke mulut tanpa adanya sumber informasi yang pasti.

Promo Terbaru di Bareksa

Tejasari Asad, seorang financial planner yang juga merupakan direktur sekaligus founder Tatadana Consulting, berpendapat bahwa masyarakat sering terjebak dalam penipuan investasi karena adanya keinginan untuk berinvestasi tetapi pemahaman mengenai investasinya minim.

"Biasanya investor tergiur dengan tingginya return yang didapatkan dan diiming-imingi dengan berbagai keuntungan lainnya. Ditambah investor tidak memiliki pengetahuan mengenai investasi yang cukup," jelasnya.

Ciri-ciri penipuan investasi adalah agen penjual menjanjikan return yang sangat tinggi -- diluar normal -- dan pasti tanpa memberitahu resiko yang kemungkinan dialami calon investor. Selain itu, penipuan investasi biasanya menawarkan strategi seperti multi level marketing (MLM) yakni akan mendapatkan tambahan komisi apabila berhasil mengajak teman atau kerabat untuk memulai investasi yang sama.

Investasi yang ditawarkan tidak memberikan kejelasan mengenai kegiatan bisnisnya, bagaimana mengelola uang yang diinvestasikan investor maupun dimana lokasi perusahaan tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar tidak terjebak dalam investasi fiktif ini?

Pertama adalah investor harus mengetahui mana investasi yang benar dan legal, dengan mencari informasi terkait pada website resmi lembaga pemerintahan terkait seperti website Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bahkan jika memang menemukan tindak investasi fiktif dapat dilaporkan ke unit OJK yang disebut sebagai Satgas Waspada Investasi melalui telepon (021) 385 7821.

Selain itu, investor bisa mengikuti forum ataupun komunitas investasi untuk menambah pengetahuan mengenai investasi.

"Untuk memulai investasi jangan setengah-setengah. Apalagi kalau belum paham tentang investasi. Harus ada usaha lebih untuk mengetahui dengan jelas mengenai macam-macam investasi, bagaimana cara berinvestasi, perusahaan investasi, dan sebagainya," kata Teja.

Kedua, mulailah investasi dengan nominal yang sedikit terlebih dahulu. Karena investasi fiktif biasanya akan menyuruh investor untuk berinvestasi dalam nominal yang besar.

"Mulai investasi dikit-dikit aja dulu, kalau sudah mulai yakin akan investasi tersebut baru ditambahkan pelan-pelan. Dan kalau misalnya ternyata kita terjebak investasi fiktif kan nilai yang diinvestasikan tidak terlalu besar, jadi tidak terlalu menyesal," tutur Teja.

Salah satu jenis investasi yang diperuntukan bagi masyarakat awam adalah reksa dana yang memiliki risiko yang lebih kecil ketimbang investasi langsung di pasar saham maupun produk derivatif seperti perdagangan indeks, mata uang dan komoditas. (baca juga: Tidak Harus Tunggu Dana Jutaan Rupiah Untuk Bisa Berinvestasi Reksa Dana)

Jika Anda ingin belajar dan mendalami investasi reksa dana, termasuk bagaimana menggunakan berbagai perangkat online untuk mengukur, membandingkan, dan memonitor reksa dana dengan return terbaik, silakan mengikuti workshop Bareksa Fund Academy online maupun offline. Untuk mendaftar silakan klik tautan ini. GRATIS. —> Bareksa Fund Academy (np)

* Tejasari CFP® merupakan financial planner dari lembaga perencana keuangan independen Tatadana (email: [email protected])

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua